Epson Luncurkan Produk Dalam Negeri: Proyektor, Scanner dan Printer Bisnis Epson Luncurkan Produk Dalam Negeri: Proyektor, Scanner dan Printer Bisnis ~ Teknogav.com

Epson Luncurkan Produk Dalam Negeri: Proyektor, Scanner dan Printer Bisnis

Teknogav.com -  Epson senantiasa terus mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri . Dukungan tersebut dilakukan Epson dengan meluncurkan produk-produk dalam negeri (PDN) berupa proyektor, scanner dan printer bisnis. Jajaran produk-produk tersebut dirancang dan diproduksi oleh PT Indonesia Epson Industry di Cikarang, Jawa Barat. Saat ini, Epson memiliki 56 produk bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan 15 produk lain sedang dalam proses sertifikasi.

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI mengapresiasi dukungan nyata oleh Epson melalui investasi perluasan produksi proyektor yang sebelumnya diproduksi di luar negeri dan mulai Juli 2024 dipindahkan ke Indonesia.” ucap Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronik dan Telematika (IET), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

Baca juga: Epson Innovation Day Pamerkan Produk Berlisensi TKDN 

Demi memastikan kualitas dan efisiensi, produk-produk baru Epson memanfaatkan teknologi terkini dan memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan pemerintah. Upaya ini dilakukan Epson untuk memperkuat posisi dalam inovasi teknologi dan mitra yang berkomitmen mendukung perekonomian lokal.

Peluncuran produk-produk baru tersebut diharapkan Epson dapat menjadi perluasan produksi dan penggunaan komponen produksj dalam negeri sehingga berkontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Produk-produk yang diluncurkan mencakup proyektor terkini, scanner yang cepat dan akurat, printer bisnis yang cepat dan efisien. Seluruh produk tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri termasuk pendidikan dan bisnis. Selain itu, juga untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.


Baca juga:
Gelar Media Gathering, Epson Paparkan Kinerja dan Kegiatan Tahun 2023

"Kami bangga dapat mendukung inisiatif pemerintah untuk memperkuat industri lokal melalui peluncuran produk-produk berkualitas tinggi yang dibuat di Indonesia," ucap Ng Ngee Khiang, Managing Director Epson Indonesia.

1. Proyektor EB-E600 & EB-X600 

Dua proyektor 3LCD pertama yang diproduksi di Indonesia adalah Proyektor EB-E600 dan EB-X600. Kedua proyektor tersebut merupakan pengembangan dari seri EB-E500 dan EB-X500. Proyektor EB-E600 dan EB-X600 dirancang dengan fitur-fitur canggih agar dapat berkinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan perkantoran.

Demi mendukung industri lokal, kedua proyektor tersebut juga memenuhi persyaratan TKDN. Proyektor-proyektor ini akan mulai tersedia di pasar pada Agustus 2024. Epson merupakan yang terdepan dalam pasar proyektor dengan pangsa pasar tertinggi 51,2% (future source).

"Peluncuran EB-E600 dan EB-X600 membuktikan dedikasi dan komitmen kami secara terus-menerus untuk menyediakan teknologi proyektor terbaik kepada dunia Pendidikan Indonesia dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Kami bangga bahwa produk-produk ini dibuat dengan komponen lokal yang signifikan, sehingga mampu mendukung industri lokal dalam menciptakan lapangan kerja dan memperkuat industri manufaktur dalam negeri," ucap Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Corporate Product Epson Indonesia.

Proyektor EB-X600 memiliki kecerahan sampai 3600 lumens baik putih maupun warna. Gambar hasil proyeksi proyektor ini cerah, tajam dan nyaman di mata, bahkan saat dalam ruangan yang terang. Ketajaman dan detail gambar saat menampilkan teks berwarna didukung oleh resolusi XGA dan rasio kontras 16.000:1.

Proyektor ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama dengan memanfaatkan daya lampu 210 W. Proyektor ini bisa dipakai sampai 6.000 jam dalam mode normal dan 12.000 jam dalam mode ekonomis. Lampu tersebut dapat mengurangi frekuensi penggantian lampu dan biaya perawatan.

Serangkaian terminal input juga menawarkan fleksibilitas pada proyektor. Jajaran input tersebut mencakup dua D-Sub15 (VGA), Composite Video (RCA), HDMI, serta USB tipe-A dan tipe-B. Audio input RCA Stereo mini jack dan audio output stereo mini tetap tersedia pada proyektor walau sudah mengadopsi speaker internal 5 W Mono. Kehadiran I/O tersebut disajikan untuk memudahka dalam menghubungkan perangkat audio eksternal.

Fitur keystone correction vertikal dan horisontal dengan rentang +/- 30 derajat pada proyektor memudahkan saat presentasi. Penyesuaian gambar agar proporsional pun dapat dilakukan walau posisi proyektor tidak sejajar dengan layar berkat fitur Auto Keystone.

Proyektor ini mudah dipindahkan berkat dimensi 302 x 92 x 249 mm yang ringkas dan bobot hanya 2.7 kg. Konektivitas proyektor juga didukung jaringan LAN RJ45 yang memungkinkan pemantauan dan pengendalian proyektor dari jarak jauh. Opsi ini juga memungkinkan untuk presentasi tanpa membutuhkan kabel.

Fitur-fitur pada proyektor EB-E600 dan EB-X600 menjadikan proyektor ini menjadi pilihan tepat sektor pendidikan dan perkantoran.

Baca juga:  Sertifikasi TKDN Allied Telesis Indonesia Dukung Pembelajaan Lokal Dalam Negeri

2. Printer AM-C400 & AM-C550 

Portofolio printer multifungsi berukuran A4 diperluas Epson dengan menghadirkan printer AM-C400 & AM-C550 yang berteknologi line inkjet. Printer ini merupakan solusi pencetakan perkantoran dengan produktivitas tinggi yang ramah lingkungan berkat fitur-fitur canggih yang diusungnya. Kedua printer dirancang untuk memenuhi persyaratan TKDN demi mendukung inisiatif pemerintah Indonesia meningkatkan penggunaan PDN.

"Peluncuran AM-C400 dan AM-C550 menunjukkan komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan industri lokal melalui teknologi inovatif dan penggunaan komponen lokal. Kami yakin bahwa produk-produk ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan kami serta berkontribusi pada penguatan ekonomi nasional," ucap Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

Printer ini memiliki teknologi Heat Free (bebas panas) dan printhead precision core AM-C400 dan AM-C550. Fitur-fitur andalannya mencakup kecepatan cetak tinggi, kualitas cetak superior dan konsumsi energi yang efisien. Berikut ini adalah beberapa fitur dan teknologi yang diusung oleh printer tersebut:

  • Eco Conscious (Ramah lingkungan) berkat konsumsi daya yang rendah (hanya 95 W). Hal ini dapat menghemat biaya dan mengurangi emisi karbon sampai 85%
  • High Print Speed (Kecepatan cetak tinggi) dengan kecepatan konsisten menggunakan printhead statis. Kecepatan mencetak AM-C400 sampai 40 halaman per menit, dan AM-C550 sampai 55 halaman per menit. Kemampuan tersebut memastikan produktivitas tinggi untuk setiap pencetakan
  • Compact Size (Ukuran ringkas) yaitu hanya 465 x 490 x 570 mm, sehingga ideal untuk ditempatkan di ruang perkantoran bahkan di area terbatas
  • Stress Free (Bebas stres) dengan suku cadang dan barang habis pakai yang dapat mengurangi frekuensi perawatan serta kapasitas tinta yang tinggi. Hal ini memampukan printer mencetak dalam jumlah banyak tanpa harus mengganti tinta secara berulang, sehingga meningkatkan produktivitas bekerja.

Selain fitur – fitur tersebut, AM-C400 dan AM-C550 juga memiliki fitur andalan berikut ini:

  • New Scanner Glass Size dengan ukuran kaca pemindai lebih besar sehingga dapat memindai sampai ukuran Legal/F4. Fitur ini memungkinkan untuk memindai dokumen-dokumen legal seperti sertifikat, akta, ijazah dan lain-lain
  • Software Solutions dengan Epson Print Admin (EPA), sehingga mendukung solusi pengelolaan pencetakan tanpa server. Solusi ini bahkan dapat membatasi pencetakan, pengalokasian kuota dan layanan keamanan cetak sampai memberikan laporan pencetakan lebih detail ke setiap pengguna. Epson juga melengkapi perangkat Epson Remote Service (ERS) yang memampukan pengguna memantau dan melakukan perbaikan dari jarak jauh dengan melalui koneksi internet.

3.   Tiga Tipe Scanner Terkini

Scanner terkini Epson ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna perkantoran dalam melakukan digitasi dokumen dengan produktivitas tinggi dan oprasional yang efisien. Produk scanner terbaru ini juga dirancang dan diproduksi oleh talenta lokal Indonesia. Epson memanfaatkan bahan baku daur ulang sampai 34% sebagai wujud komitmen keberlanjutan perusahaan.

Tiga model scanner yang diluncurkan Epson adalah sebagai berikut:

  1. ES-C380W dengan kecepatan memindai 30 lembar per menit secara simpleks dan 60 gambar per menit secara dupleks. Scanner ini dilengkapi pengumpan dokumen sebanyak 20 lembar, ringan dengan bobot kurang dari 2 kg. Konektivitas scanner didukung koneksi USB dan nirkabel (WiFi Direct). Kemudahan penggunaan scanner juga didukung LCD layar sentuh 2,4 inci.
  2. ES-C320W dan DS-C330 yang merupakan pengembangan dari model terdahulu.

Kemudahan penggunaan scanner untuk kebutuhan kantoran juga didukung fitur-fitur sebagai berikut:

  • Scan to USB Drive pada ES-C380W dapat memindai langsung ke flashdisk atau harddisk eksternal. Fitur ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam menyimpan dan mengelola dokumen digital
  • Kecepatan dan kualitas dengan kecepatan pemindaian yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas hasil pemindaian, menjadikannya solusi ideal untuk lingkungan kerja yang sibuk
  • Portabilitas dengan desain yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dibawa dan digunakan di berbagai lokasi yang berbeda. Desain ini mendukung mobilitas tinggi bagi para profesional.
  • Kemudahan penggunaan dengan fitur antarmuka yang intuitif serta konektivitas yang mudah. Fitur-fitur ini termasuk opsi nirkabel pada model ES-C320W dan ES-C380W, memastikan pengguna dapat melakukan digitasi dokumen dengan cepat dan efisien
  • Keamanan Data dengan fitur-fitur keamanan yang memastikan data yang dipindai aman dari akses tidak sah.
"Peluncuran produk scanner ini merupakan komitmen Epson untuk terus mendukung program pemerintah dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui proses digitasi dengan memanfaatkan jajaran produk scanner yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan serta sekaligus meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN)," ucap Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Corporate Product Epson Indonesia.

Peluncuran produk-produk terbaru ini, diharapkan Epson dapat berkontribusi nyata dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bisnis di Indonesia. Upaya ini juga diharapkan dapat mendukung pencapaian Pemerintah terhadap sasaran penyerapan PDN yang ditetapkan. 

Share:

Artikel Terkini