CDNetworks Perkuat Ekosistem Digital Indonesia dengan Perbanyak PoP CDNetworks Perkuat Ekosistem Digital Indonesia dengan Perbanyak PoP ~ Teknogav.com

CDNetworks Perkuat Ekosistem Digital Indonesia dengan Perbanyak PoP



Teknogav.com
– CDNetworks merupakan penyedia jaringandan layanan edge-as-a-service di Asia Pasifik yang memiliki lebih dari 2.800 Point of Presence (PoP) secara global. Dalam rangka memperkuat ekosistem digital Indonnesa, CDNetworks berencana membangun lebih banyak PoP di Indonesia. Perluasan jaringan ditujukan untuk memastikan jangkauan jaringan yang menyeluruh, mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja situs. Upaya ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital di seluruh sektor di Indonesia.

Saat ini, CDNetworks memiliki 20 data center di Indonesia yang tersebar di enam kota, yaitu Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Jayapura. Rencananya, CDNetworks akan membangun 10 data center baru untuk memperkuat landasan infrastruktur CDNetworks yang sudah terbangun di Indonesia. Cakupan jaringan nasional CDNetworks sudah mencapai 100% melalui kemitraan strategis dengan berbagai penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia. Para mitra CDNetworks ini antara lain adalah Smartfren, Telin dan XL.

Baca juga: Green Data Center Day Dorong Pembangunan Data Center Ramah Lingkungan

Peambahan jaringan PoP CDNetworks memperkuat komitmen mereka dalam menyediakan layanan berkualitas dengan kecepatan terabit per detik (Tbps). Kemampuan tersebut tentunya dapat memenuhi peningkatan kebutuhan bandwidth di Indonesia. Penambahan PoP juga diharapkan dapat memicu peningkatan pendapatan sekitar 10%-20%.

“Investasi dan kemitraan strategis kami akan memberdayakan berbagai bisnis dan individu di Indonesia dengan konektivitas yang lancar dan aman, sehingga mempercepat transformasi digital di seluruh wilayah Nusantara,” ucap Yien Wu, Head of Sales, SSEA, CDNetworks.

Baca juga: Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022

Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia akan mencapai 79,5% dari total populasi nasional di tahun 2024. Sayangnya, sebagian besar penyebarannya belum merata karena masih berpusat di pulau Jawa. Hal ini dipengaruhi kondisi geografis Indonesia yang berbeda-beda di tiap daerah.

Kendala transformasi digital lainnya adalah ancaman siber. CDNetworks memaparkan bahwa ancaman siber akan terus menyesuaikan dengan tren yang ada di tahun 2024 ini. Demi mengantisipadi hal tersebut, tim security di CDNetworks terus berinovasi dan melakukan update, serta beradaptasi dengan tren terbaru.

Perkembangan sektor ekonomi Indonesia sendiri diperkirakan mencapai 30,5% di tahun 2024. Pertumbuhan yang termasuk terbesar di dunia ini menunjukkan mendesaknya pemerataan jaringan internet yang aman dan stabil.

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Dukung Pemberdayaan Developer Lokal  

CDNetworks telah berpengalaman di industei teknologi global lebih dari 20 tahun. Pengalaman tersebut memungkinkan CDNetworks menyediakan berbagai solusi teknologi yang mendukung bisnis meningkatkan kinerja dan keandalan situs dan aplikasi mereka.

Dalam menangkal ancaman siber, CDNetworks memiliki solusi perlindungan Cloud Security 2.0 yang mencakup Web Application and API Protection (WAAP). Solusi tersebut dapat melindungi aplikasi, web dan API, mitigasi bot, WAF, perlindungan API, dan perlindungan dari serangan DDoS. 

Secara global, CDNetworks memiliki 20 scrubbing center dengan kapasitas total lebih dari 15Tbps. Salah satu scrubbing center tersebut ada di Indonesia. Kehadiran scrubbing center memastikan jarimgan aman dari gangguan, melindungi mitra dari serangan DDoS. Tim ahli CDNetworks juga siap siaga 24 jam memberi bantuan bagi pelanggan.

CDNetworks berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jaringan tercepat dan teraman di Asia Tenggara. Upaya ini dilakukam melalui penambahan infrastruktur secara berkala, persiapan talenta lokal, dan inisiatif kerja sama dengan pemerintah dalam memastikan regulasi yang berlaku demi tercapainya proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sampai 800% pada 2030.

"Sebagai negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, Indonesia merupakan pasar penting bagi CDNetworks. Oleh karena itu, kami berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa dengan membantu memperkuat fondasi ekonomi digital secara berkelanjutan," ujar Riyan Baharudin, Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia.

Beberapa pengguna CDNetworks mencakup Circle-K, Citilink, Faspay, Indosat Ooredoo Hutchisson, MNC Pictures, MRT Jakarta, Ruangguru dan TVRI. CDNetworks memiliki misi untuk menjangkau lebih banyak perusahaan dan mendorong transformasi digital Indonesia.

Share:

Artikel Terkini