ASUS Zenfone 11 Ultra Andalkan Kinerja AI Snapdragon 8 Gen 3 ASUS Zenfone 11 Ultra Andalkan Kinerja AI Snapdragon 8 Gen 3 ~ Teknogav.com

ASUS Zenfone 11 Ultra Andalkan Kinerja AI Snapdragon 8 Gen 3

Teknogav.com – ASUS resmi meluncurkan Zenfone 11 Ultra terkini di Indonesia dengan tiga pilihan warna menarik dan dua varian konfigurasi memori. Smartphone ini mengandalkan fitur AI, kecanggihan kamera, kinerja, teknologi terkini dan desain ramah lingkungan. Daya pada baterai juga dapat bertahan lebih lama dengan kapasitas 5.500 mAh. Tentu saja, keandalan kinerja smartphone didukung oleh Snapdragon 8 Gen 3.


Tiga pilihan warna smartphone ini terdiri dari Skyline Blue, Eternal Black dan Misty Grey yang dapat disesuaikan dengan gaya pengguna. Ketiga pilihan warna tersebut terinspirasi dari berbagai lanskap bentang alam di seluruh dunia. Warna Skyline Blue dan Eternal Black mencerminkan langit biru dan malam hitam di Skandinavia. Sedangkan, warna Misty Grey menggambarkan suasana pagi yang berkabut.

Rangka dan kemasan Zenfone ini pun mengedepankan keberlanjutan lingkungan dengan memadukan 100% aluminium daur ulang. Logo ASUS 30th anniversary disematkan pada punggung smartphone dengan sentuhan cermin pada lapisan matte. Ketangguhan smartphone ini terhadap air dan debu pun dijamin oleh sertifikasi IP68.

Audio pada smartphone didukung oleh speaker stereo ganda yang 25,2% lebih besar dan tersedia juga jack 3,5 mm. Tersedia juga fitur Dirac Virtuo yang menyajikan suara surround pada setiap headset. Smartphone ini juga menyediakan pengkinian keamanan sampai empat tahun.

Baca juga: ASUS Zenfone 10 Siap Hadir dengan Snapdragon 8 Gen 2

Layar Hemat Daya dengan Bezel Tipis

Tampilan layar menggunakan panel AMOLED berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 144 Hz yang ditingkatkan teknologi Pixelworks®. Efisiensi energi pada layar didukung juga oleh teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) yang mendukung visual yang hidup. Kecerahan layar bisa sampai 2.500 nits. Akurasi warna pun didukung Delta-E < 1 dan rentang warna DCI-P3 107%. 

Bezel di sekeliling layar yang tipis juga membuat tampilan terasa lebih lapang dengan rasio layar-ke-bodi sampai 94%. Ukuran bezel di bagian atas dan sisi samping hanya 1,6 mm, sedangkan bagian bawah hanya 2,2 mm. Ketangguhan layar didukung oleh Gorilla Glass Victus 2.

Selain rangka dan kemasan yang ramah lingkungan, layar smartphone juga dibuat dengan lebih dari 33% kaca daur ulang. Penggunaan plastik pada kemasan juga dikurangi sampai 94% dan menggantikannya dengan kertas pembungkus untuk smartphone dan kabelnya.

Kinerja Snapdragon 8 Gen 3 Mobile

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 Mobile menjadi andalan kinerja Zenfone 11 Ultra yang kinerjanya lancar untuk segala penggunaan. Kinerja tersebut didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB yang hemat daya, mendukung multitasking dan sesi main intensif. Selain itu, media penyimpanan pun sudah menggunakan UFS 4.0 berkapasitas 512 GB yang cepat saat memuat game. Fitur berbasis AI dapat dengan mudah dijalankan, demikian juga dengan game yang lancar dan grafis yang mulus. NPU pada chipset ini dapat menyajikan kinerja 98% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Tawarkan Keandalan On-Device AI pada Smartphone

Dominikus Susanto, Senior Manager, Business Development Qualcomm Indonesia

Seperti telah disinggung di awal kapasitas baterai mampu menampung daya sampai 5.500 mAh yang lebih besar 26,5% dari pendahulunya. Peningkatan kapasitas baterai ini memastikan smartphone dapat digunakan lebih lama, yaitu sampai 26 jam pemakaian normal. Pengisian daya ke smartphone juga lebih maksimal dengan 65 W HyperCharge, sehingga pengisian daya ebih cepat dan efisien. Zenfone 11 Ultra juga sudah didukung pengisian nirkabel melalui Qi-compatible wireless charger 15 W untuk pengisian daya yang nyaman.

Fotografi dan Videografi

Sistem kamera pada Zenfone 11 Ultra juga diperbarui agar dapat mengubah kualitas fotografi dan videografi melalui smartphone. Kamera utama 50 MP didukung fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, stabilisasi video Super HyperSteady, dan perekaman suara OZO Audio-powered 3D surround. Perpaduan fitur-fitur tersebut menyajikan stabilitas dan kualitas audio. 

Kestabilan merupakan prioritas pada Zenfone 11 Ultra, sehingga dihadirkanlah 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Teknologi ini memastikan kualitas video tetap bebas blur dan bebas guncangan, bahkan ketika smartphone digunakan dalam pergerakan. Kemampuan ini memudahan untuk mengabadikan gambar berkualitas profesional.

Perangkat lunak yang bervariasi pun diperkenalkan untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas dalam teknologi pengambilan gambar. Kehadiran perangkat lunak ini meningkatkan perangkat keras Zenfone 11 Ultra. Kedalaman bidang saat perekaman disajikan oleh Mode AI Portrait Video yang menambah estetika video. Sedangkan penyesuaian fokus secara manual dapat memberi pengendalian bagi pengguna sehingga bisa menambah kreativitas atas narasi visual.

Kamera utama didukung juga oleh kamera telefoto 32 MP dengan OIS built-in, zoom optik 3x dan zoom 30x dengan Hyperclarity. Teknologi AI pada fitur HyperClarity dan AI Object Sense dapat menghasilkan gambar yang realistis saat mengabadikan momen. Kejernihan gambar ditingkatkan secara signifikan oleh deep-learning models saat mengaktifkan HyperClarity selama zoom. Fitur ini merekonstruksi gambar dan menambah detail berdasarkan pengenalan AI. Beralih ke depan, kamera 32 MP memiliki kinerja cahaya rendah dan sudut lebar, sehingga swafoto jelas walau kondisi kurang terang.

Peningkatan Pengalaman Pengguna dengan AI

Kinerja AI pada Zenfone 11 Ultra meningkatkan interaksi pengguna dengan perangkat. Kualitas audio yang jernih dapat dihasilkan oleh AI Noise Cancellation yang didukung teknik komputasi machine-learning. Kemampuan ini mendukung panggilan telepon, panggilan instant-messaging, dan komunikasi dalam game.

Konversi speech-to-text juga dapat dilakukan secara instan dan menerjemahkan ke dalam bahasa sesuai pilihan pengguna dengan memperkenalkan AI Call Translator. Kecanggihan model AI mendukung Zenfone 11 Ultra dalam memahami konteks saat penggunaan sehingga komunikasi lebih jelas dan mengatasi hambatan bahasa. Terjemahan tersebut kemudian diubah menjadi suara yang jernih, sehingga meningkatkan pemahaman dan konektivitas bagi pengguna di seluruh dunia.

Ketika menggunakan aplikasi perekam, fungsi AI Transcript pun dapat melakukan transkrips secara real-time dengan dukungan teknologi AI. Fungsi ini juga bisa digunakan pada file suara yang ada. Hasil transkripsi mudah disimpan dengan bantuan alat perekam bawaan smartphone. 

Baca juga: ROG Phone 8 Series Tingkatkan Kinerja Gaming dan Kamera

Wallpaper mudah dipersonalisasi dengan fitur AI Wallpaper berdasarkan 6 style-directions berbeda. Panduan dan algoritma AI memungkinkan pengguna menciptakan wallpaper unik sesuai gaya dan kepribadan sehingga memberi sentuhan unik bagi masing-masing pengguna.

Semantic Search memudahkan pengelolaan file, multimodal learning memungkinkan pengguna mencari foto di galeri dan menginstal aplikasi dengan kata kunci. Fitur ini memahami perintah bahasa alami secara intuitif dan mendukung berbagai bahasa yang bisa digunakan secara offline. Integrasi fitur ini pada pengaturan telepon memudahkan akses dan menyederhanakan pengalaman pengguna saat mengatur telepon. 

Streaming aplikasi dari smartphone ke perangkat lain seperti ke laptop bisa dilakukan oleh ASUS GlideX. Fitur ini memudahkan transfer file, conference call dan pengendalian perangkat. Kemudahan screen-mirroring layar ponsel ke laptop memungkinkan pengguna menikmati media bersama keluarga, teman, dan bisa digunakan juga untuk kebutuhan pekerjaan. Selain itu, bisa juga menggunakan Phone Link untuk transfer file dengan drag and drop, mengirim pesan teks dari PC, pengelolaan panggilan dan penyesuaian notifikasi.

Ketersediaan dan Harga

Zenfone 11 Ultra tersedia dalam dua pilihan konfigurasi memori. Pertama adalah dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan 256GB yang tersedia dalam tiga pilihan warna yang dibanderol Rp10.999.000. Kedua adalah varian dengan RAM 16 GB, dan media penyimpanan 512GB, yang hanya tersedia dalam warna Eternal Black. Harga yang dibanderol pada varian dengan memori lebih tinggi ini adalah Rp14.999.000. 

Klik untuk membeli ASUS Zenfone 11 Ultra di Tokopedia

Selama periode Launch Sales Promo yang berlangsung dari 11 Juni 2024 hingga 30 Juni 2024 tersedia diskon sebesar Rp1 juta. Harga Zenfone 11 Ultra dengan varian 12 GB/256 GB menjadi Rp 9.999.000, dan varian 16 GB/512 GB menjadi Rp 13.999.000. Promo ini berlaku di mitra penjualan resmi ASUS, baik secara offline maupun online.

Spesifikasi ASUS Zenfone 11 Ultra

Dimensi

163,8 x 76,8 x 8,9 mm

Bobot

224 gram

Warna

Classic: Skyline Blue / Eternal Black

New: Misty Grey

Kamera Utama

Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56", f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8MP)

Kamera Depan

32 MP RGBW, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8 MP)

Layar

6.78" flexible AMOLED, FHD+, refresh rate sampai 144 Hz (hanya tersedia di game), LTPO 1 ~ 120 Hz, peak brightness 2,500 nits

Baterai / pengisian daya

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi cert. charging

Memori

RAM LPDDR5X sampai 16 GB

Media Penyimpanan

UFS 4.0 sampai 512 GB

Frekuensi

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 800 / 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz

Lain-Lain

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (Support ARCore), Hall Sensor, Wi-Fi 7 ready, Bluetooth 5.4, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5mm headset, NFC

Share:

Artikel Terkini