Garmin fēnix 8 Series Hadir dengan Peningkatan Fitur Kesehatan dan Latihan Garmin fēnix 8 Series Hadir dengan Peningkatan Fitur Kesehatan dan Latihan ~ Teknogav.com

Garmin fēnix 8 Series Hadir dengan Peningkatan Fitur Kesehatan dan Latihan

Teknogav.com – Garin fenix 8 Series merupakan smartwatch GPS multisport premium generasi terkini. Smartwatch ini tersedia dalam pilihan layar AMOLED cerah atau layar dengan dukungan pengisian daya tenaga surya. Penggemar olahraga akan dimanjakan oleh fitur strength training tingkat lanjut dan kemampuan menyelam. Selain itu, tersedia juga speaker dan mikrofon internal yang mendukung berbagai fitur. Istimewanya, smartwatch ini sudah dibekali fitur ECG App terbaru dan antarmuka baru.

Daya baterai fenix 8 Series tahan lama. pada model AMOLED 51 mm bisa bertahan sampai 29 hari dalam model smartwatch. Model solar 51 mm bahkan bisa tahan lebih lama lagi, yaitu sampai 48 hari. Istimewanya, fenix 8 Series juga didukung aplikasi elektrokardiogram (ECG) yang berfungsi memantau irama detak jantung.

Chandrawidhi Desideriani, Marcom Senior Manager Garmin Indonesia

“Pada fenix generasi terbaru, fēnix 8 Series menghadirkan desain baru, fitur pelatihan tingkat lanjut, opsi layar AMOLED dan solar, serta ECG App yang kini sudah bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia. Pembaruan ini mengukuhkan posisi fēnix 8 Series sebagai The Ultimate Smartwatch yang membantu penggunanya membuat rencana harian, pelatihan dan petualangan, memastikannya selalu siap menghadapi tantangan dan mendobrak batasan,” ucap Chandrawidhi Desideriani, Marcom Senior Manager Garmin Indonesia. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Garmin fēnix 6 dan 6S Pro Solar

Fitur-fitur fēnix 8 Series

fēnix 8 
Berbagai fitur fēnix 8 cocok digunakan untuk berbagai kegiatan, beberapa di antaranya adakah sebagai berikut:

  • Opsi layar AMOLED atau layar dengan panel tenaga surya generasi ketiga yang bisa menyerap 50% tenaga surya lebih tinggi. Kedua opsi tersebut memiliki tampilan grafis lebih segar. Opsi AMOLED terdiri dari tiga pilihan ukuran, yaitu 43 mm, 47 mm dan 51 mm. Sedangkan opsi solar tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 47 mm dan 51 mm.
  • Desain kokoh dengan tombol logam anti bocor dan pelindung sensor baru di sebelah kanan. Smartwatch ini juga sudah lolos pengujian berstandar militer untuk ketahanan panas, guncangan, dan air. Durabilitas yang lebih baik didukung bahan premium seperti bezel titanium atau stainless steel dan lensa safir atau kaca anti gores.
  • Speaker dan mikrofon internal yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon langsung dari smartwatch jika tersambung dengan smartphone yang kompatibel. Selain itu, mikrofon juga dapat figunakan untuk memberi perintah suara langsung dari smartwatch tanpa harus terhubung ke smartphone. Perintah-perintah tersebut mencakup “Start running”, “Set timer 5 minutes”, “Turn On Flashlight”, dan lain-lain.
  • LED flashlight dengan sinar yang merata dan  lebih luas untuk menerangi jalan di depan. Fitur ini didukung tingkat penerangan yang beragam, mengubah warna lampu menjadi merah dan mode strobo. Kemampuan tersebut membuat pengguna dapat  terlihat  saat di lingkungan yang gelap.
  • Sport-Focused Strength Training yaitu pelatihan kekuatan yang disesuaikan untuk olahraga tertentu, termasuk pelari, pesepeda, peselancar, pemain ski, dan lainnya.
  • Kemampuan menyelam dengan kedalaman maksimal 40 meter, tombol logam anti bocor, dan dukungan untuk kegiatan penyelaman scuba dan apnea.
  • Pemetaan dan navigasi tingkat lanjut yang memudahkan untuk melihat kontur berbagai medan di peta TopoActive. Fitur ini juga mendukung akses peta yang sudah dimuat sebelumnya untuk ribuan lapangan golf dan resor ski di seluruh dunia. Antarmuka peta baru memudahkan penyesuaian lapisan peta untuk memaksimalkan navigasi. 
  • Dynamic Round-Trip Routing yang dapat memberi rute yang disarankan agar berada di jalur dan tepat waktu saat menjelajah. Fitur ini juga mendukung rute pulang-pergi yang dinamis.
  • Skor training readiness pada fēnix 8 Series membantu menentukan kemampuan tubuh untuk bisa berlatih keras atau istirahat dahulu. Selain itu, tersedia juga metrik latihan lanjutan yang membantu mengukur kinerja secara keseluruhan. Metrik-metrik tersebut mencakup endurance score, hill score, VO2 Max, status latihan dan lain-lain.
  • Panduan dalam merencanakan strategi menjelang lomba diberikan oleh fitur PacePro. Fitur ini  disertai bimbingan kecepatan berbasis GPS untuk jalur atau jarak yang dipilih. Kecepatan berlari yang setara dengan upaya sama di tanah datar atau saat menanjak pun bisa diperoleh melalui fitur Grade-Adjusted Pace. Informasi mengenai tanjakan atau pendakian yang tengah dilalui maupun yang akan datang juga bisa dipantau secara real-time dengan fitur ClimbPro.
  • Smartwatch ini juga memberikan saran latihan harian yang dipersonalisasi dan beradaptasi setiap berlari atau bersepeda. Saran tersebut dapat digunakan untuk persiapan diri menghadapi lomba berikutnya. Jelang lomba lari 5K, 10K maupun 21K bisa juga memanfaatkan fitur Garmin Coach yang gratis dari Garmin Coach. 
  • Latihan baru seperti apnea dan scuba diving telah ditambahkan dengan banyak kegiatan yang telah dimuat sebelumnya agar pengguna tetap aktif. Beberapa kegiatan tersebut termasuk lari, arung jeram, golf, dan olahraga tim seperti sepak bola, basket, dan lain-lain. Kegiatan olahraga seperti strength, kardio, yoga dan HIT di gym maupun di rumah dapat dilacak dengan fēnix 8 Series. Latihan kardio, strength, yoga, dan pilates dapat dilakukan dengan dukungan tampilan animasi di layar smartwatch.

Garmin menawarkan smartwatch yang desainnya serupa dengan fēnix 8 debgan harga yang lebih terjangkau, yaitu fēnix E. Bedanya, fēnix E tidak dibekali fungsi menyelam dan sensor detak jantung terbaru. Namun, fēnix E merupakan multisport GPS smartwatch yang dibekali fitur esensial, Fitur-fitur pada fēnix E mencakup  strength training tingkat lanjut, pemantauan kesehatan dan kebugaran 24/7, rute perjalanan dinamis, dan lain-lain.

fēnix E dan fēnix 8 

Baca juga: Garmin® Seri fēnix® 6 Makin Inovatif dengan Berbagai Fitur Baru

Fitur-fitur Kesehatan pada fēnix 8 Series

Berbagai fitur dihadirkan fēnix 8 Series untuk dapat memantau kesehatan selama 24/7. Fitur-fitur tersebut mencakup Pulse Ox berbasis pergelangan tangan, Body Battery Energy Monitoring, dan jet lag adviser. Selain itu, tersedia juga pemantauan tidur tingkat lanjut dan deteksi tidur siang. Saat bangun tidur, tersedia morning report yang berisi informasi seputar kualitas tidur di malam hari. Laporan tersebut juga memberikan prospek latihan dan Status Variabilitas Detak Jantung (HRV). 

Semua model fēnix 8 Series juga kompatibel dengan ECG App, yang merekam irama jantung dan memeriksa tanda-tanda fibrilasi atrium (AFib). Kerja aplikasi tersebut langsung dari pergelangan tangan dan sudan disetujui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Perekaman dan hasil irama jantung bisa dilakukan langsung dari smartwatch atau melalui aplikasi Garmin Connect. Garmin ECG App menggunakan sensor pada jam tangan Garmin yang kompatibel untuk merekam sinyal listrik dari detak jantung. 

Sampel ECG diperoleh dari sinyal listrik yang mengendalikan detak jantung yang direkam Garmin ECG App. Aplikasi tersebut menganalisa rekaman untuk mendeteksi tanda-tanda AFib. Selain itu, tersedia opsi untuk melakukan sinkronisasi hasil ECG App ke Garmin Connect. Aplikasi Garmin Connect menyediakan riwayat hasil Aplikasi EKG dan laporan dalam format PDF yang dapat diperlihatkan kepada tenaga medis. Namun, ECG App tidak memberikan penilaian pasti akan kesehatan jantung dan tidak mendeteksi serangan jantung. Aplikasi ini menawarkan fungsi yang sebanding dengan EKG sadapan tunggal, gambaran lebih akurat dapat diberikan sistem multi sadapan.Harga dan Ketersediaan

Garmin fēnix 8 AMOLED tersedia secara eksklusif di Tokopedia dan Garmin Brand Stores. Harga yang dibanderol mulai dari Rp17.999.000 hingga  Rp 21.599.000. Seri fēnix E yang lebih terjangkau tersedia di Garmin Brand Stores dengan harga Rp14.399.000. 

Baca juga: Garmin Instinct Solar, Smartwatch dengan Baterai Dahsyat dan Tenaga Surya

Varian fēnix 8 Solar ukuran 47 mm dan 51 mm berbahan titanium tersedia mulai November 2024 di Garmin Brand Stores. Harga yang dibanderol di smartwatch tersebut di kisaran Rp19.799.000 dan Rp21.599.000.

Model

Ukuran

Material Bezel & Warna

Harga

fēnix E

47 mm

Stainless Steel, Slate Gray

Rp14.399.000

 fēnix 8 AMOLED

43 mm

Stainless Steel, Whitestone

Rp17.999.000

Titanium, Soft Gold

Rp19.799.000

Titanium, Carbon Gray

Rp19.799.000

47 mm

Stainless Steel, Slate Gray

Rp17.999.000

Titanium, Spark Orange

Rp19.799.000

Titanium, Carbon Gray

Rp19.799.000

51 mm

Titanium, Spark Orange

Rp21.599.000

Titanium, Carbon Gray

Rp21.599.000

fēnix 8 Solar3

47 mm

Titanium, Carbon Gray

Rp19.799.000

51 mm

Titanium, Carbon Gray

Rp21.599.000

Share:

Artikel Terkini