Pluang Resmi Jadi Bursa Kripto dengan Lisensi Penuh Bappebti Pluang Resmi Jadi Bursa Kripto dengan Lisensi Penuh Bappebti ~ Teknogav.com

Pluang Resmi Jadi Bursa Kripto dengan Lisensi Penuh Bappebti


Teknogav.com - Pluang bersama dengan PT Bumi Sentosa Cemerlang (BSC) resmi mendapatkan lisensi penuh dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Berdasarkan surat nomor 02/BAPPEBTI/PFAK/08/2024, aplikasi investasi dan trading multi aset Pluang resmi menjadi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK). Bappebti yang memegang peran sebagai regulator aset kripto memberikan lisensi kepada Pluang pada 1 Agustus 2024.

Lisensi PFAK ini menjamin perdagangan aset kripto di platform Pluang telah resmi dan sesuai ketentuan perizinan dari Bappebti. Investor kripto pun jadi terlindungi oleh adanya lisensi PFAK. Lisensi ini juga memberikan perlindungan hukum bagi PT BSC di bawah naungan Bappebti dan dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Perolehan lisensi ini demi mematuhi aturan yang ditetapkan dalam Peraturan Bappebti Nomor 13 Tahun 2022. Peraturan merupakan perubahan atas Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 mengenai Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

Baca juga: Pluang Tekankan Peran Generasi Muda dalam Majukan Perekonomian Nasional

“Apresiasi sebesar-besarnya terhadap Bappebti beserta seluruh jajarannya, ekosistem perdagangan aset kripto serta asosiasi terhadap dukungan dan bimbingannya selama ini. Pemenuhan kewajiban ini merupakan bentuk kepatuhan Pluang pada regulasi yang berlaku sebagai platform investasi terdepan yang senantiasa berkomitmen serta tindakannya untuk meningkatkan keamanan serta kepercayaan konsumen melalui terciptanya ekosistem kripto yang solid dan berkelanjutan," ucap Stella Lukman STp, M.H., Chief Operating Officer Pluang.

Proses untuk mendapatkan lisensi PFAK dilakukan PT BSC sejak Juli 2023. Pengajuan lisensi ini demi memastikan proses integrasi perdagangan pasar fisik aset kripto dengan lembaga-lembaga berikut ini:

  • CFX sebagai Bursa Berjangka untuk pelaksanaan pelaporan dan pengawasan pasar
  • KKI (Kliring Komoditi Indonesia) sebagai Lembaga Kliring Perdagangan Berjangka Komoditi untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi
  • ICC (Indonesian Coin Custodian) untuk pengelolaan tempat penyimpanan aset kripto. 

Baca juga: Platform Investasi Pluang dapat Kucuran Dana Tambahan Senilai USD55 Juta

Menurut Stella, proses penting tersebut dilakukan Pluang sebagai wujud dan tanggung jawab dalam menghadirkan pengalaman transaksi aset kripto yang aman. Lisensi ini juga menjamin pengawasan bagi seluruh nasabah Pluang yang berasal dari berbagai kalangan, lintas demografi dan profesi.

Pluang mengajak masyarakat agar lebih bijak berinvestasi, terutama dalam menetapkan tujuan berinvestasi dan mempelajari fungsi aset pilihan. Ajakan ini seiring dengan meningkatnya pamor perdagangan aset kripto sebagai instrumen investasi bagi investor retail Indonesia.

“Kenaikan pamor perdagangan aset kripto sekaligus juga membangkitkan semangat kami untuk memberikan edukasi konsisten kepada para investor dan trader. Kami berkomitmen menyalurkan berbagai variasi konten edukasi melalui berbagai kanal komunikasi yang disajikan secara informatif serta se-relevan mungkin baik online maupun offline, dan dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman pengguna dalam berinvestasi secara bijak,” papar Stella.

Baca juga: Pluang Berkolaborasi dengan Tokocrypto Hadirkan 29 Koin Kripto Baru

Pentingnya berinvestasi melalui pedagang aset kripto yang sudah berlisensi di Indonesia merupakan bagian dari pemahaman dalam bijak berivestasi. Perdagangan aset kripto sendiri memiliki cakupan yang bersifat global. Lisensi penuh mencerminkan standar operasional, keandalan teknologi dan kepatuhan hukum sesuai regulasi dari bursa kripto. Hal ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi aset kripto.

Pluang meyakini bahwa pemerataan sosial dan kesempatan untuk mengakses pasar global untuk membangun kekayaan masyarakat selaras dengan etos #BukaPluang. Akses investasi digital disediakan Pluang untuk membangun kekayaan tersebut. Salah satu instrumen investasi yang penting bagi platform investasi seperti Pluang adalah aset kripto. Lisensi yang disandang Pluang memberi kepercayaan dan rasa aman. Harapannya, ada lebih banyak investor lokal yang menggunakan bursa lokal berlisensi sehingga bisa berkontribusi dalam menjaga perputaran modal dalam negeri.

Share:

Artikel Terkini