MediaTek Terus Dukung Pertumbuhan Teknologi AI Generatif di Berbagai Sektor MediaTek Terus Dukung Pertumbuhan Teknologi AI Generatif di Berbagai Sektor ~ Teknogav.com

MediaTek Terus Dukung Pertumbuhan Teknologi AI Generatif di Berbagai Sektor

Teknogav.com – MediaTek menyampaikan perkembangan terkini mengenai perusahaan dan tren teknologi di pasar lokal Indonesia pada Media Gathering 2024. Selama hampir empat tahun berturut-turut, MediaTek telah menduduki peringkat pertama dunia vendor cipset seluler sejak kuartal ke-3 2020. MediaTek menekankan bahwa Asia Tenggara berada di antara tiga pasar dengan Total Addressable Market (TAM) smartphone 50% di tahun 2023. Angka tersebut makin menegaskan posisi MediaTek dalam memenuhi permintaan pelanggan teknologi modern, terutama di Asia Tenggara.

Teknologi Masa Depan yang Fokus pada AI

Besarnya potensi AI dalam mendorong inovasi dan efisiensi di berbagai aplikasi disadari MediaTek. Teknologi AI dan AI generatif dipandang MediaTek sebagai peluang penting dan transformatif yang akan membentuk masa depan teknologi. Seiring terus berkembangnya teknologi AI, MediaTek terus bertujuan untuk menjadi yang terdepan. Keahlian MediaTek dimanfaatkan untuk mengembangkan solusi demi memenuhi permintaan pelanggan dan industri di seluruh dunia yang terus meningkat.

Baca juga: MediaTek akan Integrasikan NVIDIA TAO ToolKit dengan NeuroPilot SDK

Perkiraannya pada tahun 2030 seluruh industri dan aplikasi akan menggunakan Gen-AI, serta kebutuhan silikon meningkat. Gen-AI akan memicu pertumbuhan lintas pasar MediaTek, termasuk untuk smartphone, kendaraan, pusat data, chromebook, smart TV dan IoT. Pada tahun 2023, pasar smartphone yang didukung Gen-AI masih kurang dari 5 juta unit atau 0,4%. Kehadiran Gen-AI dimulai dari perangkat flagship di tahun 2025. Gen-AI diperkirakan tersedia untuk seluruh segmen perangkat pada tahun 2027 yang menapai 583,2 juta unit atau 46%.

Baca juga: Picu Inovasi AI, MediaTek Hadirkan Program Rich IoT

Penerapan Gen-AI pada perangkat edge mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Text-to-image pada media sosial
  • Text-to-speech saat main game
  • Text-to-music pada musik
  • Text-to-text/image pada chatbot sosial
  • Text-to-text pada Q&A berbasis prompt
  • subitusi suara nyanyian pada musik
  • image-to-image pada penyuntingan foto
  • image-to-image pada streaming

Contoh penerapan-penerapan ini berjalan pada perangkat yang menggunakan chipset Dimensity 9300 dan Dimensity 8300.

Finbarr Moynihan, Vice President Coorporate Marketing dari MediaTek

“Kami berada di posisi strategis sebagai pendorong pertumbuhan teknologi AI Generatif di banyak aplikasi, tidak hanya pada ponsel pintar, chromebook, dan TV pintar, namun juga solusi otomotif dan solusi cerdas yang akan sangat dipengaruhi oleh teknologi AI. Selain itu, MediaTek kini berfokus pada pusat data cloud. Infrastruktur cloud dan pusat data untuk teknologi AI sangatlah penting, dan kami melihat peluang besar bagi MediaTek di sana,” ucap Finbarr Moynihan, Vice President Coorporate Marketing dari MediaTek. 

Baca juga: MediaTek dan NVIDIA Berkolaborasi Hadirkan Chipset untuk Industri Otomotif

Keterlibatan Lokal di Indonesia

Pangsa pasar MediaTek di pasar prosesor smartphone mencapai hampir 64% di Indonesia. Pencapaian ini mencerminkan teknologi inovatif MediaTek dan kuatnya komitmen pada kemitraan lokal. Tingkat penetrasi smartphone 5G di Indonesia juga diperkirakan akan terus meningkat sehingga turut memicu pertumbuhan lebih lanjut. MediaTek juga mendukung industri FinTech dalam pembayaran non-tunai melalui solusi IoT yang memicu inovasi dan pertumbuhan teknologi digital di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini