Film ‘Seni Memahami Kekasih’, Kisah Cinta Kreator Digital yang Viral Film ‘Seni Memahami Kekasih’, Kisah Cinta Kreator Digital yang Viral ~ Teknogav.com

Film ‘Seni Memahami Kekasih’, Kisah Cinta Kreator Digital yang Viral

Teknogav.com - IDN Pictures mempersembahkan karya terkininya 'Seni Memahami Kekasih' yang merupakan film drama romantis hasil adaptasi kisah nyata seorang kreator digital. Film ini disutradarai Jeihan Angga dan menyajikan akting para pemeran muda berbakat. Mereka antara lain adalah Elang El Gibran, Febby Rastanty, Devina Aureel dan Sisca Saras. Film ini siap ditayangkan di jaringan bioskop Indonesia pada 5 September 2024.

Kisah dalam film 'Seni Memahami Kekasih' merupakan adaptasi dari buku 'Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih' karya Agus 'Magelangan' Mulyadi. Film ini mengisahkan perjalanan cinta Agus yang merupakan seorang penulis dengan istrinya, Kalis Mardiasih yang juga penulis. Sebagai penulis, Agus kerap membagikan serangkaian kata-kata puitis yang mengangkat kehidupan sehari-hari dan isu-isu viral di media sosial. Sedangkan Kalis merupakan penulis serius yang fokus pada isu-isu sosial dan perempuan. Karakter Agus yang bertolak belakang dengan Kalis membuat hubungan mereka menghadapi banyak tantangan. 

Baca juga: Film ‘Dua Hati Biru’, Potret Perjuangan Keluarga Muda Hadapi Tantangan

Hubungan mereka diuji ketika Kalis dihantui trauma kekerasan rumah tangga yang dialami sahabatnya, Rahayu. Hal ini membuat Kalis menjaga jarak dengan Agus, sehingga Agus menyerah dan memutuskan hubungan. Kalis pun menyesal dan belajar mengenai konsep 'soulmate' dari ayahnya.

“Seni Memahami Kekasih adalah proyek yang sangat dekat di hati kami. Film ini bukan hanya  hiburan, tetapi juga cerminan dari kehidupan dan cinta yang sederhana tetapi bermakna. Kami sangat bangga bisa menghadirkan cerita yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, dan kami berharap film ini bisa menyentuh hati banyak orang," ucap Winston Utomo, CEO IDN.

Baca juga: Film #OOTD Padukan Isu Sosial, Fesyen dan Semangat Keberlanjutan

Agus dan Kalis sendiri sempat ragu terhadap proyek film ini. Namun, Susanti Dewi, Head of IDN Pictures dan Produser Film Seni Memahami Kekasih berhasil meyakinkan dan menghapus keraguan tersebut.

“Kami sangat bersemangat untuk menggarap film Seni Memahami Kekasih karena kisah cinta yang ditampilkan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Film ini mengangkat cerita yang begitu relatable, dan kami yakin akan mampu menyentuh hati banyak orang,”ucap Susanti.

Sebenarnya kisah dalam film 'Seni Memahami Kekasih' tidak sepenuhnya sama dengan buku 'Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih'. Agus mengungkapkan bahwa film ini tidak mirip dengan isi bukunya, karena banyak cerita baru yang sebelumnya tidak ada di buku

"Alih-alih full komedi seperti di buku, di versi film kami tambahkan sisi sentimental untuk menambah unsur drama melalui karakter Rahayu yang sama sekali tidak ada di buku," ucap Agus.

Potensi besar dalam komedi buku 'Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih' dilihat oleh Jeihan Angga, sutradara Seni Memahami Kekasih. Menurutnya, buku tersebut memiliki genre komedi, sehingga ia pun i ngin memaksimalkan.potensi komedi tersebut.

"Saya beberapa kali meeting dengan Mas Agus dan penulis skenario untuk menemukan adegan-adegan mana saja yang bisa dibuat lebih lucu, termasuk adegan yang menurut Mas Agus di bukunya tidak lucu. Bahkan saat proses produksi pun, saya masih melakukan improvisasi demi menambah unsur komedi,” ucap Jeihan.

Pengalaman dalam mendalami peran Kalis juga dipaparkan oleh Febby Rastanty yang memerankan Kalis. Menurutnya, karakter tersebut memiliki banyak lapisan emosi yang kompleks sehingga memberikan tantangan tersendiri baginya.

"Saya berusaha memahami latar belakang dan pemikiran Kalis, terutama bagaimana dia menghadapi trauma masa lalu yang memengaruhi hubungannya dengan Agus. Saya berharap penonton dapat merasakan kedekatan emosional dengan karakter ini dan mendapatkan pesan positif dari perjalanan cintanya,” ucap Febby.

Baca juga: Film Ali Topan Tampilkan Perjuangan Anak Muda Berlatar Masa Kini

Seni Memahami Kekasih merupakan film ketujuh IDNPictures. Februari lalu, IDN Pictures merilis film horor 'Pasar Setan' yang berhasil mencapai 400 ribu penonton dalam sebulan penayangan.

Share:

Artikel Terkini