NVIDIA Umumkan Peningkatan pada Model AI Generatif dan Layanan Mikro NIM NVIDIA Umumkan Peningkatan pada Model AI Generatif dan Layanan Mikro NIM ~ Teknogav.com

NVIDIA Umumkan Peningkatan pada Model AI Generatif dan Layanan Mikro NIM

Teknogav.com - NVIDIA mengumumkan peningkatan besar pada Universal Scene Description, atau OpenUSD. Peningkatan tersebut akan memperluas adopsi kerangka pertukaran data 3D universal ke robotika, desain dan teknik industri. Kemajuan ini mempercepat kemampuan pengembang untuk membangun dunia virtual yang sangat akurat untuk evolusi AI berikutnya. 

Pengembangan aplikasi untuk memvisualisasikan proyek desain dan rekayasa industri kini dapat dilakukan oleh lebih banyak industri. Hal tersebut dapat dilakukan berkat kehadiran model AI generatif baru berbasis OpenUSD dan kerangka kerja pengembangan yang dipercepat NVIDIA. Model tersebut dibangun pada platform NVIDIA Omniverse. Kehadiran model AI generatif baru ini juga dapat digunakan mensimulasikan lingkungan untuk membangun gelombang AI fisik dan robot berikutnya. 

Penawaran baru NVIDIA mencakup layanan mikro NVIDIA NIM untuk model AI yang dapat melakukan beberapa hal berikut ini: 

  • menghasilkan bahasa OpenUSD untuk menjawab pertanyaan pengguna
  • menghasilkan kode Python OpenUSD 
  • menerapkan materi ke objek 3D
  • memahami ruang 3D dan fisika untuk membantu mempercepat pengembangan digital twin

Penghubung USD baru ke format data robotika dan simulasi industri serta alat pengembang juga memungkinkan pengguna melakukan streaming kumpulan data besar yang sepenuhnya ditelusuri dengan sinar NVIDIA RTX ke Apple Vision Pro. 

Baca juga:  Masuki Luasnya Portal Dunia OpenUSD dengan NVIDIA Omniverse

Rev Lebaredian, wakil presiden Omniverse dan teknologi simulasi di NVIDIA mengatakan bahwa ledakan AI generatif untuk industri berat telah tiba. Saat ini dunia digital banyak dimanfaatkan oleh industri kreatif. Kini, semua jenis industri bisa membangun dunia virtual berbasis fisik dan digital twin untuk memicu inovasi. Hal ini dapat dilakukan berkat penyempurnaan dan aksesibilitas dari layanan mikro NVIDIA NIM ke OpenUSD. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan sambil mempersiapkan gelombang AI berikutnya, yaitu robotika.

AI Generatif Hadir dalam USD dengan NVIDIA NIM

Model AI generatif untuk pengembangan OpenUSD yang dikembangkan NVIDIA, akan tersedia sebagai layanan mikro NVIDIA NIM. Pengembang dapat mengembangkan kopilot dan AI generatif ke dalam alur kerja USD dengan menggunakan model ini. Selain itu, kemungkinan dalam dunia 3D juga bisa diperluas dan membanri mempercepat adopsi USD di berbagai sektor industri baru, seperti manufaktur, otomotif, dan robotika. 

Berikut ini adalah layanan mikro yang tersedia dalam pratinjau:

  • USD Code NIM untuk  menjawab pertanyaan pengetahuan umum OpenUSD. Layanan ini dapat otomatis menghasilkan kode OpenUSD-Python berdasarkan perintah teks yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam aplikasi tampilan OpenUSD. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup usdview dari Pixar, atau aplikasi berbasis NVIDIA Omniverse Kit untuk memvisualisasikan terkait data 3D.
  • USD Search NIM  yang memungkinkan pengembang mencari melalui perpustakaan besar OpenUSD, 3D, dan data gambar menggunakan bahasa alami atau input gambar

  • USD Validate NIM  memeriksa kompatibilitas file yang diunggah dengan versi rilis OpenUSD dan menghasilkan gambar yang sepenuhnya dirender RTX dan ditelusuri jalurnya, didukung oleh API NVIDIA Omniverse Cloud, atau antarmuka pemrograman aplikasi.

Berikut ini adalah layanan mikro NIM yang baru diumumkan dan akan segera tersedia:
  • USD Layout NIM  memungkinkan pengguna menyusun adegan berbasis OpenUSD dari serangkaian perintah teks berdasarkan kecerdasan spasial.

  • USD SmartMaterial NIM untuk memprediksi dan menerapkan bahan realistis pada objek desain dengan bantuan komputer

  • fVDB Mesh Generation NIM untuk menghasilkan mesh berbasis OpenUSD, yang dirender oleh Omniverse Cloud API, dari data point-cloud

  • fVDB Physics Super-Res NIM  menjalankan AI SuperResolution pada bingkai atau rangkaian bingkai untuk menghasilkan simulasi fisika resolusi tinggi berbasis OpenUSD
  • fVDB NeRF-XL NIM  menghasilkan bidang pancaran saraf berskala besar di OpenUSD menggunakan Omniverse Cloud API

Perusahaan manufaktur global Foxconn sudah memperoleh manfaat dari platform komputasi NVIDIA. Layanan mikro NIM dan Omniverse digunakan Foxconn untuk membuat digital twin dari pabrik yang sedang dikembangkan.

"Digital twin akan membantu kami mempercepat gelombang manufaktur industri dan mesin otonom berikutnya. NVIDIA Omniverse dan layanan mikro NIM baru akan mendemokratisasi kemampuan untuk mengembangkan digital twin dan membantu tim kami membangun pabrik virtual berbasis fisik lebih cepat dari sebelumnya," ucap Dr. Zhe Shi, Chief Digital Officer Foxconn dan kepala platform Smart Manufacturing.

Baca juga: Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas

Adopsi awal layanan mikro USD Search dan USD Code NIM dilakukan WPP, perusahaan layanan pemasaran dan komunikasi. Layanan tersebut diterapkan dalam pipa pembuatan konten berkemampuan AI generatif. Pipa pembuatan konten tersebut dibangun pada NVIDIA Omniverse untuk pelanggan seperti The Coca-Cola Company.

Stephan Pretourius, kepala bagian teknologi di WPP mengatakan bahwa keandalan inovasi ini terletak pada kesesuaiannya dengan cara kita bekerja. Penggunaan standar terbuka pada inovasi dapat mempercepat pekerjaan di masa depan. Selain itu, standar terbuka juga memungkinkan untuk terus mengembangkan dan memperluas manfaat dari semua investasi sebelumnya pada standar seperti OpenUSD.

Menurut Stephan Pretourius, penggunaan layanan mikro NVIDIA NIM dengan NVIDIA Omniverse telah memungkinkan perusahaan meluncurkan alat produksi baru yang inovatif dengan perusahaan seperti The Coca-Cola Company dengan sangat cepat.

Konektor USD Menghadirkan AI Generatif ke Lebih Banyak Industri

Serangkaian konektor USD baru untuk format data robotika dan streaming ke Apple Vision Pro membuka portal interoperabilitas OpenUSD dan pembuatan tingkat lanjut ke lebih banyak industri. 

Kolaborasi NVIDIA dengan Siemens diperluas untuk memfasilitasi lebih banyak beban kerja industri menggunakan OpenUSD. Siemens akan mengintegrasikan jaringan OpenUSD dengan portofolio teknologi simulasi Simcenter untuk mendukung pengambilan keputusan dan kolaborasi berbasis bukti di antara para pemangku kepentingan utama. 

Baca juga: Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas

Integrasi tersebut memungkinkan visualisasi data simulasi kompleks dengan fidelitas tinggi, real-time, dan fotorealistik, memberikan wawasan lebih mendalam mengenai kinerja produk dalam lingkungan pengoperasian dunia nyata. Pekerjaan ini akan melanjutkan upaya Siemens untuk memasukkan Omniverse ke dalam portofolio Manajemen Siklus Hidup Produk Teamcenter. 

NVIDIA juga merilis konektor dari Unified Robotics Description Format ke OpenUSD, yang memungkinkan ahli robotik dengan mudah membawa data robot mereka ke berbagai aplikasi, termasuk untuk desain, simulasi, dan pembelajaran penguatan. 

Demi memajukan perluasan ekosistem OpenUSD, NVIDIA mengumumkan kit pengembangan perangkat lunak OpenUSD Exchange. Kit tersebut memungkinkan pengembang membangun konektor data OpenUSD mereka sendiri yang kuat.

Alat pengembang dan API baru untuk melakukan streaming adegan OpenUSD skala besar dari aplikasi yang dibangun pada platform Omniverse ke Apple Vision Pro melalui NVIDIA Graphics Delivery Network kini tersedia dalam akses awal. 

Steve May, chief technology officer Pixar dan ketua Alliance for OpenUSD (AOUSD) mengungkapkan bahwa OpenUSD merevolusi cara mereka membuat dan berinteraksi dengan konten 3D.

"Sekarang, dengan layanan dan API baru untuk OpenUSD yang dibangun NVIDIA, kami berharap dapat melihat percepatan pertumbuhan dan adopsi USD, membuka jalan bagi pengguna dan industri baru untuk lebih mudah terlibat dengan ekosistem kami," ucap Steve May.

Momentum Ekosistem OpenUSD

NVIDIA ikut mendirikan AOUSD tahun lalu bersama dengan Pixar, Adobe, Apple dan Autodesk. Rilis OpenUSD baru telah diumumkan NVIDIA dan kolaborator lainnya melalui AOUSD

Ketersediaan

Pencarian USD, Kode USD, dan NIM Validasi USD tersedia dalam pratinjau di katalog API NVIDIA. Konektor OpenUSD ke URDF sekarang tersedia dengan NVIDIA Isaac Sim. 

Pengintegrasian AI generatif sudah bisa dilakukan pengembang ke dalam alur kerja OpenUSD. Ipaya ini dilakukan dengan alat pengembang Omniverse baru dan alur kerja referensi untuk membangun pipeline data sintetis berkemampuan AI generatif dengan OpenUSD.

AI generatif terbaru dan komputasi yang dipercepat dapat dipelajari lebih lanjut dengan  mendengarkan obrolan santai pendiri dan CEO NVIDIA Jensen Huang di SIGGRAPH. Konferensi grafis komputer utama tersebut berlangsung sampai 1 Agustus di Denver.

Share:

Artikel Terkini