Huawei dan Universitas Airlangga Gelar Huawei Teacher Summit 2024 Huawei dan Universitas Airlangga Gelar Huawei Teacher Summit 2024 ~ Teknogav.com

Huawei dan Universitas Airlangga Gelar Huawei Teacher Summit 2024

Teknogav.com - Huawei Indonesia terus mendukung transformasi digital di Indonesia, termasuk di sektor pendidikan. Upaya ini dilakukan melalui penyelenggaraan Huawei Teacher Summit 2024 bekerja sama dengan Universitas Airlangga, Surabaya. Platform ini dirancang bagi para pendidik dari mitra Huawei ICT Academy untuk bertukar gagasan, berbagi praktik terbaik, dan menjalin kolaborasi. Kompetensi para tenaga pendidik akan diperkuat demi menjamin penciptaan talenta digital sehingga membentuk masa depan pembelajaran digital di Indonesia.

Tema yang diangkap pada Huawei Teacher Summit 2024 adalah "Empowering Educators for Digital Transformation in Indonesia's Education Landscape". Ajang ini membahas pentingnya transformasi digital dalam pendidikan dan cara para pendidik berperan aktif dalam menciptakan masa depan digital. Kegiatan ini memotivasi dan memberi sumber inspirasi. 

Baca juga: Universitas Andalas Gandeng Huawei untuk Tingkatkan Kapasitas Digital Mahasiswanya

Huawei Teacher Summit 2024 juga membuka peluang untuk memperkuat jaringan antara pendidik, institusi pendidikan, dan industri. Jaringan tersebut dapat  menciptakan kolaborasi yang produktif dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi. Adopsi teknologi dalam dunia pendidikan penting untuk memastikan generasi mendatang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Selain mengubah cara berkomunikasi dan berinteraksi, transformasi digital membuka peluang baru dalam metode pengajaran dan pembelajaran.

“Transformasi digital dalam dunia pendidikan bukan lagi menjadi pilihan. Ini adalah keharusan. Di era ini, guru dan dosen memegang peranan penting sebagai garda terdepan dalam menciptakan talenta-talenta masa depan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. Program Huawei Teacher Summit 2024 merupakan salah satu langkah konkret dalam meningkatkan kompetensi digital para tenaga pendidik, khususnya melalui pelatihan 'Program 1000 Dosen dan Guru'. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri,” ucap Adi Nuryanto, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Baca juga: Sumbangsih Huawei dalam Pengembangan Talenta Digital di Indonesia Diapresiasi Kemenaker

Pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan juga diungkapkan Husni Teja Sukmana, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Beliau juga menegaskan pentingnya sertifikasi dan akreditasi program studi sebagai faktor kunci untuk meningkatkan kualitas tenaga digital.

“Peningkatan kualitas talenta digital di Indonesia tidak bisa dilakukan hanya sepihak. Kolaborasi penta-helix antara kampus, industri, media, pemerintah dan lembaga independen adalah kunci untuk menjawab kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan talenta digital. APTIKOM berkomitmen untuk terus memantau kebutuhan talenta digital dan menyesuaikan materi pelatihan sesuai dengan standar kompetensi di industri, serta memberdayakan para pendidik melalui pelatihan digital berkelanjutan yang relevan dengan teknologi terkini," ucap Husni.

Baca juga: Huawei Indonesia Digital Talent Day 2023 Dukung Inklusivitas Teknologi

Huawei juga meluncurkan Program Pelatihan 1000 Dosen dan Guru di bawah pengelolaan Huawei ICT Academy dalam rangkaian kegiatan ajang tersebut. Tujuan program tersebut adalah untuk memperluas kompetensi dan literasi digital para dosen dan guru SMK di Indonesia.

"Inisiatif Program Pelatihan 1000 Dosen dan Guru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Huawei Indonesia dalam pengembangan talenta digital yang terampil, siap, dan kompeten untuk masa depan. Melalui program ini, Huawei berbagi wawasan mengenai berbagai tren teknologi mutakhir, seperti kecerdasan buatan, cloud, 5G, serta ragam penerapannya di industri. Selain itu, kami juga terus memperkuat kerjasama dalam peningkatan kapabilitas talenta di bidang TIK melalui program Huawei ICT Academy," ucap Yenty Joman, Director of Government Affairs Huawei Indonesia.

Yenty juga memaparkan bahwa Huawei menyediakan berbagai program pelatihan, kompetisi, dan transfer pengetahuan, Program tersebut  dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara dunia akademik dan kebutuhan industri. Komitmen Huawei ke depan adalah terus berkontribusi bagi pengembangan sumber daya Indonesia. Sebelumnya, Huawei telah berhasil mencapai target awal untuk melatih 100 ribu talenta digital dalam 4 tahun terakhir. Upaya tersebut juga mencerminkan dedikasi Huawei untuk mendukung talenta digital menuju Indonesia Emas 2045.

Kolaborasi antara Huawei dan Universitas Airlangga diapresiasi oleh Prof. Dr. Dwi Setyawan S.Si., M.Si. Apt. Dekan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga. Menurutnya, kolaborasi untuk mengembangkan talenta digital bagi Indonesia ini inovatif dan menyeluruh.

“Mengingat pentingnya teknologi saat ini, inisiatif dari Huawei dan kolaborasi dengan Unair ini patut disambut baik. Ini sangat mencerminkan salah satu visi Unair untuk menciptakan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Melalui Huawei Teacher Summit ini, kami berharap dapat berbagi manfaat kepada masyarakat lokal, regional, nasional, dan bahkan internasional," ucap Prof. Dr. Dwi Setyawan S.Si., M.Si. Apt.

Share:

Artikel Terkini