Epson Terus Berkontribusi demi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia Epson Terus Berkontribusi demi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia ~ Teknogav.com

Epson Terus Berkontribusi demi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Teknogav.com -  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan serangkaian tujuan yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Epson sebagai perusahaan teknologi percetakan dan visual menegaskan komitmen untuk berkontribusi sesuai SDGs yang diprakarsai tahun 2015. Dukungan khusus untuk beberapa pilar SDGs dilakukan Epson melalui bisnisnya. Pilar-pilar ini termasuk pertumbuhan ekonomi, inovasi, produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, dan kemitraan.

Produk-produk inovatif yang dihadirkan Epson mencakup printer, proyektor, pemindai, dan solusi robot. Epson menghadirkan produk-produk tersebut selama beroperasi di Indonesia selama hampir tiga dekade. Tiga perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • PT Epson Batam
  • PT Indonesia Epson Industry
  • PT Epson Indonesia

Kontribusi Epson terhadap ekspor elektronika mencapai 15% dari total nilai ekspor elektronika Indonesia sehingga berkontribusi penting pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, Epson juga aktif dalam mendukung pengembangan komponen dalam negeri (TKDN). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produksi teknologi dan dapat berkembang di dalam negeri. Epson juga fokus pada penguatan struktur ekonomi dan sosial di komunitas setempat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan lapangan kerja yang layak untuk ribuan tenaga kerja lokal. 

Baca juga: Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN

Berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) juga telah diinisiasi Epson. Salah satu kegiatan CSR yang baru-baru ini dilakukan adalah penanaman 6,000 pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan yang akan dilakukan Epson sampai tahun 2027 ditujukan untuk mendukung pilar perubahan iklim. Program penanaman pohon tersebut dapat membantu penyerapan emisi karbon, yang merupakan penyebab terbesar perubahan iklim.

Hutan Kalimantan, PT Indonesia Epson Industry

Program penanaman pohon untuk mendukung keberlajutan lingkungan telah berhasil diselesaikan Epson Indonesia di tiga kota berbeda pada tahun 2023. Jumlah pohon yang berhasil ditanam di masing-masing kota tersebut adalah sebagai berikut:

  • 1.000 pohon di Kota Karawang
  • 25 pohon di Cibis Nine, Jakarta Selatan
  • 1.000 pohon di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Penanaman pohon juga berhasil dilakukan PT Indonesia Epson Industry di hutan Kalimantan Selatan di tanah seluas 300 hektar. Upaya ini menunjukkan perhatian Epson terhadap lingkungan dan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas udara. Kepedulian ini menunjukkan Epson sebagai perusahaan yang peduli terhadap keberlanjutan dan masa depan yang hijau. Penanaman pohon tersebut merupakan rintisan program-program Epson Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim. Epson berharap dapat menggerakkan para penduduk sekitar untuk turut merawat dan meneruskan program pelestarian secara mandiri. Proses produksi senantiasi dievaluasi Epson Indonesia sesuai pilar SDGs terkait perubahan iklim demi mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Baca juga: Definisikan Tujuan Perusahaan, Epson Berupaya untuk Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan

Mutu sumber daya manusia yang menentukan kesejahteraan masyarakat dapat dibangun melalui pendidikan. Pilar pendidikan daru SDGs pun didukung Epson Indonesia melalui program Epson Goes to School (EGTS). Epson Indonesia menyumbangkan peralatan dan sarana teknologi melalui EGTS di tahun 2023. Sumbangan tersebut berupa 64 Printer L3216 dan 128 set tinta untuk 64 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut khususnya yang paling susah menjangkau sarana teknologi, baik akibat lokasi geografis maupun keterbatasan anggaran. Epson Indonesia berharap dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui perangkat teknologi yang disalurkan program ini. Harapannya, para siswa-siswi sekolah-sekolah tersebut juga bisa terbantu lebih melek teknologi. Kecakapan teknologi merupakan kemampuan yang dapat menunjang pendidikan dan karier di masa depan.

Kegiatan amal juga dijalankan Epson Indonesia untuk melengkapi program-program CSR. Salah satu program ini adalah Ramadan Bersama Epson yang menyalurkan santunan paket sembago bagi sekitar 15 panti asuhan di lima kota. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjang kegiatan sehari-hari anak-anak di panti asuhan agar mereka dapat terus mengoptimalkan potensi diri.

Baca juga: Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Epson Indonesia Kembali Gelar Kegiatan CSR

Epson Indonesia berusaha menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan SDGs di negara tempatnya beroperai, yakni Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan melengkapi kegiatan-kegiatan bisnisnya melalui kegiatan pelestarian lingkungan, pendidikan dan amal. Seluruh kegiatan tersebut membuktikan kontribusi Epson demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjugan di Indonesia. Hal tersebut juga membuktikan Epson Indonesia sebagai pelaku TKDN sesungguhnya.

Share:

Artikel Terkini