Huawei Dukung Pembangunan Ekosistem Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Indonesia Huawei Dukung Pembangunan Ekosistem Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Indonesia ~ Teknogav.com

Huawei Dukung Pembangunan Ekosistem Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Indonesia

Teknogav.com - Huawei menyampaikan kesiapannya dalam mendukung ekosistem pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia pada Konferensi EV PERIKLINDO 2024 di Bali. Teknologi Huawei siap mendukung pembangunan infrastruktur energi baru bagi kendaraan listrik (EV) dan pengembangan fasilitas pengisian daya yang mudah diakses. Dukungan tersebut diberikan untuk mempercepat elektrifikasi transportasi di Indonesia.

Konferensi EV PERIKLINDO 2024 tersebut mengangkat tema "EVolution REVolution on Technology, Consumers, and the Road to Sustainability". Penyelenggaraan konferensi  bertujuan membahas perkembangan terkini teknologi kendaraan listrik, penggunaan kendaraan listrik oleh pelanggan, serta sejumlah inisiatif keberlanjutan di Indonesia. Acara tersebut berlangsung dua hari dan diikuti lebih dari 500 pelaku industri.

Baca juga: Huawei Luncurkan Serangkaian Produk dan Solusi untuk Energi Terbarukan

Jin Song, CEO Digital Power, PT Huawei Tech Investment menyampaikan bahwa ekosistem kendaraan listrik di Indonesia masih di tahap awal. Namun, pasar kendaraan listrik di Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat dalam waktu dekat. Pesatnya pertumbuhan tersebut demi mengejar pertumbuhan kendaraan listrik secara global. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari perkiraan dalam tiga tahun terakhir.

“Prospeknya sangat menjanjikan dalam dekade mendatang dengan peningkatan jumlah kendaraan listrik setidaknya 10 kali lipat secara global. Peningkatan tersebut diikuti kenaikan permintaan pengisian daya sebesar 8 kali lipat. Indonesia perlu segera memulai pengembangan jaringan pengisian daya berkualitas tinggi secara masif untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik baru (NEV) serta memperkuat industri dan ekosistem lokal,” ujar Jin Song. 

Baca juga: Huawei Tawarkan Solusi Listrik yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Pengembangan jaringan pengisian daya secara masif dapat membantu mengatasi belum optimalnya jaringan pengisian daya yang merupakan tantangan industri kendaraan listrik. Kesiapan Huawei dalam bekerja sama dengan mitra seperti produsen mobil dan operator juga diungkapkan oleh Jin Song. Kolaborasi tersebut deni membangun ekosistem yang lebih matang dan menyediakan fasilitas pengisian daya berkualitas tinggi di seluruh Indonesia.

“Huawei akan terus meningkatkan investasi dalam bidang R&D dan teknologi, serta membangun solusi jaringan pengisian daya yang dapat diandalkan para pemilik mobil, dipercaya operator, dan ramah terhadap jaringan listrik,” pungkas Jin Song.

Baca juga: Giatkan Penggunaan Kendaraan Listrik, POLYTRON Sediakan Fast Charging Station Gratis

Huawei merilis Top 10 Trends of Charging Network 2024 di awal tahun ini. Berikut ini adalah beberapa tren dalam laporan tersebut:

  • pengembangan jaringan pengisian daya berkualitas tinggi
  • pengisian daya ultra-cepat yang menyeluruh
  • pengalaman optimal dalam preferensi pengisian daya
  • jaringan pengisian daya yang aman dan tepercaya
  • interaksi antara mobil dan jaringan listrik; arsitektur pooling daya yang dapat dioperasikan secara interoperabel
  • penggunaan mode pengisian daya yang sepenuhnya berpendingin cairan
  • pengisian daya normal DC atau arus searah
  • jaringan mikrogrid lokal terintegrasi
  • jaringan pengisian daya yang cerdas untuk memfasilitasi kolaborasi antara mobil dan pengisi daya.
Laporan tersebut disusun berdasarkan wawasan dan aspirasi untuk memenuhi peningkatan permintaan pasar mobil listrik di tengah percepatan elektrifikasi mobilitas dan netralitas karbon di dunia. 

Share:

Artikel Terkini