Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series Dukung Produktivitas dengan AI Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series Dukung Produktivitas dengan AI ~ Teknogav.com

Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series Dukung Produktivitas dengan AI

Teknogav.com - AMD resmi meluncurkan prosesor AMD Ryzen AI 300 Series di Indonesia dengan mengusung tema 'Advancing Tomorrow with AMD Ryzen'. Ajang ini digelar di JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan pada 18 September 2024. Selain pemaparan mengenai keunggulan prosesor AMD Ryzen AI 300 Series, tersedia juga experienve zone untuk menjajal langsung keandalan prosesor tersebut. Ajang ini juga menghadirkan Alva Jonathan sang profesional overclocking yang memberikan demo keandalan prosesor secara langsung. Pada sesi talkshow, hadir juga Gerald Wibowo, seorang produser musik yang memaparkan pengalamannya memanfaatkan AI yang ditenagai prosesor AMD.


Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia sangat berkaitan dengan jumlah pengguna internet dan pertumbuhan startup. Pada tahun 2023, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 213 juta atau lebih dari 77% populasi penduduk Indonesia.Teknologi AI pun makin dimanfaatkan oleh startup atau perusahaan rintisan dalam menunjang kegiatan bisnis. Kian canggihya AI mendukung produktivitas menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca juga: AMD EPYC dan AMD Ryzen AI Dukung Produktivitas Seluruh Segmen

Teknologi AI memungkinkan pengalaman komputasi yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan semua segmen profesi, termasuk kreator, profesonal, enterprise, gamer dan startup. Mereka semua dapat berinovasi dengan memenuhi kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras yang didukung AI. Kendati demikian, teknologi AI juga memberikan tantangan tersendiri, yaitu pentingnya literasi digital dan keterampilan dalam pemanfaatan AI. Hal ini penting agar kemampuan AI dapat berdampak positif, baik saat ini, maupun di masa depan.

Ajang 'Advancing Tomorrow with AMD Ryzen AI 300 Series Processor' mengajak  merasakan pengalaman nyata dari teknologi AI pada prosesor terkininya. Tujuan AMD menggelar ajang ini adalah untuk memperkenalkan prosesor AMD Ryzen AI 300 series. Prosesor tersebut  didukung Neural Processor Unit (NPU) untuk PC AI generasi mendatang dan fitur-fitur teknologi terkini. Kehadiran prosesor tersebut siap mendukung kreativitas dan produktivitas di berbagai kegiatan. 

AMD senantiasa menghadirkan teknologi CPU, GPU dan NPU yang inovatif pada AMD Ryzen AI seiring perkembangan AI. Kekuatan dan kinerja pada AMD Ryzen AI dipadukan untuk mentransformasi PC mobile. Selain menyajikan efisiensi daya, AMR Ryzen AI juga menyajikan lebih banyak pengalaman yang didukung AI. Prosesor AMD Ryzen™ dan AMD RyzenTMAI menyajikan kinerja dan efisiensi daya yang menambah pengalaman pengguna secara real-time. Kemampuan ini memperkaya saat melakukan kolaborasi video, kreasi konten, produktivitas, game, perlindungan keamanan hingga penggunaan hybrid

Baca juga: Teknologi AMD Tawarkan Strategi AI Canggih untuk Percepat Pertumbuhan Bisnis

Teknologi cerdas AMD Ryzen™ AI menjadikan CPU dan GPU terbebas dari segala beban kerja AI untuk mengerjakan kegiatan komputasi lainnya. Komputasi pemrosesan AI pada CPU atau GPU berteknologi prosesor AMD secara pintar juga memungkinkan untuk menjalankan kerja AI secara lokal. Pengguna dapat malakukan kerja AI tersebut pada perangkat pribadi tanpa membutuhkan koneksi ke server yang menjalankan AI.

Jajaran laptop bertenaga prosesor AMD terkini tersedia di Experience Zone yang mencakup AMD Ryzen™AI Station, AI Photobooth, dan Gaming Area. Pengunjung dapat menjajal kinerja laptop bertenaga prosesor AMD RyzenTM AI 300 Series dengan fitur–fitur menarik di dalamnya.

Gerald Liu (@geraldxliu), produser musik, pembuat konten dan DJ 

Pada sesi talkshow, Gerald Liu (@geraldxliu) yang merupakan produser musik, pembuat konten dan DJ memaparkan pengalamannya memanfaatkan teknologli AI. Menurutnya, teknologi AI sangat membantu dirinya dalam proses kreatif. Gerald merupakan pengguna setia laptop berprosesor AMD Ryzen™ dan menyadari pentingnya laptop dengan prosesor yang sudah terintegrasi dengan teknologi AI. Laptop tersebut digunakannya untuk mendukung kegiatan sehari-hari dalam bermusik dan membuat konten. Kinerja dari laptop yang canggih, tangguh dan efisiensi daya maksimal penting untuk membuat musik, menyunting video dan main game. Gerald mengungkapkan bahwa laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series merupakan pilihannya untuk memenuhi segala kebutuhan komputasinya.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14 dan G16 Didukung Layar OLED dengan VRR

"Ajang ‘Advancing Tomorrow with AMD Ryzen™ AI 300 Series Processor’ merupakan suatu kesempatan untuk memperkenalkan solusi komputasi berkinerja tinggi berbasis AI dari AMD kepada para pengguna. Fitur teknologi AI yang disematkan pada laptop berprosesor AMD Ryzen™ AI 300 series dapat menunjang segala kegiatan harian dan meningkatkan produktivitas. Inilah kontribusi AMD untuk bersinergi dalam ekosistem baru di era AI kini dan di masa depan." ucap Mathew Carr, Head of Sales APeJ Consumer AMD.

Selain mengadakan ajang di Jakarta, AMD juga akan menghadirkan ajang serupa di kota-kota besar lain selama September sampai pertengahan Oktober. Kota-kota besar tersebut mencakup Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Medan.

Prosesor AMD RyzenTMAI 300 menyajikan kinerja APU yang cepat dan NPU bertenaga dengan 50 TOPS. NPU baru dengan 50 TOPS kekuatan pemrosesan AI ini melampaui persyaratan PC Copilot+ AI. Kehadiran CoPilot+ dapat menyajikan pengalaman AI baru pada laptop AI. 

NPU block floating point pada prosesor ini dapat menggandakan kinerja aplikasi 16-bit tanpa mengorbankan akurasi. AMD Ryzen™ AI 300 series merupakan prosesor AMD Ryzen AI generasi ketiga yang menyajikan AI dan kinerja komputasi untuk PC CoPilot+ tipis dan premium. Kinerja mesin AI pada prosesor tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan AMD Ryzen™ AI generasi kedua.

Arsitektur terkini prosesor AMD RyzenTM AI 300 series terdiri sampai 12 inti prosesor dan 24 multithread. Prosesor ini memiliki  arsitektur "Zen 5 dan Zen 5C", serta  memori L3 cache 50% lebih banyak dibandingkan prosesor “Zen 4”. Kemampuan tersebut menyajikan kinerja lebih kencang pada laptop ultrathin. Arsitektur AI canggih dan kinerja supercharged untuk gaming dan produktivitas elit siap mendukung  komputasi laptop yang privat, responsif, dan cerdas.

Mesin AI khusus yang dibangun pada arsitektur AMD XDNA 2 baru memungkinkan AMD Ryzen™ AI Series meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Ini dilakukan dengan menangani beban kerja AI lokal secara efisien, menghasilkan konten, dan mengotomatisasi alur kerja, sambil mempertahankan efisiensi daya. Prosesor ini menampilkan arsitektur grafis AMD RDNA™ 3.5 baru, dilengkapi dengan grafis AMD Radeon™ 800M Series terbaru. Kemampuan grafis ini menyajikan frame rate yang lancar dan pengalaman bermain game AAA.

Keandalan AMD Ryzen™ AI 300 Series

Fitur-fitur komputasi pada laptop yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series adalah sebagai berikut:

  • Kinerja tinggi untuk multitasking intensif, gaming intensif, pembuatan konten yang serius sehingga memudahkan menangani tugas-tugas berat
  • AI yang fokus pada privasi dan responsif dengan pemrosesan benan kerja AI lokal secara efisien. AMD Ryzen AI dapat meningkatkan produktivitas dan mengotomatisasi alur kerja sehingga meningkatkan daya tangap dan kreativitas. KEmampuan ini memungkinkan untuk menghasilkan konten dan mempercepat tugas dengan lancar
  • Daya tahan baterai yang awet sehingga bisa bermain game dan melakukan kegiatan produktif saat bepergian
  • Gaming kelas konsol saat bepergian berkat built-in AMD Radeon 800 M graphics yang merupakan prosesor grafis untuk gaming. Prosesor grafis ini memastikan pengalaman gaming dengan frame rate tinggi dan latensi sangat rendah

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series tersedia di berbagai lini laptop gaming, content creation dan produktivitas di Indonesia. Jajaran laptop tersebut mencakup ASUS TUF A14 & A16, ASUS ROG ZephyrusG16 , Asus Vivobook S 14, Asus Vivobook Pro Art, MSI Stealth A16, MSI Summit A16, Acer Swift 14 AI dan Lenovo Yoga PRO 7.

Share:

Artikel Terkini