MediaTek dan NVIDIA Berkolaborasi Hadirkan Chipset untuk Industri Otomotif MediaTek dan NVIDIA Berkolaborasi Hadirkan Chipset untuk Industri Otomotif ~ Teknogav.com

MediaTek dan NVIDIA Berkolaborasi Hadirkan Chipset untuk Industri Otomotif

Teknogav.com – MediaTek dan NVDIA menjalin kemitraan strategis untuk menghadirkan teknologi paling menarik bagi kendaraan yang terhubung. Pada kolaborasi ini, MediaTek mengintegrasikan GPU NVIDIA terkini pada MediaTek Dimensity Auto sehingga menyediakan kemampuan AI, konektivitas dan komputasi canggih. Chipset ini menghadirkan solusi kabin yang didukung kecerdasan buatan (AI) pada kendaraan berbasis perangkat lunak generasi berikutnya.

“NVIDIA adalah pionir dan pemimpin industri terkenal di dunia, terutama di dunia komputasi dan AI. Dengan kerja sama ini, visi kami adalah menyediakan layaknya toko serba ada secara global untuk industri otomotif, mendesain generasi berikutnya dari mobil cerdas yang selalu terkoneksi. Melalui kerja sama khusus dengan NVIDIA ini, kami akan bersama-sama menyediakan platform unik untuk kendaraan masa depan yang intensif komputasi dan ditentukan oleh perangkat lunak,” ucap Rick Tsai, Vice Chairman and CEO of MediaTek. “

Baca juga: MediaTek Dimensity Auto Dukung Solusi Kendaraan Pintar yang Terhubung

Kolaborasi antara MediaTek dan NVIDIA menggabungkan kekuatan portofolio otomotif masing-masing perusahaan. MediaTek akan mengembangkan SoC otomotif yang mengintegrasikan chiplet GPU NVIDIA baru yang didukung NVIDIA AI dan IP grafis. Chiplet tersebut terhubung dengan teknologi interkoneksi yang begitu cepat dan koheren.

“AI dan komputasi yang terakselerasi mendorong transformasi di seluruh industri otomotif. Gabungan SoC terdepan di industri MediaTek dan teknologi perangkat lunak GPU dan AI NVIDIA akan memungkinkan pengguna merasakan pengalaman baru, keamanan yang lebih baik, dan layanan terkoneksi internet terbaru untuk semua segmen kendaraan, dari yang mewah hingga mainstream,” ucap Jensen Huang, founder and CEO of NVIDIA. 

Baca juga: VMware Gandeng NVIDIA Kembangkan Next-Gen Hybrid Cloud dan AI

solusi kabin pintar

Solusi kabin pintar MediaTek juga akan menjalankan teknologi perangkat lunak NVIDIA DRIVE OS, DRIVE IX, CUDA, dan TensorRT. Hal ini akan menghadirkan serangkaian fungsi kabin dan kokpit AI dengan grafis canggih, IA, serta fitur keselamatan dan keamanan. Tentunya berbagai kecanggihan tersebut akan siap untuk memanjakan pengguna.

Baca juga:  Telkom Kembangkan Computer Vision Berbasis AI dengan NVIDIA DGX A100

Kolaborasi antara MediaTek dan NVIDIA dilakukan untuk menyediakan solusi otomotif yang melampaui kebutuhan dan perkembangan permintaan industri. Selain itu juga akan membuka peluang pasar yang signifikan bagi perusahaan. Berdasrkan penelitian Gartner, total pasar yang dapat ditujukan pada SoC klaster instrumen dan hiburan yang dipakai dalam kendaraan akan mencapai USD12 miliar pada tahun 2023.

MediaTek dapat meningkatkan kemampuan platform Dimensity Auto secara menyeluruh dengan memanfaatkan keahlian inti NVIDIA untuk menghadirkan pengalaman di seluruh mobil cerdas. Keahlian tersebut mencakup AI, cloud, teknologi grafis, perangkat lunak dan perpaduan dengan solusi NVIDIA ADAS. Hal ini dipadukan dengan kemampuan MediaTek dalam hal komputasi seluler, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan dan ekosistem Android.

Share:

Artikel Terkini