Gelar Tokopedia Fashion Market, Tokopedia Tawarkan Fitur ‘Ambil di Tempat’ Gelar Tokopedia Fashion Market, Tokopedia Tawarkan Fitur ‘Ambil di Tempat’ ~ Teknogav.com

Gelar Tokopedia Fashion Market, Tokopedia Tawarkan Fitur ‘Ambil di Tempat’

Teknogav.com – Tokopedia menyelenggarakan Tokopedia Fashion Market yang ditujukan untuk membantu pemerataan ekonomi melalui teknologi digital. Ajang ini digelar secara offline selama 7-11 Februari di Kota Kasablanka, dan secara online selama 19-29 Februari 2024. Pada ajang tersebut diluncurkan fitur terkini ‘Ambil di Tempat’ yang memudahkan untuk cek barang terlebih dahulu, lalu membeli di aplikasi. 

Potensi industri fesyen di Indonesia sangat besar yang menyumbang 7,8% porsi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Industri fesyen bahkan menempati peringkat kedua terbesar PDB ekonomi kreatif. Data Tokopedia menunjukkan peningkatan tertinggi jumlah penjual produk di sejumlah wilayah pada tahun 2023. Tiga wilayah dengan peningkatan tertinggi adalah Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten) dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau). Rata-rata peningkatan jumlah penjual tersebut hampir 1,5 kali lipat.

Sementara itu, sejumlah wilayah mengalami peningkatan transaksi produk fesyen tertinggi di Tokopedia. Tiga wilayah dengan peningkatan transaksi produk fesyen tertinggi adalah Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan) dan Puncak Jaya (Papua Tengah. Peningkatan rata-rata transaksi di wilayah tersebut hampir dua kali lipat.

Tren belanja online di Tokopedia mencatat bahwa fesyen merupakan kategori produk yang terlaris selama tahun 2023. Sejumlah produk yang mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori Fesyen Wanita adalah jam tangan, sandal dan tas. Sedangkan di kategori Fesyen Pria, mencakup t-shirtsneakers dan tas. Data ini menunjukkan bahwa permintaan masyaralat akan produk fesyen begitu tinggi. 

Aldhy Darmayo, Head of Fashion Category Development Tokopedia; Kanya Trihapsari, Co-Founder Benang Jarum; Satria Adiyasa Co-founder Prepp Studio; dan Zein Witriandani, Head of Marketing merché

“Tokopedia Fashion Market memberi panggung khusus bagi brand fesyen lokal untuk meningkatkan awareness hingga penjualan. Bersamaan dengan dibukanya Tokopedia Fashion Market secara offline, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’. Fitur ini memudahkan pengunjung untuk mengambil produk yang dibeli melalui toko online penjual, yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market, secara langsung,” ucap Aldhy Darmayo, Head of Fashion Category Development Tokopedia.

Fitur ‘Ambil di Tempat’

Tokopedia Fashion Market menawarkan berbagai produk fesyen dan promo, termasuk fesyen wanita, fesyen pria, fesyen muslim dan fesyen anak. Produk-produk tersebut dihadirkan brand fesyen lokal yang berpartisipasi. Selama Tokopedia Fashion Market dihadirkan juga produk eksklusif dari brand lokal yang hanya ada di Tokopedia. Promo yang ditawarkan mencakup diskon sampai 90%, flash sale, cashback sampai Rp1.000.000, promo jastip, dan lain-lain. Khusus pengguna kartu kredit Mandiri tersedia diskon sampai Rp750 ribu. 

Baca juga: Beli Online Langsung Ambil Barang Pakai Blibli Click & Collect

Fitur 'Ambil di Tempat' diluncurkan Tokopedia untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Berikut ini cara menggunakan fitur 'Ambil di Tempat' :

  1. Pilih produk yang ingin dibeli di offline booth
  2. Pindai kode QR yang tersedia di masing-masing offline booth
  3. Pilih pengiriman 'Ambil di Tempat’di halaman checkout
  4. Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran
  5. Setelah pembayaran berhasil, ambil pesanan langsung di booth.

Aldhy berharap fitur 'Ambil di Tempat' dapat mempermulus belanja online to offline dan sebaliknya. Fitur ini juga dapat digunakan untuk membeli produk-produk selain fesyen. Kehadiran fitur ini memudahkan masyarakat bertransaksi melalui ekosistem Tokopedia. 

Berbagai kegiatan turut memeriahkan bazar Tokopedia Fashion Market. Beberapa di antaranya adalah fashion show, photo booth dan lain-lain. Pembeli juga berkesempatan mendapat hadiah menarik setiap pembelian kelipatan Rp100.000 lewat program reward card, photo booth dan lain-lain. 

Puluhan brand fesyen lokal turut berpartisipasi pada Tokopedia Fashion Market ini, di antaranya adalah Benang Jarum, merché, dan Prepp Studio. Selain produk fesyen, hadir juga produk-produk kecantikan dan sport apparel dari penjual di Tokopedia. Berikut ini adalah sekilas mengenai brand fesyen yang ikut serta dalam bazar Tokopedia Fashion Market. 

Baca juga: Urban Republic Festival Pertama Tawarkan Banyak Promo Menarik

Benang Jarum

Linda Anggreaningsih dan Allyssa Hawadi mendirikan Benang Jarum pada tahun 2020 di saat pandemi. Sebelumnya, mereka telah berhasil mengembangkan Buttonscarves yang fokus menghadirkan produk fesyen muslim. 

Benang Jarum dihadirkan untuk memenuhi permintaan yang tak dapat dipenuhi Buttonscarves. Produk-produknya merupakan modest fashion yang praktis dan kasual, tetapi tetap elegan dan up-to-date. Sejak awal didirikan, Benang Jarum sudah membuka toko dan menggelar fashion show

Jumlah gerai Benang Jarum mencapai 24 toko yang tersebar di berbagai kota. Selama dua tahun pertama, Benang Jarum fokus pada pengembangan secara offline. Kemudian bergabung dengan Tokopedia baru di tahun 2023. Penjahit-penjahit lokal yang  diberdayakan Benang Jarum didominasi perempuan. Jumlah karyawan wanita di Benang Jarum ini mencapai ratusan. 

“Walau telah memiliki puluhan gerai offline, kami sadar peran platform teknologi seperti Tokopedia sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Kami bergabung dengan Tokopedia sejak awal tahun 2023 untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sejak bergabung dengan Tokopedia, penjualan Benang Jarum naik 60%," ucap Kanya Trihapsari, Co-Founder Benang Jarum. 

Pada Tokopedia Fashion Market, Benang Jarum membuka pop up store. Promo yang ditawarkan mencakup diskon sampai 70% dan harga mulai Rp150 ribu. Persiapan khusus yang dilakukan Benang Jarum dalam mengikuti Tokopedia Fashion Market adalah mempersiapkan stok yang banyak karena optimis akan laris. 

Kanya memberikan beberapa tips dalam membangun usaha, yaitu mendengarkan pelanggan, menemukan peluang dan potensi, serta tetap konsisten. 

merché

Asal kata merché adalah mercy yang artinya kindness atau kebaikan dan merci yang artinya thankful atau bersyukur. Makna tersebut diharapkan dapat menghadirkan rasa terima kasih dan diberkati pada setiap produk-produk yang dihadirkan. Spesialisai merché tas untuk penggunaan sehari-hari. Kini merché telah berkembang juga ke produk lain yang mencakup apparel  dan barang-barang lain seperti lanyard dan dompet. Sejumlah 80% produk merché berupa tas. 

Awal didirikan Tari Puji Lestari pada tahun 2017, merché kuat di penjualan offline. Sampai sebelum pandemi, merché telah memiliki 10 toko yang jumlahnya menyusut saat pandemi. Seiring penyusutan jumlah toko tersebut, merché beralih fokus dari offline ke online. Sebenarnya kerja sama dengan Tokopedia pun sudah dijalin sejak tahun 2017. Kini 75% penjualan berasal dari penjualan online di Tokopedia. 

"merché berhasil meningkatkan GMV sebesar lebih dari 300% dengan memaksimalkan fitur dan aktivasi bersama Tokopedia. Ke depannya merché akan terus menghadirkan berbagai koleksi yang cocok sebagai tas tempur para pekerja dengan koleksi yang dapat menunjang penampilan berbagai gaya fesyen para wanita karir melalui berbagai aktivasi dengan Tokopedia," ucap Zein Witriandani, Head of Marketing merché. 

Komitmen merché adalah menghadirkan produk berkualitas yang tahan lama dan bersaing dalam memberikan value price. Harga yang ditawarkan tidak sangat murah tetapi sesuai dengan kualitas yang diberikan. Model yang dihadirkan merché tidak sama dengan brand lain. Hal ini karena merché memiliki tim sendiri untuk mendesain. Sebelum mengembangkan produk, merché mengumpulkan data dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD) dan kuisioner. Upaya ini dilakukan untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai keinginan pelanggan. 

Pada Tokopedia Fashion Market, merché menghadirkan dua tas best seller dan viral yaitu Alice Tote Bag dan Bree Backpack. Tas tersebut dihadirkan dengan pilihan warna yang lengkap. Promo yang ditawarkan mencakup diskon 50%, voucer Rp20 ribu dan harga spesial Rp100.000 di jam-jam tertentu.

Baca juga: Serangkaian Fitur Baru Tokopedia Bikin Belanja Online Lebih Hemat

Zein memberikan beberapa tips dalam membangun bisnis, yaitu harus mengenal pelanggan. Dalami kebutuhan pelanggan, contohnya merché yang menghadirkan produk tas harus mengetahui apa saja yang akan dibawa pelanggan dengan tas tersebut. Harus ada diferensiasi dengan pesaing dan konsisten. Manfaatkan juga channel seperti fitur-fitur yang ada di Tokopedia.

Prepp Studio

Karakter brand yang Preppy diutamakan oleh Prepp Studio yang didirikan pada tahun 2020 atau saat awal pandemi. Prepp Studio merupakan brand baru di bawah naungan Worldwhite Enterprise Group, yaitu ekosistem brand yang solid. Total pengikut Worldwhite Enterprise Group lebih dari 5 juta followers. Produk-produk Prepp Studio adalah smart casual yang bisa dipakai di pergaulan skena. 

booth Prepp Studio di Tokopedia Fashion Market 

Prepp Studio belajar dari brand-brand sebelumnya di bawah naungan Worldwhite Enterprise Group untuk meningkatkan engagement dan memicu transaksi dari media sosial. Selain itu, Prepp Studio juga memiliki web sendiri. Prepp Studio banyak dikenal karena banyak menggelar campaign yang centil. Upaya yang dilakukan Prepp Studio banyak yang riding the wave dari media sosial. Saat ini, Prepp Studio telah memiliki 1,4 juta followers dan didukung Tokopedia. Tokopedia benar-benar mendampingi tidak hanya dalam menaruh barang tetapi juga mendukung campaign

“Lewat Prepp Studio, kami menghadirkan produk fesyen pria yang casual, preppy dan affordable,” ucap Satria Adiyasa Co-founder Prepp Studio. 

Saat ini, Prepp Studio juga tengah menargetkan kerja sama berbasis Intellectual Property (IP) untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Prepp Studio di industri. Tokopedia memiliki ekosistem yang besar dan kuat yang dapat membantu membangun reputasi. 

“Kami bergabung di Tokopedia sejak 2022. Berkat ikut kampanye dan memanfaatkan analisis pasar dari Tokopedia, pada tahun 2023, Tokopedia berkontribusi 60% dari total penjualan Prepp Studio. Angka ini mendominasi jika dibandingkan kanal penjualan lain,” ucap Satria. 

Alasan Prepp Studio membuka channel di marketplace ada banyak pertimbangan, tidak sekadar ekspansi dan display. Prepp Studio memiliki value yang sama dengan Tokopedia, termasuk sama-sama Indonesia, ada koneksi yang sama dan mutualisme. Tokopedia tidak hanya membantu dalam skema komersial, tetapi juga dalam hal campaign dan inovasi. benar-benar didukung Tokopedia. 

Pada Tokopedia Fashion Market, Prepp Studio menghadirkan produk yang belum pernah ditawarkan sebelumnya dengan penawaran menarik di booth. Promo yang dihadirkan mencakup flash sale, bundling dan diskon sampai 70%.

Satria memberikan tips bahwa dalam membangun usaha harus selalu mencari your why atau alasan dalam membangun brand. Rencananya Prepp Studio juga akan memperkuat signature dengan mengeksplor Polo Signature tahun ini. 

"Empati pelanggan jadi benar dari menemukan why dan mengetahui purpose. Perlu tau dinamikanya. Temukan juga mitra yang bisa sustain. Harus ketemu dengan mitra yang solid," pungkas Satria.

Share:

Artikel Terkini