Rayakan Ultah ke-15, Tokopedia Terus Dukung Brand Lokal Berkembang Rayakan Ultah ke-15, Tokopedia Terus Dukung Brand Lokal Berkembang ~ Teknogav.com

Rayakan Ultah ke-15, Tokopedia Terus Dukung Brand Lokal Berkembang

Teknogav.com – Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-15, Tokopedia menyelenggarakan Festival Beli Lokal yang digelar di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Ajang yang digelar 24-25 Agustus 2024 ini merupakan bagian dari upaya Tokopedia untuk mendukung UMKM lokal berkontribusi pada perekonomian digital. Ratusan jenama lokal dari berbagai industri dan wilayah di Indonesia hadir pada ajang tersebut sambil menyajikan pengalaman belanja online-to-offline. Kemeriahan ajang ini diramaikan juga oleh penampilan berbagai musisi tanah air seperti Project Pop dan MALIQ & D’essentials.

 UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," ucap Melissa Siska Juminto, President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce.

Melissa Siska Juminto, President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce

Kegiatan live shopping yang digelar di ShopTokopedia berhasil meraih rata-rata peningkatan penjualan tujuh kali lipat. Keberhasilan ini memicu Tokopedia untuk menggelar serangkaian pelatihan agar penjual makin fasih membuat konten promosi. Tokopedia juga mengadakan program seperti Creator Labs untuk menghasilkan pembuat konten dan afiliator yang dapat membantu promosi produk UMKM lokal. Para menteri dan pemerintah terkait juga digandeng Tokopedia dan ShopTokopedia untuk berkolaborasi mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Baca juga: Serangkaian Inisiatif Tokopedia dan TikTok Giatkan Tren Belanja Online

Berbagai program pemberdayaan juga digelar Tokopedia dan ShopTokopedia, contohnya membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Sejumlah 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan telah diedukasi pada Juli 2024. Dukungan dari hulu ke hilir pun diberikan demi memberdayakan perajin batik. Mereka diberi mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital sampai akses ke pinjaman modal. Lebih dari 550 perajin baik dari Solo, Yogyakarta dan Pekalongan telah berhasil diberdayakan kampanye tersebut sejak Januari 2024. Setengah dari jumlah tersebut bergabung ke ShopTokopedia. Selama dua minggu pertama peluncuran kampanye, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia.

Peningkatan Transaksi

Berbagai inisiatif yang dihadirkan Tokopedia dan ShopTokopedia memicu peningkatan transaksi dan penjual di masing-masing platform.

Selama Juli 2023-Juni 2024 terjadi peningkatan jumlah transaksi Tokopedia di Papua dengan rata-rata lebih dari 4,5 kali dibandingkan periode sebelumnya. Peningkatan tertinggi terjadi di Puncak (Papua Tengah), Raja Ampat (Papua Barat), Deiyai (Papua Tengah), Nduga dan Mamberamo Tengah (Papua Pegunungan). Beberapa kategori produk juga mengalami peningkatan jumlah transaksi tertinggi dengan rata-rata sebesar 1,5 kali dibandingkan periode sebelumnya. Kategori produk yang mengalami peningkatan tersebut adalah Gadget dan Elektronik, Beras dan Makanan Kering, dan Perlengkapan Kebersihan.

Peningkatan jumlah penjual di Tokopedia juga terjadi di beberapa daerah dengan kenaikan rata-rata lebih dari empat kali lipat periode sebelumnya. Daerah tersebut mencakup Nabire (Papua Tengah, Halmahera Tengah (Maluku Utara), Kepulauan Aru (Maluku), Buton Utara dan Konawe Utara (Sulawesi Tenggara).

Jumlah transaksi ShopTokopedia selama kuartal II 2024 juga mengalami peningkatan di sejumlah wilayah. Peningkatan tertinggi terjadi di Bali, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Sejumlah kategori produk mengalami peningkatan hampir 2x lipat dibandingkan kuartal I 2024. Kategori terseut mencakup Peralatan Kamar Mandi, Women's Special Clothing (contoh: pakaian adat), Perlengkapan Taman, Perlengkapan Olahraga dan Kegiatan Luar Ruangan, dan Perlengkapan Barbeque. Peningkatan juga terjadi pada jumlah penjual di ShopTokopedia sampai 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal I 2024. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi mencakup Jakarta, Kalimantan Selatan, Banten, Jawa Timur dan Bali. Saat ini jumlah penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia sudah mencapai jutaan yang sebagian besar UMKM.

"Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital, seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya," tutur Melissa.

Edukasi UMKM Lokal

UMKM berkontribusi lebih dari 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Peran signifikan UMKM lokal pada perekonomian Indonesia tersebut berusaha terus didorong Tokopedia dan ShopTokopedia melalui berbagai inisiatif, termasuk edukasi. Berikut ini adalah beberapa inisiatif edukasi yang dihadirkan Tokopedia dan ShopTokopedia:

  • Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk melatih pelaku UMKM termasuk perempuan untuk bergisnis online. Edukasi yang diberikan mencakup literasi keuangan dalam mengelola usaha. Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk menggelar kelas pelatihan sejak tahun 2022. Kini sudah lebih dari 20 ribu UMKM lokal berhasil diedukasi di 73 wilayah.

Baca juga: Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif para Perempuan Pengusaha Brand Lokal 

  • Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy merupakan halaman edukasi berbisnis online yang bisa diakses setiap saat. Halaman ini memuat ratusan modul edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha dari berbagai skala.
  • Seller Conference menyajikan wawasan pasar dan strategi bisnis bagi penjual di era digital. Wawasan dan strategi tersebut dibagikan oleh pakar, influencer dan penjual inspiratif. Lebih dari 4.000 penjual telah diedukasi sejak tahun 2022 melalui lebih dari 20 konferensi.
  • Sertifikasi Legalitas UMKM dengan sosialisasi dan memfasilitasi legalitas bagi UMKM untuk meperoleh NIB, Halal, PIRT sampai KI. Upaya ini telah dilakukan bekerja sama dengan pemerintah. Lebih dari 8.000 UMKM lokal di lebih dari 20 wilayah telah dibantu memperoleh sertifikasi legalitas sepanjang tahun 2022-2023.
  • MikroEx Challenge merupakan pelatihan bagi pendamping usaha mikro terkait berbisnis di era digital yang digelar bersama Kementerian Koperasi dan UMKM. Tujuan pelatihan ini adalah agar pendamping usaha dapat membimbing pelaku usaha mikro dapat berjualan online secara maksimal. Kolaborasi ini sudah berhasil mengedukasi 400 mentor di lima provinsi dan mendampingi 20 ribu usaha mikro sejak Juni 2024. 
  • Host Academy dan Creators Lab yaitu pelatihan bagi generasi muda untuk menjadi pembuat konten yang kreatif. Harapannya mereka dapat membantu penjual, khususnya UMKM lokal dalam mempromosikan produk. Para pembuat konten binaan sudah membantu lebih dari 2.000 UMKM selama tahun 2023-2024.
  • Digitalisasi Pasar dengan mendigitalisasi toko pedagang di pasar tradisional saat pandemi yang dilakukan bersama Kementerian Perdagangan. Lebib dari 6.000 pedagang di 12 pasar telah diberdayakan melalui inisiatif ini.

Baca juga: Serangkaian Fitur Baru Tokopedia Bikin Belanja Online Lebih Hemat

Solusi untuk Mendukung Pemasaran UMKM

Demi mendorong kemajuan UMKM dan menjadikan produK UMKM pilihan masyarakat Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengam berbagai mitra strategis. Berikut ini adalah beberapa solusi yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia. 

  • Live Shopping merupakan sarana untuk mempromosikan produk UMKM. Sejumlah brand lokal telah berhasil dipromosikan oleh kerjasama dengan jajaran menteri dan pemerintah terkait lainnya.
  • Ramadan Ekstra adalah kampanye spesial yang digelar selama Ramadan dan Lebaran untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan pesanan penjual mencapai lebih dari 79% pada Ramadan Ekstra 202r
  • Promo Guncang bertujuan untuk meningakatkan penjualan. Ajang ini digelar setiap tanggal kembar di Tokopedia dan ShopTokopedia. Pada 2024 Guncang 5.5 dan 6.6, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.
  • Jakarta Muslim Fashion Week merupakan program untuk mempromosikan fesyen muslim bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan. Kolaborasi ini berhasil membantu meningkatkan transaksi sejumlah brand lokal fesyen muslim sebesar lebih dari Rp750 juta di tahun 2023.
  • Pemberdayaan Petani Kopi dengan cara membantu petani kopi meningkatkan mutu dan nilai jual biji kopi. Upaya ini dilakukan melalui kerja sama dengan organisasi maupun instanti terkait. Sejumlah 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan telah diedukasi pada Juli 2024.
  • Melokal dengan Batik merupakan program pemberdayaan perajin batik dengan solusi menyeluruh. Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait untuk menyajikan program ini. Solusi ini mencakup pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, serta akses ke pinjaman modal. Lebih dari 550 perajin batik berhasil diberdayakan sejak Januari 2024. Mereka berasal dari Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan yang 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Selama dua minggu pertama peluncuran kampanye, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia.

Beli Lokal Tingkatkan Transaksi 9 kali lipat

Kampanye Beli Lokal diluncurkan Tokopedia dan ShopTokopedia pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah. Tujuan kampanye ini adalah meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Pada Desember 2023, sejumlah kategori produk lokal berhasil ditingkatkan sampai 19 kali lipat dibandingkan November 2023 oleh kolaborasi tersebut.

Wilayah yang mengalami kenaikan jumlah transaksi tertinggi berkat kampanye Beli Lokal mencakup Jepara (Jawa Tengah), Cirebon dan Ciamis (Jawa Barat). Rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Produk-produk dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi di Tokopedia mencakup popok, hampers, dan aksesoris kamera. Rata-rata peningkatan jumlah transaksi pada semester I 2024 hampir 9 kali lipat dibandingkan semester II 2023.

Pada ShopTokopedia, wilayah yang mengalami peningkatan jumlah transaksi tertinggi adalah Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Produk-produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal mencakup parfum, deodoran, dan hijab. Rata-rata peningkatan jumlah transaksi pada Mei 2024 lebih dari 3,5 kali lipat dibandingkan Januari 2024.

Share:

Artikel Terkini