Usung Tema Sosial, Ruangkosong Rilis Video Musik Swasembada Suara Usung Tema Sosial, Ruangkosong Rilis Video Musik Swasembada Suara ~ Teknogav.com

Usung Tema Sosial, Ruangkosong Rilis Video Musik Swasembada Suara


Teknogav.com - Ruangkosong telah berhasil merilis album dan menggelar serangkaian tour tahun lalu. Kini, Ruangkosong merilis video musik lagu yang berjudul Swasembada Suara, lagu ini ada dalam album Black wisdom. Lagu ini mengusung tema sosial dan berisikan kritik terhadap isu yang terjadi di masyarakat saat ini. Peluncuran showcase intimate live premiere Swasembada Suara dirilis Ruangkosong pada Minggu, 15 September 2024.

Penggarapan klip video ini dilakukan Ruangkosong secara grassroot. Dicky Rachmad Dhermawan yang merupakan gitaris merangkap vokalis menulis gagasan dan konsep video tersebut. Klip video tersebut juga disutradarai oleh dirinya, dibantu oleh Wishal Fadil 'Icanx' dan Reinardo Abdullah. Mereka berperan sebagai co-director dan cameraman.

Para personel Ruangkosong adalah sebagai berikut: 

  • Dicky Rachmad Dhermawan(voc/guitar)
  • Enggartiasto Sudibyo(Bass)
  • Fariz Alfarieza (drum) 
  • Wildan Kusuma (lead guitar)

Baca juga: Weekend Wheeler Rilis Album 'Aku Sudah Pulang' dalam Format Digital

“Ada beberapa konsep yang sudah terurai di dalamnya yaitu visualisi setema dan abstrakter hadap kritik dan isu Masyarakat terutama di kota Surabaya. Dengan menggabungkan dua elemen tersebut dikemas menjadi suatu diorama sederhana, tetapi tepat sasaran,” ucap Dicky.

Penjelasan yang terlalu jelas dihindari dalam klip video musik tersebut. Menurut Dicky, video ini mengungkapkan isi dari lirik Swasembada Suara yang cukup jelas tanpa terlalu ketara.

"Kita bukan aktor tentunya, karena video ini juga diperankan oleh personal sendiri dan kawan-kawan yang membantu. Jadi anak-anak senang tentunya karena bisa membawakan secara abstrak, tetapi terstruktur,” lanjut Dicky.

Baca juga: Jajaran Band Punk Rock Alternatif Meriahkan Jakarta pada 11 Mei

Keleluasaan dalam menggarap klip video musik ini pun disampaikan oleh Faris, drummer Ruangkosong. Dia mengungkapkan rasa syukur dapat mempersembahkan klip video garapan sendiri, jadi lebih bebas mengeksplorasi.

“Tentunya kami sangat bersyukur bisa mempersembahkan video klip secara grassroots tanpa menggunakan jasa sineas lokal. Jadi bisa mengeksplorasi secara bebas, karena di video sebelumnya pada lagu Blame along juga dikerjakan sendiri. Bedanya di Swasembada Suara ini ada jalan cerita dan berkonsep,” ucap Faris.

Peluncuran showcase intimate live premiere Swasembada Suara mengusung konsep unplugged semi-orchestra yang bertajuk 'Ruang Kostra', yang menjadikannya berbeda. Suasana terasa lebih khidmat dan spesial karena sambil mengenang Fahrizal Alif Setyadi alias Jonjin (alm). Beliau adalah sahabat dan pemeran utama yang telah berpulang.

Baca juga: Pay Burman dan Harmoni Kabel Musician Buddy

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman yang sudah terlibat membantu di video klip ini terutama kepada ‘jonjin’, sangat berat dan speechless ketika mendengar beliau tiada semoga tenang di sana. Dan pada showcase ini juga terbilang sukses karena banyak rekan musisi dan audience yang hadir. Sungguh momen luar biasa,” ucap Wildan Kusuma, lead guitar.

Klip video musik Swasembada Suara dapat ditonton di kanal YouTube resmi Ruangkosong. Peluncuran klip video tersebut didukung juga oleh Musician Buddy Cables, Rockinverse dan Dirty Dogs Records.

Share:

Artikel Terkini