Epson Luncurkan ML-13000, Printer In-Line Monna Lisa Direct-to-Fabric Berkelanjutan Epson Luncurkan ML-13000, Printer In-Line Monna Lisa Direct-to-Fabric Berkelanjutan ~ Teknogav.com

Epson Luncurkan ML-13000, Printer In-Line Monna Lisa Direct-to-Fabric Berkelanjutan


Teknogav.com
– Epson meluncurkan seri printer Monna Lisa Direct-to-Fabric terkininya, yaitu ML-13000. Printer  ini merupakan solusi all-in-one yang tidak membutuhkan peralatan tambahan untuk pengukusan, pencucian dan perawatan pra-cetak dan pasca-cetak. Kini pencetakan tekstil digital langsung ke kain dipadukan dalam satu langkah pencetakan sehingga meningkatkan produktivitas sambil menghemat energi dan air. Pencetakan menggunakan tiga jenis bahan kimia pra-pemrosesan dan pasca-pemrosesan (pra-perawatan, lapisan pelindung dan penguat kepadatan), serta tujuh tinta warna cerah.

Industri tekstil merupakan penyumbang sekitar 15-20% limbah air industri di seluruh dunia. Sekitar setengah dari tekstil dunia dihasilkan dari industri tekstil di Asia Timur. Teknologi pencetakan digital tradisional membutuhkan proses terpisah untuk pra-cetak dan pasca-cetak. Setiap langkah proses menggunakan banyak air dan listrik. 

Proses-proses tersebut dipersingkat oleh printer ML-13000 besutan Epson ini. Printer tersebut juga menghadirkan teknologi canggih yang dapat diandalkan, sehingga mengurangi jejak karbon dan meningkatkan efisiensi. Jika dibandingkan peralatan pencetakan tekstil konvensional, maka printer ini dapat dipasang di lingkungan kerja dengan lebih ringkas.

Baca juga: Epson SureColor F2230 Janjikan Kualitas Cetak Garmen yang Superior

Pengurangan Jejak Karbon dan Cetakan Berkelanjutan

Langkah-langkah pra-pemrosesan dan pasca-pemrosesan pada pencetakan berbasis pewarna konvensional dihilangkan pada ML-13000, sehingga mengurangi limbah air industri dan konsumsi air. Printer ML-13000 juga mencetak sesuai permintaan sehingga mengurangi limbah kain. Standar lingkungan juga dipenuhi bahan kimia pemrosesan dan tinta pigmen GENESTA. Sertifikasi yang memenuhi standar mencakup ECO PASSPORT, persetujuan bluesign®, Kepatuhan ZDHC MRSL Level 3, dan persetujuan GOTS oleh ECOCERT.
 

Pencetakan pada kain katun menggunakan Epson Monna Lisa ML-13000

Teknologi Pencetakan Digital

Fitur-fitur canggih pada printer ML-13000 merupakan inovasi dalam dunia teknologi pencetakan sehingga memastikan keandalan kualitas gambar. Kemampuan ini cocok untuk memenuhi kebutuhan pencetakan kelas atas. Perpaduan teknologi Precision Dot Epson dan teknologi halftone multi-layer menyajikan hasil cetak yang tajam dan detail atau graininess. Kualitas dan akurasi cetak disajikan oleh Printhead PrecisionCore Micro TFP dan Teknologi Precision Dot.

Reproduksi warna yang presisi dijamin oleh penyesuaian warna simetris pinter. Sementara itu kontrol posisi sabuk menjaga pengumpanan kain yang halus. Hasil cetak pun tampil dengan warna-warna cerah, detail halus dan pola rumit. Kualitas dan produktivitas yang ditawarkan printer ML-13000 cocok untuk pencetakan haute couture atau mode siap pakai.

Baca juga: Epson SureColor, Printer Tekstil dengan Opsi Tinta Warna Beragam

Operasi Stabil dengan Waktu Henti Minimal

Mekanisme pembersihan canggih dan fungsi penyesuaian otomatis memungkinkan operasi stabil dengan kegunaan yang belum pernah ada sebelumnya. Penyumbatan nozzle dapat ditunjukkan teknologi verifikasi nozzle yang mendeteksi titik-titik yang hilang. Teknologi tersebut juga bisa menyesuaikan pengiriman tinta untuk mempertahankan kualitas gambar dan mengurangi kesalahan pencetakan. 

Nozzle printhead secara otomatis dibersihkan secara terus menerus oleh rol pembersih kain yang mudah diganti. Tinta berlebih juga dapat dicegah menempel pada permukaan nozzle dengan sistem ekstraksi kabut tinta. Fitur-fitur tersebut tentunya dapat mengurangi pekerjaan pemeliharaan manual harian.

Epson ML-13000, Printer In-Line Monna Lisa Direct-to-Fabric

Penggantian dan penyesuaian printhead yang cepat dan presisi dilakukan teknologi penyelarasan printhead dan fungsi kalibrasi otomatis yang didukung kamera RGB. Produksi tanpa henti juga bisa dilakukan dengan kartrid tinta ganda 1,6 liter yang dapat diganti panas.

Baca juga: Epson Berkolaborasi dengan AFDS untuk Tingkatkan Kesadaran tentang Mode Berkelanjutan

Fitur-fitur Tambahan Printer ML-13000

Berikut ini adalah fitur-fitur tambahan pada printer ML-13000:

  • Panel sentuh LCD 10,1 inci yang menampilkan status printer saat ini, instruksi pengoperasian, dan prosedur pemeliharaan rutin.
  • Tinta pigmen GENESTA dan bahan kimia pra-pemrosesan dan pasca-pemrosesan memberikan fleksibilitas untuk mencetak pada berbagai jenis kain. Jenis-jenis kain tersebut termasuk kain alami, sintetis, dan campuran untuk berbagai aplikasi.
  • Perangkat lunak Epson Edge Print PRO X series RIP mendukung Adobe PDF Print Engine (APPE). Teknologi tersebut terkemuka di industri dan dilengkapi dengan rendering 16-bit baru. Ini juga mencakup fungsi step and repeat, folder panas, alat analisis biaya cetak, dan penyesuaian warna untuk mencocokkan warna spot.
  • Epson Cloud Solution PORT menyediakan tampilan langsung produksi armada printer, pemanfaatan peralatan, dan informasi layanan untuk mengelola efisiensi dan mengoptimalkan alur kerja pencetakan Epson. 

“Epson sekali lagi merevolusi industri pencetakan tekstik dengan memperkenalkan Monna Lisa ML-13000. Kami bangga menawarkan solusi yang berkelanjutan dan efisien memenuhi standar lingkungan sambil menyajikan cetakan berkualitas dan produktivitas. ML-13000 adalah inovasi bagi produsen dan desainer, dan kami sangat antusias melihat dampaknya terhadap industri ini,” ucap Lina Mariani, Head of LFP & IIJ Epson Indonesia.

Monna Lisa ML-13000 tersedia di Indonesia mulai Juli 2024. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs resmi Epson atau toko Dealer Resmi Epson.

Share:

Artikel Terkini