Review: Skyworth 27B1H, Monitor FHD dengan Layar Optimal dan Nyaman Review: Skyworth 27B1H, Monitor FHD dengan Layar Optimal dan Nyaman ~ Teknogav.com

Review: Skyworth 27B1H, Monitor FHD dengan Layar Optimal dan Nyaman

Teknogav.com – Monitor merupakan perangkat yang penting bagi pengguna PC desktop karena berperan untuk menyajikan tampilan pada layar yang diusungnya. Tak hanya diperuntukkan pengguna PC desktop, tetapi monitor ini juga bisa dijadikan layar tambahan dari laptop. Nah, Skyworth bekerja sama dengan PT Datascrip menghadirkan jajaran monitor pendukung produktivitas dan untuk gamingnya di Indonesia. Teknogav.com berkesempatan untuk menjajal salah satu monitor Skyworth yang dihadirkan di Indonesia, yaitu Skyworth 27B1H. Monitor ini memiliki resolusi FHD dan didukung fitur untuk menjaga kesehatan mata, serta pilihan konektivitas yang fleksibel.

Pemasangan monitor Skyworth 27B1H ini begitu mudah, koneksi dari PC ke monitor bisa melalui port HDMI 2.0, maupun port VGA. Pada paket pembelian, kabel HDMI to HDMI sudah tersedia, sehingga bisa langsung dihubungkan melalui port HDMI. Namun, jika PC hanya menyediakan port VGA, maka perlu menyiapkan kabel VGA sendiri. Selain kabel HDMI, paket penjualan monitor Skyworth 27B1H sudah termasuk adapter baterai dan kabelnya, serta sandaran penyangga. Tentu saja dilengkapi juga dengan baut, buku manual dan kartu garansi.

Isi paket pembelian Skyworth 27B1H

Baca juga: Monitor Skyworth Penuhi Kebutuhan Gaming dan Bisnis dengan Harga Terjangkau

Fitur-fitur andalan pada monitor Skyworth 27B1H siap untuk mendukung produktivitas, ditambah lagi dengan kualitas gambar yang tajam. Monitor ini memiliki layar berukuran 27 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dan refresh rate 75 Hz. Layar tersebut menggunakan panel IPS yang dioptimalkan dan didukung fitur untuk mengurangi paparan sinar biru. Tampilan layar juga kaya warna dengan cakupan 99% sRGB, sehingga dapat memenuhi kebutuhan desain grafis dan penyuntingan foto. Kemampuan tersebut membuat monitor ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti bekerja, main game ringan dan nonton video.

Desain monitor ini terlihat elegan dengan bezel tipis, sehingga memberi kesan modern dan luas. Cakupan sudut pandang pada monitor ini cukup luas sampai 178˚, sehingga tampilan tetap terlihat jelas dari berbagai sudut. Jajaran port yang tersedia pada bagian belakang monitor mencakup port HDMI, port VGA, jack audio dan port daya DC.

jajaran port di monitor Skyworth 27B1H

Ketika PC dihubungkan dengan monitor Skyworth 27B1H, resolusi maksimal yang diperoleh baik saat menggunakan port HDMI maupun port VGA sama. Resolusi maksimal yang berhasil diperoleh adalah 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate 60 Hz. Monitor ini tidak dilengkapi speaker, sehingga ketika PC dihubungkan dengan kabel HDMI pun tetap tidak ada suara. Jika ingin mendengarkan audio, maka perlu menghubungkan speaker atau headset ke jack audio di bagian belakang monitor. Penempatan port pada monitor terasa kurang ergonomis, karena berada di bagian belakang dan sebagian terhalang oleh tiang penyangga. Tentu akan lebih memudahkan jika posisi port ada di bagian bawah atau sisi samping monitor.


Ketika dijajal untuk menampilkan gambar bergerak, tampilan pada monitor terlihat mulus, tak terlihat adanya efek ghosting atau blur. Skyworth cukup mempertimbangkan kesehatan mata pengguna dengan menghadirkan mode Low Blue Mode. Akses ke mode ini dapat dilakukan melalui menu pengaturan dalam pilihan pengaturan warna. Selain untuk aktivasi Low Blue Mode, pilihan submenu pada pengaturan warna juga mencakup Color temperatur dan RGB. Menu pengaturan pada monitor juga bisa digunakan untuk menentukan Luminance, pengaturan gambar, pengaturan OSD, Reset dan Extra. Tombol pengaturan ada di bagian bawah monitor, tepatnya di  pojok kanan.

jajaran tombol pengaturan di sisi bawah layar sebelah kanan

Low Blue Mode digunakan untuk mengurangi paparan sinar biru yang bisa menyebabkan mata lelah, sehingga nyaman digunakan dalam jangka waktu lama. Kelelahan mata dan sakit kepala juga bisa dicegah dengan teknologi Flicker Free yang mengurangi kedipan layar yang tidak terlihat.

Baca juga: Tawarkan Refresh Rate Tinggi, Monitor Acer EK251Q Ebi Dibanderol Sejutaan

Kelebihan

  • Monitor menyediakan port tampilan fleksibel, bisa melalui HDMI maupun VGA
  • Resolusi layar cukup tinggi dan layar sudah dilengkapi dengan fiur untuk menjaga kesehatan mata
  • Sudah dilengkapi dengan penyangga, sehingga bisa langsung digunakan di atas meja

Kekurangan

  • Jajaran port yang tersedia pada monitor ini tersedia di belakang, sehingga susah untuk dijangkau dan terhalang penyangga
  • Tidak memililki speaker terintegrasi

Kesimpulan dan Rekomendasi

Skyworth 27B1H adalah monitor yang menawarkan kualitas gambar yang baik dengan fitur-fitur yang mendukung kenyamanan penggunaan. Monitor ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan monitor untuk produktivitas sehari-hari dan pekerjaan kreatif. Namun, bagi gamer yang mencari refresh rate tinggi dan fitur gaming khusus, mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain.

Spesifikasi Skyworth 27B1H

  • Ukuran Layar: 27 inci
  • Resolusi: 1920x1080 piksel
  • Panel: IPS
  • Refresh Rate: 75 Hz
  • Waktu Respons: 5 milidetik
  • Kecerahan: 250 cd/m²
  • Rasio Kontras: 1000:1
  • Cakupan Warna: 99% sRGB
  • Port: HDMI, VGA, Audio Out
  • Fitur Tambahan: Low Blue Light, Flicker-Free

Fitur-fitur andalan yang diusung monitor Skyworth 27B1H menjadikan monitor ini layak dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan produktivitas dan hiburan sehari-hari. Harga yang dibanderol pada monitor ini sekitar Rp1,5 juta. Pembelian dapat dilakukan melalui beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli monitor Skyworth 27B1H di Blibli
Klik untuk membeli monitor Skyworth 27B1H di Tokopedia
Klik untuk membeli monitor Skyworth 27B1H di Shopee

Share:

Artikel Terkini