Gelar RUPST, Indosat Ungkap Pencapaian Kinerja dan Strategi Transformasi Gelar RUPST, Indosat Ungkap Pencapaian Kinerja dan Strategi Transformasi ~ Teknogav.com

Gelar RUPST, Indosat Ungkap Pencapaian Kinerja dan Strategi Transformasi

Teknogav.com – PT Indosat Tbk (Indosat) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 21 Mei 2024 di Kantor Pusat Indosat. RUPST tersebut mengungkap pencapaian keuanggan Indosat yang signifikan sepanjang tahun 2023. Pada RUPST tersebut disetujui juga pembagian dividen tunai dari 48% laba bersih tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023. Jumlah dividen final yang dibagikan kepada para pemegang saham adalah Rp2.164.029.415.416 atau setara Rp268,4 per saham.

Pembayaran dividen paling lambat 30 hari setelah pengumuman ringkasan risalah rapat. Sisa laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp2.342.362.811.976 akan dialokasikan Indosat ke laba ditahan. Total laba bersih Indosat di kuartal 1 tahun 2024 mencapai Rp1,29 triliun. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan 39,4%. EBITDA pun mencapai Rp6.509 miliar atau meningkat 22,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut lebih cepat dibandingkan pendapatan. 

Baca juga: Smartfren Sampaikan Hasil RUPS Tahunan dan Luar Biasa

Kenaikan EBITDA margin Indosat pun naik 47% yang dipicu kinerja keuangan yang mengesankan. Hal tersebut menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp1.295 miliar. Angka tersebut naik 39,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kinerja solid Indosat merupakan kontribusi para karyawan, kolaborasi dengan mitra, pelanggan dan kepercayaan dari para pemegang saham. Apresiasi atas kontribusi tersebut disampaikan oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

“Terima kasih atas dukungan yang menemani perjalanan tanpa akhir Indosat, melanjutkan penciptaan nilai dalam perjalanan transformatif menuju AI Native TechCo. Kami siap memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI,” ucap Vikram Sinha.

Baca juga: Sukses Jalankan Strategi Go-to-Market, Kinerja Keuangan Q1 2023 Indosat Gemilang

Komitmen Indosat untuk memperluas jaringan BTS 4G terus dilanjutkan. Indosat juga terus meningkatkan jangkauan distribusi produk dan pelayanan melalui Gerai IM3 dan 3Kiosk. Upaya ini dilakukan untuk menjangkau berbagai pelosok pedesaan, termasuk di wilayah timur Indonesia. Selain itu, Indosat juga menghadirkan inisiatif pemberdayaan perempuan dan UMKM.

Indosat akan terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo. Investasi untuk mendukung transformasi ini juga dilakukan pada peningkatan kualitas layanan dan memperluas konektivitas. Upaya ini didukung kemitraan strategis Indosat melalui anak usahanya dengan NVIDIA sebagai Cloud Partner Provide di Indonesia.

Beberapa agenda lain yang diputuskan dalam RUPST adalah sebagai berikut:

  1. Persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan Indosat untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023
  2. Persetujuan atas penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023
  3. Persetujuan atas penerapan remunerasi Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun 2024
  4. Persetujuan atas penunjukan Akuntan Publik Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024
  5. Persetujuan atas perubahan susunan Direksi dan/atau Dewan Komisaris Indosat.

Baca juga: Laporan Tahunan Huawei 2022 Ungkap Peningkatan Pengeluaran Litbang

“Transformasi ini bukan sekadar langkah Perseroan, tetapi juga tonggak penting dalam memajukan negeri. Kami berkomitmen menjalankan strategi dengan tepat dan mengarahkan inovasi untuk mendukung masa depan Indonesia yang berkelanjutan,” pungkas Vikram.

Share:

Artikel Terkini