Samsung TV AI Neo QLED 8K Usung Tiga Pilar AI Samsung TV AI Neo QLED 8K Usung Tiga Pilar AI ~ Teknogav.com

Samsung TV AI Neo QLED 8K Usung Tiga Pilar AI

Teknogav.com - Samsung Electronics mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada Samsung Neo QLED 8K TV yang ditenagai prosesor NQ9 AI Gen3. Prosesor tersebut didukung teknologi berbasis AI yang bisa menganalisa dan meningkatkan detail gambar secara real-time yang menandai era AI screen. Samsung Neo QLED 8 TV tersedia  dalam ukuran 65, 76 dan 85 inci sehingga fleksibel untuk disesuaikan dengan berbagai ruangan. Opsi tersebut memungkinkan untuk menyesuaikan kebutuhan menonton pengguna dan memastikan pengguna mendapatkan pengalaman visual yang optimal di setiap ukuran.

"Prosesor NQ8 AI Gen3 pada Samsung TV Neo QLED 8K menyajikan pengalaman menonton baru. Teknologi 8K AI Upscalling Pro pada TV ini dapat meningkatkan kualitas konten sampai setara 8K. Selain itu, ada fitur Adaptive Sound untuk meningkatkan kualitas suara dan fitur AI Customization untuk menyesuaikan konten dengan preferensi pengguna," ucap Ubay Bayanudin, Head of Product, AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

Ubay Bayanudin, Head of Product, AV Business, Samsung Electronics Indonesia

Baca juga: TV Samsung Neo QLED 8K, Hadirkan Pengalaman Menonton Premium

Samsung Neo QLED 8K memiliki tiga pilar AI yang terdiri dari AI Picutre, AI Sound, dan AI Optimization. Berikut ini adalah fitur dari masing-masing pilar tersebut:

  • AI Picture
    • 8K AI Upscaling Pro
    • AI Motion Enhancer Pro
    • Real Depth Enhancer Pro
  • AI Sound
    • Adaptive Voice Amplifier Pro
    • Object Tracking Sound Pro
    • Adaptive Sound Pro
  • AI Optimization
    • AI Auto Game Mode
    • AI Customization Mode
    • AI Energy Mode

TV dengan teknologi AI menyajikan gambar dan suara yang optimal, serta sensasi emosional bagaikan berada langsung di dalam adegan. Pengalaman yang mendalam dalam menonton film dapat tersaji berkat desain tipis dan layar datar TV ini. Pinggiran layar juga sangat tipis, sehingga menghadirkan layar yang hampir tanpa batas.

Samsung menawarkan tiga standar baru pengalaman menonton TV dengan AI di Neo QLED 8K untuk menikmati hiburan berkualitas. Berikut ini adalah ketiga standar baru tersebut.

Baca juga: The Sero, TV Layar Rotasi Pertama dari Samsung

Personalisasi dengan Fitur AI Customization

Sebannyak 59% orang Indonesia memilih menonton film di berbagai layanan streaming ketiga menggunakan TV. Kontras warna dan kualitas tampilan konten dapat diatur sesuai preferensi individu dengan fitur AI Customization yang meningkatkan kenyamanan menonton. Teknologi ini menganalisis jenis konten yang sedang ditonton dan menyesuaikan pengaturan visual. Ada 10 akun pengaturan yang bisa disimpan sehingga setiap anggota keluarga dapat menikmati tayangan sesuai selera masing-masing.

Langkah-langkah nmengaktifkan fitur AI Customization adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Settings.
  2. Aktifkan Intelligent Mode, kemudian pilih Picture Mode. 
  3. Pilih AI Customization. Lalu pilih gambar berdasarkan Brightness, Contrast, Color, dan Color Tone yang disukai ketika menonton Sports Event, Movie, atau General.K
  4. lik Done setelah Anda memilih preferensi tontonan.

fitur AI Customization. untuk memilih preferensi ketika menonton film

Fitur AI Auto Game Mode dapat mendeteksi jenis game dan memberi pengaturan yang optimal untuk setiap jenis game. Selain itu, tersedia juga fitur AI Energy Mode yang memudahkan penghematan daya.

AI Upscaling Pro untuk Meningkatkan Kualitas Gambar

fitur 8K AI Upscaling Pro untuk mengubah gambar menjadi setara kualitas 8K

Konten lama dengan resolusi rendah dapat ditingkatkan sampai setara kualitas 8K dengan fitur 8K AI Upscaling Pro. Fitur ini memungkinkan untuk menonton video rekaman momen spesial seperti perayaan ulang tahun dengan lebih detail dan jelas. Rekaman video dengan resolusi standar dapat diperbaiki tampilan ganmbarnya sehingga momen yang direkam terlihat lebih hidup dan tajam. Kemampuan ini didukung 512 neural networks yang delapan kali lebih banyak dari sebelumnya. Sementara itu, fitur AI Motion Enhancer Pro dapat mempertajam dan memutuskan gerakan objek.

AI Adaptive Sound untuk Suara Sesuai Adegan

Pengaturan volume pada TV non-AI hanya bisa dilakukan secara merata untuk suara objek dan latar belakang. Samsung TV AI memiliki fitur AI Adaptive Sound dengan kemampuan audio mastering canggih. Fitur AI Adaptive ini dapat memisahkan dan membedakan antara suara latar belakang dan suara objek secara terpisah. Teknologi ini memungkinkan TV menyesuaikan audio lebih akurat, menyajikan pengalaman mendengarkan yang lebih jelas dan imersif sesuai setiap adegan. Kemampuan ini memungkinkan setiap elemen suara dalam film atau acara televisi terdengar lebih hidup dan sesuai konteks.

Fitur Active Voice Amplifier Pro pada TV ini dapat membersihkan dialog bahkan di lingkungan yang mengganggu. Kerennya lagi, Neo QLED 8K ini dapat menyajikan suara yang mengikuti gerakan objek dengan Fitur Object Tracking Sound (OTS) Pro. 

Baca juga: Serangkaian Produk Samsung 2022 Andalkan Center Hub untuk Dukung Passion

Varian dan Harga

Samsung TV Neo OLED 8K tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yaitu sebagai berikut:

  • Neo QLED 8K QN900D ukuran 85 inci dibanderol Rp132.599.000
  • Neo QLED 8K QN800D ukuran 75 inci dibanderol mulai Rp73.399.000
Neo QLED 8K QN800D ukuran 65 inci dibanderol mulai Rp54.999.000

Share:

Artikel Terkini