Jajaran Prosesor Intel Core™ Generasi ke-12 Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan Jajaran Prosesor Intel Core™ Generasi ke-12 Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan ~ Teknogav.com

Jajaran Prosesor Intel Core™ Generasi ke-12 Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan


Teknogav.com – Intel resmi meluncurkan jajaran prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 di Indonesia. Selain menghadirkan inovasi baru dengan teknologi yang makin canggih, Intel juga menambah lini baru prosesor tersebut, yaitu P-series. Prosesor P-series ini ditujukan untuk laptop berkinerja tinggi dengan desain yang tipis dan ringan. Jajaran prosesor terkini Intel Core generasi ke-12 ini akan hadir di lebih dari 30 laptop terkini pada kuartal ini. Dari jumlah tersebut, 13 laptop sudah menyandang sertifikasi Intel® Evo™ generasi ke-3.

Acara peluncuran Intel Core Generasi ke-12 di Indonesia dibuka Cekiel Danielson, Director of Consumer Sales, Asia, Intel Corporation dengan memaparkan perjalanan Intel. Berbagai terobosan telah dihasilkan sejak Intel didirikan pada tahun 1968. Prosesor 4004 pun diluncurkan pada tahun 1971, kemudian disusul prosesor 8080 pada tahun 1974, arsitektur X86 pada tahun 1978, kolaborasi ethernet pada tahun 1980 dan PC pada tahun 1981. Perjalanan pembuatan prosesor pun berlanjut dengan 486 pada tahun 1986, Pentium di tahun 1993, Xeon pada tahun 1998, Centrino tahun 2005 dan Intel Core pada tahun 2006.

Baca juga: Prosesor Desktop Intel® Core Generasi ke-11 Sajikan Kinerja Overclocking Terbaik

“Kami sangat antusias dengan peluncuran prosesor Intel Core generasi ke-12 di Indonesia dan bergabungnya para mitra OEM kami. Mitra-mitra tersebut akan menampilkan jajaran laptop yang ditenagai prosesor Intel terkini. Jajaran laptop ini mulai dari laptop ultra-tipis sampai laptop berkinerja tinggi untuk para enthusiast, dalam desain yang ramping," ucap Cekiel Danielson.

Cekiel Danielson, Director of Consumer Sales, Asia, Intel Corporation menjelaskan perilaku konsumen di Indonesia dalam menggunakan PC

Fitur-fitur Andalan Prosesor Intel Core Mobile Generasi ke-12

Pada peluncuran prosesor Intel Core generasi ke-12 ini, Moushumi Mazumdar, Head of Consumer Sales Strategy & Operation APJ Intel menjelaskan teknologi yang dimiliki Intel Core generasi ke-12. Intel Core Mobile generasi ke-12 merupakan prosesor pertama yang menggunakan teknologi proses Intel 7. Peningkatan kinerja untuk menangani berbagai beban kerja PC pada prosesor ini dihasilkan arsitektur performance hybrid terkini. Berikut ini adalah fitur-fitur andalan dalam keluarga prosesor generasi ke-12:

  • Dukungan memori sampai 4800 MT/s untuk modul DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4
  • Kecepatan koneksi hampir 3x pada channel eksklusif berkecepatan tinggi tanpa interferensi seperti yang sering terjadi pada koneksi Wi-Fi berteknologi lama
  • Menggunakan Intel® Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi sehingga leluasa bekerja dan belajar dari rumah dengan streaming yang mulus dan berkualitas tinggi
  • Dukungan teknologi Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data sampai 40 Gbps. Teknologi tersebut juga memungkinkan konektivitas PC ke beberapa monitor beresolusi 4K dan berbagai aksesori lain

Jajaran Lini Prosesor Intel Core generasi ke-12

Prosesor Intel Core generasi ke-12 hadir dalam beberapa lini, sesuai dengan kebutuhan laptop yang beragam dari konsumer. Moushui Mazumdar pun menjelaskan keandalan prosesor Intel Core HX generasi ke-12. Kemudian dilanjutkan penjelasan lini H-Series, U-Series dan P-Series oleh Silvester Widyo Winarcahyo, Indonesia Marketing Manager Intel.

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel® Core™ H-Series Gen ke-12 Hadir di Indonesia

Berikut ini adalah lini prosesor Intel Core generasi ke-12 sesuai dengan peruntukannya

  • P-series untuk laptop berkinerja tinggi dengan desain yang tipis dan ringan. Varian tertinggi seri ini memiliki 14 inti dan 20 thread dengan prosesor grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe. Prosesor P-series ini bekerja dengan base power 28 W.
  • U-series untuk laptop modern dengn desain yang tipis dan ringan. Prosesor ini bekerja dengan base power 9 W sampai 15 W.
  • H-series untuk laptop yang ditujukan bagi para enthusiast. Salah satu varian prosesor ini adalah Intel Core i9-12900HK yang merupakan platform mobile gaming terbaik dan prosesor mobile tercepat. Prosesor ini terdiri dari P-cores (Performance-cores) dan E-cores (Efficient-cores). Intel® Thread Director akan memprioritaskan beban kerja secara cerdas dan distribusi manajemen para prosesor ini. Prosesor Intel Core i9-12900HK juga meningkatkan kinerja sistem dalam aplikasi single dan multi-threaded.
  • Prosesor HX untuk laptop gaming dan mobile workstation. Varian tertinggi prosesor ini memiliki 16 inti (terdiri dari 8 P-cores dan 8 E-cores) dan 24 thread. Prosesor tersebut bekerja dengan base power prosesor 55 W. Kinerja tingkat tinggi prosesor ini dapat melakukan alur kerja profesional seperti CAD, animasi dan efek visual. Kemampuan tersebut berkat silikon berkaliber desktop dalam paket mobile. Sistem yang menggunakan HX-series ini akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat.

Intel Evo Generasi Ketiga

Moushumi Mazumdar, Head of Consumer Sales Strategy & Operation APJ Intel menjelaskan teknologi-teknologi utama pada Intel Evo generasi ke-3

Moushumi Mazumdar juga memaparkan mengenai sertifikasi Intel Evo generasi ketiga dan persyaratan spesifikasinya. Sertifikasi tersebut menjamin laptop dapat menjalankan beban kerja paling intensif sehingga menyajikan pengalaman konferensi video yang andal. Keandalan perangkat yang sudah disertifikasi Intel Evo mencakup tingkat respons tinggi, instant wake, daya baterai tahan lama dan fast charging. Laptop yang menyandang sertifikasi Intel Evo generasi ke-12 dioptimalkan untuk multitasking. Kemampuan tersebut tetap diiringi dengan konektivitas, gambar dan audio yang berkualitas saat melakukan video call dengan banyak orang.

Keandalan-keandalan tersebut tentunya menjadikan laptop-laptop yang menyandang sertifikasi Intel Evo mampu menjalankan beban kerja paling intensif yang pernah ada. Intel bersama dengan 150 mitra ekosistem melakukan upaya co-engineering untuk menghadirkan perangkat yang disertifikasi Intel Evo. Harapannya di tahun 2022 ini akan hadir lebih dari 100 sistem yang menyandang sertifikasi Intel Evo di seluruh dunia. Di tahun ini juga pertama kalinya desain layar lipat dan Intel Core H-series generasi ke-12 tercakup dalam sistem Intel Evo. Upaya co-engineering dan real-world testing juga akan diperluas Intel ke mitra produksi aksesori melalui program Engineered for Intel Evo.

Jajaran Laptop dengan Intel Core Generasi ke-12

Enam brand yang menghadirkan laptop-laptop bertenaga Intel Core Generasi ke-12 bulan ini mencakup Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo dan MSI. Desain yang lebih banyak akan hadir dalam beberapa bulan mendatang. 

Baca juga: Lenovo Legion 5i dan Legion 5i Pro Kini Ditenagai Intel Core Generasi ke-12

jajaran laptop yang menggunakan teknologi Intel Core generasi ke-12 terkini

Berikut ini adalah jajaran laptop bertenaga Intel Core Generasi ke-12 yang tersedia di Indonesia.

Jenama

Laptop bertenaga Intel Core Mobile
Generasi ke-12

Acer

ACER New Swift 5 (Intel Evo)

ACER New Spin 5 (Intel Evo)

ACER Predator Helios 300

ASUS

ASUS Zenbook 14 OLED (Intel Evo)

ASUS Zenbook Pro 14 Duo (Intel Evo)

ASUS TUF Gaming-F15

ASUS ROG Scar 15/17

ASUS ROG Zephyrus M16

ASUS ROG Flow Z13

Dell

Dell XPS13 (Intel Evo)

HP

HP Gaming Omen

HP Spectre X360 (Intel Evo)

Lenovo

Lenovo Yoga 9i (Intel Evo)

Lenovo Yoga Slim 9i (Intel Evo)

Lenovo Yoga Slim 7i Pro (Intel Evo)

Lenovo Legion 5i Pro

Lenovo Legion 5i

Lenovo Ideapad Gaming 3i

Lenovo Legion Tower 7i

MSI

MSI Summit E13Flip (Intel Evo)

MSI Prestige 14 (Intel Evo)

MSI Summit E14 Flip (Intel Evo)

MSI Summit E14 (Intel Evo)

MSI Stealth GS66

MSI Raider GE76

MSI Raider GE66

MSI Vector GP66

MSI Crosshair 15

MSI Katana GF66

MSI Katana GF76

MSI Modern 14

Dari tabel tersebut dapat terlihat 13 laptop yang merupakan perangkat Intel Evo pada jajaran laptop bertenaga Intel Core Generasi ke-12. Perangkat yang sudah ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-12 dengan sertifikasi Intel Evo telah tersedia di Indonesia bulan Mei ini. Penjualan dilakukan melalui retail, reseller, dan e-commerce dari setiap brand.

Share:

Artikel Terkini