Proses Produksi dan SDM OPPO Manufacturing Indonesia Pastikan Kualitas A77s Proses Produksi dan SDM OPPO Manufacturing Indonesia Pastikan Kualitas A77s ~ Teknogav.com

Proses Produksi dan SDM OPPO Manufacturing Indonesia Pastikan Kualitas A77s

Teknogav.com – OPPO telah resmi memperkenalkan smartphone seri A77s ke konsumen melalui akun resmi OPPO Indonesia di TikTok pada 17 Oktober 2022. Smartphone kelas menengah ini mengusung berbagai fitur dan desain yang telah hadir di lini Reno. OPPO tetap menerapkan standar OPPO Enduring Quality pada smartphone kelas menengahnya, hal ini demi menjamin kenyamanan konsumen. Berbagai uji perangkat dilakukan OPPO di Manufacturing Indonesia sesuai standar yang diterapkan tersebut.

“Lini seri A dibuat menggunakan standar tertinggi OPPO yang kami sebut sebagai OPPO Enduring Quality. Standar ini terdiri dari berbagai macam uji baik uji komprehensif maupun uji keandalan. Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, produksi perangkat OPPO A77s selalu diutamakan kualitasnya. Hari ini (18/10) kami mengundang media untuk bersama meninjau lini produksi OPPO A77s di pabrik baru OPPO. Lokasi pabrik baru ini terletak di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

A77s diyakini OPPO akan laris di kuartal terakhir tahun 2022 karena memiiki daya tarik besar, terutama fitur dan kualitas. OPPO Enduring Quality merupakan bentuk komitmen OPPO untuk menyediakan produk OPPO A77s berkualitas tinggi bagi konsumen.

Baca juga: OPPO A77s Tawarkan Kinerja Tinggi dengan Chipset Snapdragon 680 4G

Produksi OPPO A77s

Sebelum masuk ke proses produksi smartphone A77s, komponen-komponen yang digunakan sudah lolos uji pemeriksaan. Kemudian produksinya pun diawasi ketat di pabrik OPPO Indonesia. Produksi OPPO A77s dilakukan dengan OPPO Production System (OPS) yang mengadopsi Lean Manufacturing System yang sudah diterapkan berbagai pabrik. Sistem ini menggunakan conveyor belt mulai dari perakitan sampai pengemasan secara berkelanjutan sehingga lebih efisien dalam hal waktu dan mutu. Proses tersebut pun dimodernisasi dengan digitalisasi big data pada pemantauan hasil secara real-time, baik pada mesin produksi maupun mutu produk.

proses perakitan OPPO A77x

Pengujian OPPO A77s

Hasil produksi OPPO A77s akan diambil secara acak untuk dilakukan uji pengendalian mutu. Pengujian tersebut termasuk untuk memenuhi standar OPPO Enduring Quality. Enam pengujian utama standar ini mencakup uji jatuh dari ketinggian, air, radiasi, perubahan iklim dan uji kualitas sinyal. Selain itu, dilakukan juga beberapa pengujian berikut ini:

  • Uji tekan tombol daya 500 ribu kali
  • Uji tekan tombol suara sebanyak 150 ribu kali
  • Uji cabut pasang pada jack audio 3,5 mm sebanyak 100 ribu kali
  • Uji cabut pasang pada port USB sebanyak 20 ribu kali

Seluruh pengujian tersebut dilakukan untuk memastikan keandalan smartphone OPPO A77s. Sertifikasi IPX5 dan IPX4 pun sudah disandang perangkat ini yang menjamin ketahanannya terhadap debu dan cipratan air normal.

Berbagai macam pengujian sampai 30 jenis uji kendali kualitas yang berkaitan dengan berbagai kegiatan konsumen saat memakai smartphone. Beberapa pengujian tersebut mencakup uji hasil kamera dan uji speaker. Pengujian kekuatan juga dilakukan pada kabel USB dengan memberikan beban untuk memastikan tak mudah putus.

Jika saat pengujian terjadi masalah, maka secara otomatis proses produksi dihentikan dan dilakukan investigasi terhadap masalah tersebut. Seluruh hasil produksi pun tidak dijual terlebih dahulu sampai masalah tersebut terselesaikan. Hal ini dilakukan agar tak ada produk cacat yang dipasarkan, sehingga menjamin pelanggan mendapat produk tidak bermasalah.

Baca juga: OPPO A76, Smartphone Seri A Pertama dengan Teknologi SuperVOOC 

OPPO Manufacturing Indonesia

OPPO Manufacturing Indonesia dibangun sejak tahun 2020 dan resmi beroperasi pada Agustus 2022 di lahan seluas 10 hektar. Lokasi pabrik baru tidak jauh dari pabrik lama yang digantikan, yaitu di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sementara itu pabrik sebelumnya berada di Keluarahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci dan luasnya 2,7 hektar. Pabrik pertama tersebut mulai beroperasi penuh pada Mei 2015.

OPPO Manufacturing Indonesia

Alasan OPPO memilih lokasi tersebut sebagai lokasi produksi terkait dengan SDM dan lokasi. OPPO banyak memanfaatkan SDM dari penduduk sekitar yang berkualitas. Lokasi tersebut pun cukup strategis karena dengan dengan bandara dan pelabuhan. Hal ini memudahkan lalu lintas komponen yang didatangkan maupun untuk distribusi hasil produksi.

Saat ini tiga lini aktif disiapkan untuk produksi OPPO A77s, satu lini lain akan diaktifkan jika permintaan smartphone makin tinggi. Biasanya permintaan tinggi terjadi di akhir tahun. Jumlah pekerja di pabrik baru saat ini sekitar seribuan, jumlah tersebut kualitatif tergantung kebutuhan jumlah produksi smartphone. Jika permintaan produk tinggi, maka akan dilakukan perekrutan pekerja. 

Baca juga: Jelang Lebaran, Produksi Xiaomi Tetap Lancar

Perekrutan karyawan dilakukan bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah. Berbagai informasi mengenai perekrutan dapat dilihat pada akun Instagram resmi @bmt.tangerang.

Komposisi pekerja di OPPO Manufacturing Indonesia adalah 97% orang Indonesia dan 3% merupakan tenaga kerja asing. Jumlah 3% ini hanya untuk transfer pengetahuan. Sementara itu untuk proses produksi, 100% dilakukan oleh karyawan lokal. Tenaga kerja Indonesia dapat menempati berbagai posisi penting mulai dari engineering sampai tingkat manajerial.

Karyawan dapat menikmati fasilitas ibadah dan kantin (2 lantai)  yang masing-masing berkapasitas 1000 orang. Selain itu tersedia juga sarana olahraga berupa lapangan bola, mini soccer, voli, trek lari, basket, tenis meja, bilyar dan gym serta klinik. Setiap tahun, klinik tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun.

Share:

Artikel Terkini