Kaspersky NEXT Padukan Kekuatan EDR dan XDR bagi Bisnis di Indonesia Kaspersky NEXT Padukan Kekuatan EDR dan XDR bagi Bisnis di Indonesia ~ Teknogav.com

Kaspersky NEXT Padukan Kekuatan EDR dan XDR bagi Bisnis di Indonesia

Teknogav.com – Kaspersky NEXT merupakan lini produk andalan baru Kaspersky yang akan menggantikan produk Kaspersky Endpoint Security for Business. Produk ini memadukan solusi Endpoint Detection and Response (EDR) yang transparan dan cepat dengan visibilitas Extended Detection and Response (XDR). Ada tiga pilihan tingkatan Kaspersky NEXT yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, kompleksitas infrastruktur TI dan ketersediaan sumber daya. Solusi ini dapat dipakai pelanggan korporatdari berbagai ukuran dan industri.

EDR dan XDR merupakan solusi keamanan siber yang efektif membantu perusahaan bertahan dari serangan yang lebih umum, lincah dan canggih. Solusi tersebut menawarkan visibilitas, kendali, respon cepat dan perburuan ancaman yang proaktif baagi bisnis. Perlindungan titik akhir yang ditawarkan Kaspersky NEXT didukung AI dan melampaui Endpoint Protection Platform (EPP). Sifat Kaspersky NEXT yang deployment agnostic memungkinkan untuk diterapkan di cloud atau on-premise

Baca juga: Ransomware yang Ditargetkan Makin Menggila, Kaspersky XDR Siap Melawan

"Pengelolaan Kaspersky NEXT dapat dilakukan melalui konsol yang disederhanakan untuk melakukan tugas-tugas inti keamanan siber dengan cepat. Selain itu, pengelolaan juga dapat dilakukan melalui konsol tingkat perusahaan dengan pengendalian yang lebih rinci dan pemantauan tingkat lanjut," ucap Victor Chu, Head of System Engineering at Kaspersky SEA.

Beberapa fitur otomatisasi di Kaspersky NEXT mencakup pemantaua dan pemblokiran cloud, manajemen kerentanan danpatch, pemindaian IoC dan playbook. Fitur-fitur tersebut membantu bisnis untuk mendukung deteksi efektif, remediasi ancaman kompleks dan baru, serta mengurangi tugas rutin keamanan. Tentunya hal ini dapat mengurangi beban tim keamanan siber secara signifikan.

Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky dan Victor Chu, Head of System Engineering at Kaspersky SEA

Lanskap Ancaman Siber

Pada tahun 2023, terdapat 411.000 malware baru yang terdeteksi. Sebanyak 51% organisasi bisnis berjuang untuk mendeteksi dan menyelidiki ancaman tingkat lanjut dengan alat yang ada saat ini. Sebanyak 70% organisasi merasa kesulitan untuk menyeimbangi jumlah peringatan keamanan yang dipicu oleh alat analis keamanan mereka. Alat yang ada saat ini gagal mendukung persyaratan permukaan serangan baru. Setiap tahun, pemantauan keamanan lintas permukaan serangan yang terus tumbuh dan berubah makin meantang setiap tahun. Hal ini nenunjukkan permukaan yang lebih rentan dan kebutuhn akan kecakapan-kecakapan keamanan baru untuk Modern AppDev.

Sepanjang tahun 2023, jumlah ancaman tertinggi di Indonesia berasal dari infeksi lokal yang berasal perangkat yang dihubungkan melalui port lokal. Perangkat lokal ini seperti flash disk, harddisk esternal dan lain-lain, Infeksi lokal yang berhasil diblokir mencapai 16,4 juta ancaman. Posisi kedua ditempati ancaman yang memanfaatkan Remote Desktop Protocol yang mencapai 11,7 juta ancaman di Indonesia. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah serangan RDP tertinggi di Asia Tenggara.

Baca juga: Phishing Keuangan Terus Serang Perusahaan Asia Tenggara, Indonesia Terbanyak

Phishing keuangan di Indonesia juga masih menghantui, Kaaspersky mencatat ada 97.465 upaya phishing keuangan yang terdeteksi. Sementara itu jumlah serangan ransomware di Indonesia mencapai 97.226.
Dalam menghadapi ancaman-ancaman siber tersebut, 52% perusahaan menyatakan bahwa saat ini pengoperasian keamanan sulit dibiandingkan tiga tahun lalu. Alasan sulitnya menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • 41% mengatakan bahwa lanskap ancaman terus berubah dengan ncepat
  • 37% mengatakan bahwa jumlah dan kompleksitas peringatan keamanan makin meningkat
  • 24% mengatakan adanya kesenjangan pada alat pemantauan dan proses
  • 20% mengatakan kurangnya kecakapan keamanan siber atau karyawan untuk mengimbangi operasi dan analitik keamanan

Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky


“Di tengah lanskap perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu negara yang mengalami transformasi pesat. Misalnya, perkembangan paling tren seperti AI telah muncul dan banyak bisnis di sini mulai menerapkannya. Hal ini membuka peluang baru bagi pelaku industri dan juga penjahat siber. Peningkatan keamanan siber harus diprioritaskan perusahaan untuk melindungi aset mereka dari ancaman tingkat lanjut. Upaya ini penting untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan, dan membangun kepercayaan yang diperlukan untuk pertumbuhan berkelanjutan dan keunggulan kompetitif. Penting untuk memastikan bahwa perlindungan diterapkan secara efektif, sehingga perusahaan dapat tetap bersaing dengan pertahanan terbaik mereka di era super digital ini,” ucap Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky.

Solusi Kaspersky NEXT

Perusahaan perlu memiliki solusi keamanan siber menyeluruh yang bisa dipercaya dan diandalkan untuk perlindungan efektif seiring berkembangnya lanskap ancaman siber. Bisnis masih kesulitan menemukan alat keamanan informasi yang dapat mendeteksi dan menyelidiki ancaman tingkat lanjut secara tepat waktu. Hal ini diungkap dalam Laporan Modernisasi XDR dan Security Operations Center (SOC) dari Enterprise Strategy Group.

Kaspersky berusaha mengatasi kesulitan tersebut dengan terus mengembangkan solusi untuk memenuhi kebutuhan keamanan siber dunia bisins. Tujuannya agar solusi tersebut dapat membantu perusahaan membangun kerangkat kerja keamanan siber yang andal.

Baca juga: Coro Gandeng Kayreach System untuk Masuki Pasar Keamanan Siber Indonesia

“Hari ini, kami memperkenalkan solusi XDR mutakhir dan transformasi penawaran produk korporat kami. Peluncuran ini menandai momen penting dalam perjalanan aktif Kaspersky sebagai vendor keamanan siber perusahaan. Kami menyederhanakan kompleksitas EDR dan XDR untuk bisnis dan organisasi di Indonesia dari semua ukuran dengan diperkenalkannya Kaspersky Next,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.

Kaspersky memiliki misi untuk melindungi pelanggan, baik yang masih pemula dalam keamanan siber, atau yang memiliki tim SOC sendiri. Tujuan utama Kaspersky adalah memberdayakan perusahaan untuk membangun sistem keamanan informasi yang dapat diandalkan dan efisien. Selain itu, perusahaan juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan unik keamanan siber mereka. 

Kehadiran Kaspersky NEXT membantu perusahaan membangun fungsi keamanan siber yang penting. Upaya ini demi memberikan perlindungan kuat dari berbagai jenis ancaman yang banyak dihadapi bisnis dan menghindari penetrasi infrastruktur. Beberapa ancaman tersebut termasuk ransomware, malware dan pelanggaran data. Ssedangkan penetrasi infrastruktur yang dihindari mencakup Business Email Compromise, serangan rantai pasokan, eksploitasi, dan kerentanan lainnya.

Jemmy Handinata, Presales Manager of Indonesia, Kaspersky

"Kaspersky NEXT dapat mendeteksi lebih dini menggunakan beberapa metode yang mencakup pendeteksian berbasis Machine Learning dan analisis perilaku. Solusi ini juga mengendalikan fungsionalitas titik akhir dan penggunaan cloud untuk memangkas peluang serangan yang menggunakan hal tersebut. Dasar-dasar keamanan siber juga tercakup dalam solusi ini yang dapat dipelajari tim keamanan TI perusahaan," ucap Jemmy Handinata, Presales Manager of Indonesia, Kaspersky.

Saat ini, Kaspersky NEXT terdiri dari tiga tingkat produk, yaitu sebagai berikut:

  • Kaspersky Next EDR Foundations yang kuat melindungi titik akhir dengan mengidentifikasi dan menetralisir ancaman sebelum ancaman dapat membahayakan proses bisnis. Pengendalian keamanan yang fleksibel dan mudah dipahami cocok untuk perusahaan yang memiliki departemen TI untuk melakukan keamanan informasi. Skenario TI bawaan memungkinkan hands-off operation dan memungkinkan perusahaan menyesuaikan kebijakan keamanannya agar sesuai dengan kebutuhan unik mereka.
  • Kaspersky Next EDR Optimum yang kuat melindungi titik akhir dengan fungsionalitas EDR yang penting, pengendalian tingkat lanjut, manajemen patch, dan keamanan cloud. Bisnis dapat cepat menangkal serangan dengan sumber daya minimal berkat bantuan visibilitas, investigasi dan respon ancaman dipandu. Solusi ini cocok untuk perusahaan dengan tim keamanan informasi skala kecil.
  • Kaspersky Next XDR Expert merupakan solusi keamanan siber tangguh yang bisa diintegrasikan dengan vendor pihak ketiga. Proses yang dilakukan solusi ini mencakup mengumpulkan, menganalisis, dan menghubungkan data dari berbagai sumber di seluruh infrastruktur TI organisasi. Solusi ini memberikan visibilitas real-time dan wawasan mendalam mengenai perkembangan risiko siber untuk menghadirkan deteksi ancaman tingkat lanjut dan respons otomatis. Penerapan solusi ini cocok untuk perusahaan dengan tim keamanan siber atau SOC yang berpengalaman.
Kaspersky Next merupakan bagian dari ekosistem produk B2B perusahaan dan dirancang agar kompatibel langsung dengan solusi dan layanan Kaspersky lain. Solusi ini memudahkan perusahaan bermigrasi dari satu tingkat ke tingkat lain tergantung kebutuhan keamanan siber saat ini. Hal ini seiring dengan peningkatan permintaan akan perlindungan keamanan siber yang lebih menyeluruh.
Share:

Artikel Terkini