Epson Resmikan Pabrik Proyektor Buatan Indonesia di Cikarang Epson Resmikan Pabrik Proyektor Buatan Indonesia di Cikarang ~ Teknogav.com

Epson Resmikan Pabrik Proyektor Buatan Indonesia di Cikarang

Teknogav.com – Epson meresmikan lini produksi proyektor pertama  mereka di Indonesia yang  berlokasi di Kawasan Industri EJIP, Cikarang. Kehadiran pabrik ini membuktikan komitmen Epson dalam mendukung program pemerintah untuk memperkuat industri lokal dan konsumsi Produk Dalam Negeri (PDN). Pabrik ini memperkuat kehadiran Epson di pasar Indonesia dan perkembangan teknologi lokal melalui proyektor LCD karya anak bangsa. Para talenta Indonesia merancang dan memproduksi Proyektor LCD sepenuhnya untuk diproduksi dan dikirim.

Peresmian pabrik proyektor Epson ini merupakan pencapaian besar Epson yang menunjukkan komitmen Epson sebagai pemimpin pasar proyektor. Para pemangku kepentingan Epson turut menghadiri peresmian ini, yaitu sebagai berikut:

  • Takaso Tomoo, Executive Officer & Chief Operating Officer, Visual Product Operation Division, Seiko Epson Corporation
  • Siew Jin Kiat, Regional Managing Epson Southeast Asia
  • Emile Pattiwael, Presiden Direktur PT Indonesia Epson Industry

Para pejabat pemerintahan juga turut hadir dalam peresmian pabrik proyektor Epson ini. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Ekko Harjono, Asisten Deputi Koordinasi Bidang Perniagaan dan Industri yang mewakili Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  • Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) yang mewakili Kementerian Perindustrian
  • Heru Kustanto, Kepala Pusat Pengingkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)


"Proyektor buatan anak bangsa ini adalah bukti nyata dari komitmen Kami untuk terus berinovasi dan mendukung pengembangan teknologi di Indonesia. Kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak lagi bagi kemajuan Industri Teknologi di Indonesia," ucap Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia. 

Baca juga: Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN

Epson berharap pabriknya di Indonesia akan menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi proyektor di Indonesia. Kehadiran pabrik ini didukung prestasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang telah diraih Epson Indonesia. Harapannya, Epson juga dapat mendistribusikan produknya ke seluruh dunia.

Lebih dari 50 produk Epson meliputi printer, proyektor dan scanner telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Jumlah tersebut akan terus bertambah di masa mendatang. Hal tersebut diapresiasi Ekko Harjanto selaku Asisten Deputi Pengembangan Industri, Deputi V Bidang Kordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Kordinator Perekenomian.

“Selamat kepada 56 sertifikat TKDN yang dimiliki Epson, sebagai pioneer produksi penjualan ke berbagai negara melalui prestasinya yang hingga kini dapat melakukan ekspansi distribusi secara langsung,” ucap Ekko Harjanto.

Peran dan upaya Epson Indonesia juga diapresiasi Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Menurutnya, pengembangan produk elektronika di dalam negeri yang dilakukan Epson selaras dengan program peningkatan nilai tambah industri yang dicanangkan pemerintah. Produk-produk Epson tersebut mencakup printer dan proyektor LCD.

“Kami juga berharap proyektor LCD buatan Epson dapat merambah ke pasar ekspor, selain tentunya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri,” ucap Priyadi Arie Nugroho.

Baca juga: Gelar Media Gathering, Epson Paparkan Kinerja dan Kegiatan Tahun 2023

Pabrik baru Epson tersebut dibekali teknologi mutakhir untuk meningkatkan efisiensi produksi dan pengurangan dampak lingkungan. Luas area pabrik sekitar 30.000 m2 dengan fasilitas yang mampu memproduksi berbagai produk inovatif Epson. Produk-produk tersebut termasuk proyektor, printer, scanner dan perangkat elektronik lain.

“Ekspansi cepat sektor elektronik tidak hanya meningkatkan kapabilitas teknologi Indonesia, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendorong kemajuan di sektor Ekonomi,” ucap Heru Kustanto, Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Prestasi Epson tak terpisahkan dari kemajuan bangsa Indonesia. Epson memiliki tiga perusahaan utama yang beroperasi di Indonesia, yaitu:

  • PT Epson Indonesia
  • PT Indonesia Epson Industry
  • PT Epson Batam

Peresmian pabrik proyektor di Cikarang ini dapat melengkapi portfolio produk dan pabrik Epson di Indonesia. Sebelumnya, PT Indonesia Epson Industry dan PT Epson Batam sudah memproduksi printer, scanner, dan tinta. Kini produksi tersebut ditambah dengan proyektor yang dirancang dan diproduksi di Indonesia sebagai Karya Anak Bangsa.

Epson berkomitmen untuk terus berkarya di Indonesia, menghasilkan produk yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Kontribusi Epson cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan menyumbang sekitar 15% dari total nilai ekspor elektronika Indonesia.

Keterlibatan masyarakat lokal membantu Epson dalam membangun tenaga kerja yang terampil. Hal ini juga menunjukkan dedikasi Epson dalam memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas tempat beroperasi. Dukungan talenta-talenta Indonesia juga membantu memastikan produk yang dibuat benar-benar mencerminkan kebutuhan dan keinginan pasar lokal. Keterlibatan mereka juga memperkuat posisi Epson sebagai merek yang bertanggung jawab secara sosial.

Peresmian pabrik Epson membuktikan Indonesia memiliki tenaga kerja berkualitas yang dapat menghasilkan produk-produk berkualitas. Dibukanya pabrik tersebut juga dapat menambah nilai investasi Epson di Indonesia. Pabrik ini memperkuat posisi Epson di pasar Indonesia dan memberikan peluang baru bagi talenta lokal untuk berkontribusi mengembangkan teknologi proyektor.

Baca juga: Definisikan Tujuan Perusahaan, Epson Berupaya untuk Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan

Data  Futuresource Consulting pada periode tahun fiscal FY23, menunjukkan Epson memimpin pangsa pasar proyektor global dan Indonesia sekitar 51%. Angka tersebut menunjukkan Epson dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna sekaligus menetapkan standar produk berkualitas tinggi pada pasar proyektor. Ini produk proyektor luas dan lengkap, baik untuk dunia pendidikan, dunia perkantoran, industri kreatif serta pengguna rumahan.

Kelebihan Pabrik Baru Epson di Cikarang:

  1. Teknologi Ramah Lingkungan yang menggunakan sistem pengelolaan limbah yang canggih dan tenaga listrik yang bersumber dari energi biomassa terbarukan
  2. Peningkatan Kapasitas Produksi sampai 30%. Tambahan fasilitas ini memungkinkan Epson meningkatkan kapasitas produksinya sehingga memastikan pasokan produk berkualitas tinggi kepada konsumen di seluruh Asia Tenggara.
  3. Penciptaan Lapangan Kerja yang membuka lebih dari 1.000 lapangan kerja baru, sehingga berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal

“Peresmian pabrik ini adalah bagian dari komitmen Epson untuk terus berinovasi dan memberikan produk terbaik bagi para pelanggan kami. Kami percaya adanya pabrik terbaru ini akan menjadi pusat produksi yang unggul dan berkelanjutan, mendukung pertumbuhan bisnis di kawasan kami,” ucap Emile Pattiwael, Presiden Direktur PT Indonesia Epson Industry.

Share:

Artikel Terkini