Cloud Landing Palo Alto Networks Dukung Inovasi dan Tingkatkan Kinerja Cloud Landing Palo Alto Networks Dukung Inovasi dan Tingkatkan Kinerja ~ Teknogav.com

Cloud Landing Palo Alto Networks Dukung Inovasi dan Tingkatkan Kinerja

Teknogav.com – Palo Alto Networks resmi meluncurkan lokasi cloud terikininya di Indonesia. Kehadiran cloud landing di Indonesia tersebut mendukung platform keamanan siber berbasis cloud dan memenuhi kebutuhan residensi data lokal pelanggan. Lanskap infrastruktur cloud di Indonesia sedang meninigkat pesat, seiring upaya organisasi memperbarui aplikasi mereka dan memanfaatkan potensi dari layanan cloud. Organisasi juga harus memastikan penyimpanan data mereka mematuhi regulasi yang berlaku, terutama organisasi di sektor keuangan.

Tantangan untuk mendeteksi dan mencegah ancaman makin besar seiring berkembangnya perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terus memanfaatkan potensi cloud computing. Waktu dan sumber daya yang dibutuhkan pun makin besar. Berdasarkan laporan State of Cloud-Native Security 2024 dari Palo Alto Network, 99% organisasi menyimpan data sensitif di berbagai lokasi. Penyimpanan ini termasuk server lokal, public cloud, aplikasi SaaS yang memiliki penyimpanan lokal, private cloud yang dikelola pihak ketiga dan perangkat endpoint. Tentunya hal ini menjadi tantangan keamanan yang cukup tinggi.

Baca juga: Palo Alto Networks Investasi Lokasi Cloud Baru di Indonesia

“Ketika organisasi-organisasi di Indonesia memperbarui dan melakukan transformasi ke cloud, mereka menghadapi tantangan-tantangan baru seperti upaya untuk melindungi dari ancaman-ancaman yang kompleks serta kebutuhan untuk mematuhi regulasi proteksi data lokal,” ujar Adi Rusli, Country Manager, Indonesia, Palo Alto Networks.

Adi menjelaskan keberadaan cloud landing di Indonesia akan memberikan akses ke platform keamanan siber Palo Alto Networks yang didukung AI. Keberadaan cloud landing di Indonesia juga membantu berbagai perusahaan di Indonesia dalam memenuhi persyaratan residensi data.

Meerah Rajavel, Chief Information Officer, Palo Alto Networks

“Teknologi AI digunakan secara selaras tanpa melihat sumber serangan dilakukan olehmanusia atau AI. Semua dilakukan secara real-time dan ubiquitous di balik layar. Tentu saja teknologi AI ini membutuhkan bahan bakar berupa data, logika dan model AI. AI ini didukung oleh machine learning, deep learning dan LLM,” ucap Meerah Rajavel, Chief Information Officer, Palo Alto Networks.

Meerah juga menjelaskan bahwa keamanan siber ini penting seiring makin canggihnya serangan. Ancaman ransomware bisa diawali dari phishing email yang kini makin sulit dibedakan. Jika dulu email phishing dapat dikenali dari ejaan dan tata bahasa yang kacau, kini 99% email dikirim AI. Kini phishing bahkan bisa memanfaatkan suara dan video yang benar-benar terlihat seperti tokoh asli yang ditiru. Layanan Palo Alto Networks dapat memberikan notifikasi jika ada tautan phishing yang diklik. Perangkat yang digunakan untuk mengklik tautan tersebut bahkan bisa langsung kena suspend.

Baca juga:  Palo Alto Networks Ungkap Sasaran Utama Ransomeware di Indonesia

“Investasi lokasi cloud baru ini menunjukkan komitmen Palo Alto Networks untuk membantu mengamankan masa depan digital Indonesia. Kehadiran fasilitas ini juga akan mendukung organisasi untuk mempercepat inovasi. Kinerja pun meningkat, karena jika organisasi di Indonesia menggunakan cloud landing dari luar negeri, maka kinerjanya kurang bagus,” ucap Steven Scheurmann, Regional Vice President untuk ASEAN di Palo Alto Networks.

Ketersediaan cloud landing di Indonesia merupakan wujud komitmen Palo Alto Networks dalam menyajikan layanan keamanan bagi para pelanggan di Indonesia. Negara-negara di sekitar Indonesia pun juga bisa memanfaatkan fasiliitas ini. Serangkaian layanan Palo Alto Networks dapat mendukung kemampuan organisasi di Indonesia untuk mendeteksi ancaman-ancaman yang muncul. Hal ini memungkinkan untuk menyajikan solusi keamanan yang efisien dan terpadu. 

Steven Scheurmann, Regional Vice President untuk ASEAN di Palo Alto Network

Baca juga: Palo Alto Networks Ungkap Peningkatan Risiko Keamanan Siber Bisnis 

Manfaat cloud landing Palo Alto Networks tersebut dapat dirasakan pelanggan di Indonesia melalui solusi keamanan Prisma® Access. Solusi tersebut dapat melindungi para pekerja hybrid. Cloud landing terkini menyediakan akses langsung ke layanan berkinerja tinggi Palo Alto Networks untuk organisasi-organisasi yang berbasis di Indonesia. Berikut ini adalah layanan-layanan tersebut:

  • Prisma® Cloud untuk mengamankan dan memenuhi persyaratan kepatuhan kebijakan keamanan untuk aplikasi, data, dan seluruh teknologi cloud-native perusahaan di seluruh siklus pengembangan dan di seluruh lingkungan hybrid dan multi-cloud.Cortex XDR® merupakan platform deteksi dan respons lanjutan yang mengintegrasikan endpoint, jaringan, data cloud, dan lain-lain. Solusi ini dapat menghentikan serangan dengan AI dan kemampuan analisis. Para pelanggan dapat memenuhi kebutuhan residensi data melalui lokasi cloud di Indonesia, yang menyimpan log dan analitik mereka di Indonesia.
  • Cortex XSOAR® merupakan platform otomatisasi dan orkestrasi keamanan dari Palo Alto Networks untuk SOC modern. XSOAR meningkatkan efisiensi dengan mengotomatisasi dan menyederhanakan proses SOC, memanfaatkan integrasi yang luas dan platform yang mudah digunakan. Pasar XSOAR menawarkan ratusan playbook dan integrasi yang sudah ada, mempercepat waktu respons dan meningkatkan operasi keamanan secara keseluruhan.
  • Cortex Xpanse®: Palo Alto Networks Cortex Xpanse menyediakan manajemen attack surface aktif, memungkinkan organisasi untuk mempersempit permukaan serangan mereka secara proaktif demi mengamankan organisasi. Memanfaatkan playbook yang didukung oleh AI, Cortex Xpanse mengidentifikasi dan mencegah eksposur yang tidak diketahui dengan segera memperbaiki celah pada permukaan serangan, meningkatkan postur keamanan secara keseluruhan, dan mengurangi risiko terjadinya serangan siber.
  • Cortex XSIAM® merupakan platform SOC berbasis AI yang memanfaatkan kemampuan kecerdasan mesin dan otomatisasi bawaan untuk meningkatkan kinerja keamanan secara signifikan dan mentransformasi operasi keamanan. Solusi ini dapat mempercepat transformasi SOC pelanggan di Indonesia sambil memenuhi preferensi lokasi data.

Demikianlah beberapa solusi Palo Alto Networks yang dapat digunakan organisasi-organisasi di Indonesia dalam memperkuat keamanan siber mereka.

Share:

Artikel Terkini