Huawei OptiX Club 2024 Bahas F5G-A sebagai Landasan Kecerdasan Industri Huawei OptiX Club 2024 Bahas F5G-A sebagai Landasan Kecerdasan Industri ~ Teknogav.com

Huawei OptiX Club 2024 Bahas F5G-A sebagai Landasan Kecerdasan Industri

Teknogav.com - OptiX Club merupakan acara tahunan yang digelar Huawei sebagai platform bertukar pengalaman teknis dalam industri serat optik. Platform ini memfasilitasi diskusi para mitra industri global mengenai tren dan solusi industri terbaru. Tujuan acara ini adalah untuk mendorong kemajuan industri di masa depan. OptiX Club 2024 mengusung tema seputar konektivitas optik dan keberlanjutan digital, yaitu “F5.5G Advanced (F5G-A), the Foundation of Industrial Intelligence”. 

“Kecerdasan industri telah menciptakan tren baru pada industri serat optik. Terlebih lagi, F5G-A juga telah membuka jalan menuju evolusi teknologi yang komprehensif di masa depan. Dengan posisi yang kuat dalam ekosistem serat optik, Huawei terus mengeksplorasi teknologi serat optik yang inovatif untuk mewujudkan kecerdasan industri. Harapannya pelanggan, mitra, dan Huawei, dapat mewujudkan lebih banyak pencapaian dalam kecerdasan industri dalam waktu dekat dengan terus berbagi praktik dan inovasi terbaik. Upaya ini seperti yang kami lakukan hari ini di OptiX Club 2024," ucap Jeffrey Chen, Director of Huawei Asia Pacific Region Optical.

Baca juga: Huawei Optix Club 2023 Paparkan Produk dan Solusi F5G Terkini

Jeffrey Chen, Director of Huawei Asia Pacific Region Optical

Konektivitas dan sensor serat optik telah menjadi landasan transformasi industri cerdas. Kecerdasan industri melahirkan tiga tren utama dalam industri ini, yakni Fiber-in Copper-out, fgOTN-in SDH-out, dan Optical-Sensing-in Hard-Work-out.

Huawei menawarkan Solusi FTTO 2.0 generasi terbaru, dengan teknologi XGS-PON Pro dan Wi-Fi 7 untuk jaringan kampus berskala menengah dan besar. Penerapan jaringan tersebut dapat dilakukan di sektor pendidikan, kesehatan, perhotelan dan industri manufaktur. Penggunaan solusi tersebut untuk meningkatkan bandwidth, jaringan, pengalaman, dan O&M. Pada penggunaan koneksi di dalam ruangan, solusi tersebut bisa mencapai 12,5/25G. Sedangkan untuk koneksi titik akses (AP) mencapai 2,5/10G. Solusi ini bisa digunakan untuk membangun jaringan kampus all-optical berkapasitas 10 Gbps yang ramah lingkungan.

Baca juga: Huawei Gelar OptiX Club, Pameran Teknologi Optik dan Diskusi Tren Industri

 OptiX trans E6600 besutan Huawei merupakan produk transmisi optik yang mendukung standar fine garing OTN (fgOTN). Solusi ini memudahkan pelanggan membangun jaringan komunikasi yang andal di era  kecerdasan. Jaringan produksi di sektor energi dan transportasi cocok menggunakan solusi tersebut.

Huawei juga menyediakan platform data center interconnect (DCI) generasi terkini, yaitu Huawei OptiX trans DC908. Platform ini mendukung Tbps per wavelength yang menjamin transmisi layanan yang efisien, aman dan andal.

Baca juga: HPSnet Sediakan Layanan Jaringan Berkapasitas Tinggi di B3JS dan BDMCS

“Huawei selalu berada di garis depan pengembangan teknologi fixed broadband. Fiber-to-the-room (FTTR) menjadi salah satu terobosan kunci untuk memperluas konektivitas. Peningkatan bandwidth hingga 100Mbps sangat penting untuk meningkatkan kualitas internet di Indonesia," Arki Rifazka, Ketua Pelaksana Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ajang OptiX Club 2024 dihadiri lebih dari 200 perwakilan mitra Industri Huawei dan sejumlah instansi lainnya. Para mitra Huawei tersebut termasuk PT Eka Mas Republik (MyRepublic) dan BIZNET. Mereka berbagi pengalaman mengenai kerja sama dengan Huawei untuk membangun all-optical network.

Kerja sama dan kemitraan yang dijalan antara MyRepublic dengan Huawei telah terjalin selama bertahun-tahun. Jalinan tersebut diapresiasi oleh Hendra Gunawan, Chief Technology Officer PT Eka Mas Republik (MyRepublic). Beliau menegaskan kembali nilai utama perusahaannya dalam menawarkan kualitas Internet premium bagi para pelanggan.

“Menyediakan internet yang andal dan stabil adalah strategi MyRepublic untuk tampil sebagai pemenang dalam pasar fiber-to-the-home (FTTH) yang kompetitif,” ucap Hendra.

OptiX Club sudah menyelenggarakan lebih dari 200 acara di 40 negara di seluruh dunia sejak diluncurkan tahun 2020. Huawei pun membuka perekrutan anggota OptiX Club di seluruh dunia pada April 2024. Kemudian OptiX Club menyelenggarakan sejumlah acara untuk para anggotanya pada tahun 2024. Huawei mendorong terjalinnya lebih banyak pertukaran informasi dengan melibatkan vendor, user, peneliti dan analis industri optik dari seluruh dunia. Informasi tersebut mencakup standar industri, tren pengembangan komunikasi dan aplikasi serat optik, dan penggunaan komersial. Selain itu juga saling berbagi mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh kecerdasan digital industri.

Huawei Indonesia konsisten menyelenggarakan berbagai program untuk meningkatkan ekosistem digital melalui berbagi pengetahuan dan teknologi. Upaya ini demi berkontribusi dan menciptakan nilai untuk membangun Indonesia yang terhubung secara menyeluruh, berorientasi pada 5G, lebih cerdas, digital, dan ramah lingkungan. Hal ini sesuai pedoman empat pilar komitmen 'Huawei I DO', yang terdiri dari I Do Care, I Do Collaborate, I Do Create, dan I Do Contribute.

Share:

Artikel Terkini