Ekosistem BIOTA Smart Home Otomatis Beradaptasi dan Antisipasi Kebiasaan Pengguna Ekosistem BIOTA Smart Home Otomatis Beradaptasi dan Antisipasi Kebiasaan Pengguna ~ Teknogav.com

Ekosistem BIOTA Smart Home Otomatis Beradaptasi dan Antisipasi Kebiasaan Pengguna


Teknogav.com - BIOTA merupakan brand smart home yang memiliki visi untuk menciptakan ekosistem pintar untuk mengantisipasi dan beradaptasi sesuai kehidupan pengguna. Resmi hadir di pasar smart home Indonesia, BIOTA menyelenggarakan acara soft launching yang mengusung tema ‘Making Melodies of Life’. Tema tersebut menunjukkan kesiapan BIOTA dalam menemani langkah hidup pengguna dengan ekosistem yang dapat otomatis menyesuaikan kehidupan pengguna. Kini, tak perlu lagi repot mengendalikan smart home dari gadget karena semuanya dapat dilakukan secara otomatis oleh BIOTA.

Acara soft launching tersebut memamerkan cara smart home dapat menjadi lebih dari solusi berbasis IoT dalam menjalankan rutinitas harian. Fokus acara yang digelar di The Open Door, Alam Sutera tersebut adalah pendekatan holistik, sesuai dengan visi BIOTA. Tema ‘Making Melodies of Life’ yang diusung acara soft launching ini menunjukkan peran BIOTA dalam mendukung menciptakan cerita-cerita penuh arti.

Baca juga: IT Hadirkan 20 Produk Ekosistem Smart Home Terkini

“BIOTA hadir untuk mendukung mewujudkan mimpi orang-orang yang dicintai, membuat ekosistem rumah menyesuaikan kehidupan kita. Kami bermimpi bagaimana hidup bisa lebih mudah, lebih simpel dan lebih bermakna. Ide BIOTA berdasarkan pada tiga pilar, yaitu pertama adalah kemudahan sehingga semua dapat menggunakan mulai dari yang awam sampai profesional. Kedua adalah inovasi, dan ketiga adalah customer service,” ucap Steven Gunarso, CEO dan founder BIOTA.

Tren permintaan akan perangkat smart home meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Data We Are Social menunjukkan bahwa jumlah smart home di Indonesia mencapai 9,58 juta rumah tangga pada tahun 2024. Angka tersebut meningkat 15% dari 1,2 juta rumah tangga pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat smart home sudah mencapai level holistik, bukan sebatas tren. Hal ini menjadi momen yang tepat bagi BIOTA untuk hadir di pasar smart home.

Hasil survei Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTT) tahun 2023 menunjukkan bahwa setidaknya ada lima perangkat smart home dalam satu rumah tangga. Perangkat smart home ini mencakup beberapa aspek kehidupan, mulai dari smart lighting, smart security seperti CCTV, sampai smart pet care.

Baca juga: Review: Jajaran Produk Smart Tapo, Dukung Smart Home Modern

Smart home di Setiap Fase Kehidupan

Konsep acara soft launch berupa pameran diorama yang merepresentasikan enam fase dalam siklus kehidupan manusia. Pada setiap fase diperlihatkan cara portofolio produk smart home BIOTA memperkaya setiap momen berharga dalam hidup. Fase tersebut dimulai dari momen yang memastikan bayi dapat nyaman dengan kehadiran Smart Air Purifier. Diorama beralih ke ruang remaja dan diakhiri dengan masa memulai rumah tangga baru. Kehadiran BIOTA mendampingi pengguna fokus ke momen-momen yang membuat hidup lebih berharga.

Setiap perangkat smart home BIOTA saling bersinergi menunjang kualitas dan gaya hidup pengguna, layaknya orkestra. Sesuai motto ‘Life Enhanced’, BIOTA meyakini bahwa membangun ekosistem smart home tak semata untuk mengikuti perkembangan teknologi.

“BIOTA ada untuk eliminate distraction, mimpi saya untuk kekhawatiran tidak balik ke rumah. Hidup banyak [kesibukan] yang harus dilalui, tapi waktunya tidak sebanyak itu. Seharusnya waktu hidup bisa kita berikan untuk keluarga dan yang tercinta, untuk mengejar passion masing-masing,” tutur Steven Gunarso.

Ease of use, Teknologi Inovatif, dan Customer Service

Prinsip ease of use atau kemudahan penggunaan dalam pemasangan dan pengoperasian perangkat menjadi prioritas BIOTA. Hal ini untuk menjamin kelancaran transisi ke ekosistem rumah pintar bagi pengguna baru. Tak perlu proses adaptasi rumit ke ekosistem smart home mulai dari proses pairing otomatis sampai ke antarmuka aplikasi BIOTA smart home. Semua dirancang ramah pengguna.

BIOTA juga menghadirkan teknologi inovatif ke pasar smart home. Produk Smart Camera Battery Fixed dan Smart Wireless Doorbell sudah 100% nirkabel karena sudah dibekali baterai. Kehadiran baterai tersebut memungkinkan untuk lebih leluasa memasang perangkat tanpa bergantung outlet daya, sehingga tidak ada kabel berseliweran. Daya pada baterai pun kuat sampai enam bulan dan dapat diisi ulang. Selain itu, tersedia juga fitur home automation untuk power user.

Baca juga: Serangkaian Produk IT: Immersive Tech Siap Dukung Smart Home

Pilar ketiga dari BIOTA adalah customer service yang diterapkan melalui e-commerce, media sosial dan konsultasi langsung di lokasi. Perwakilan BIOTA siap melayani dan menjawab segala kekhawatiran pengguna mengenai teknologi smart home.

“BIOTA percaya bahwa tidak ada solusi one for all, tapi untuk truly embody one for one. Kami ingin untuk membuat setiap orang dihargai, karena semua orang berarti,” pungkas Steven Gunarso.

Lebih dari 1.000 produk BIOTA telah terjual ke pelanggan di Indonesia sejak berdiri tahun 2023. Berawal dari lini Smart Camera, portofolio produk BIOTA akan terus berkembang untuk mencakup segala aspek kehidupan. Kini produk-produknya mencakup Smart Lighting, Smart Electrical, Smart Pet Care, sampai Smart Wellness. BIOTA telah hadir di beberapa kota besar Indonesia, mencakup Bandung, Bali, Lampung dan Samarinda. Pembelian produk-produk BIOTA dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli produk BIOTA di Blibli
Klik untuk membeli produk BIOTA di Tokopedia

Klik untuk membeli TECNO POVA 6 di Shopee

“Tujuan utama kami agar brand BIOTA itu dapat dipercayai customer sebagai brand yang dapat dipercayai untuk membuat hidup lebih nyaman. Kami ingin customer untuk dapat mengerti bahwa produk BIOTA lebih unggul dari brand lainnya,” tutup Steven Gunarso.

Share:

Artikel Terkini