Huawei dan XL Axiata Luncurkan Jaringan Inti Terkonvergensi Pendukung Industri Huawei dan XL Axiata Luncurkan Jaringan Inti Terkonvergensi Pendukung Industri ~ Teknogav.com

Huawei dan XL Axiata Luncurkan Jaringan Inti Terkonvergensi Pendukung Industri

Teknogav.com  - Huawei dan XL Axiata baru-baru ini meluncurkan jaringan inti yang  terkonvergensi sepenuhnya untuk memberikan pengalaman lebih berkualitas. Jaringan yang mendukung layanan 2G, 4G dan 5G NSA & SA ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju 5G. Awalnya, jaringan ini akan melayani wilayah utama di seputar Jakarta dengan bandwidth lebih tinggi dan latensi sangat rendah.

Infrastruktur baru tersebut akan mendorong transformasi digital berbagai industri, termasuk manufaktur, pemerintahan, pertambangan dan pelabuhan dengan efisiensi tinggi. Jaringan inti terkonvergensi sepenuhnya ini menyajikan layanan XL Axiata yang lancar di seluruh 2G, 4G, dan 5G NSA & SA. Hal ini akan melindungi investasi jaringan sebelumnya, sekaligus memungkinkan evolusi yang lancar dan terukur. Arsitektur yang inovatif memastikan kinerja terbaik untuk menangani permintaan trafik yang diperkirakan meningkat di area Jakarta.

Baca juga: XL Axiata dan Huawei Luncurkan Peta Digital Jaringan untuk Komersial

Kemampuan toleransi bencana multi-level jaringan akan menjamin keandalan jaringan dengan nol ganggunan layanan. Beberapa kemampuan toleransi bencana ini mencakup kendali aliran tingkat sistem dan mekanisme pencegahan badai pensinyalan. Jaringan inti ini dibangun pada arsitektur cloud-native 2.0 dan platform layanan mikro berbasis kontainer. Arsitektur dan platform tersebut memungkinkan inovasi layanan yang cepat dan mengurangi waktu peluncuran layanan baru secara signifikan.

Jaringan inti yang ditingkatkan mendukung tujuan XL Axiata di segmen konsumen (toC) dan bisnis (toB). Tingginya kemampuan bandwidth menjadikan jaringan ini ideal untuk layanan seperti VR, AR, dan cloud gaming. Koneksi yang efisien pun disajikan oleh solusi canggih seperti Public Network Integrated Non-Public Network (PNI-NPN) dan VPN seluler. Efisiennya koneksi ini cocok untuk industri manufaktur yang mendukung pengembangan layanan baru perusahaan dengan cepat.

Baca juga: Huawei Bersama XL Axiata Tetapkan Jalur Visioner pada KTT Strategy Aligment

"Kami merasa bangga dengan langkah yang solid menuju 5G ini. Hal ini terjadi berkat kemitraan kami dengan Huawei. Jaringan ini tidak hanya mendukung 5G tetapi juga terus meningkatkan pengalaman bagi pengguna 4G kami. Lewat kerjasama dengan Huawei, kami berkomitmen untuk mendorong inovasi dan berkontribusi pada transformasi digital Indonesia," ucap I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata. 

Keberhasilan kolaborasi Huawei dengan XL Axiata disambut baik oleh Kevin Zhou, Direktur Carrier Network Business Group (CNBG), Huawei Indonesia.

 "Huawei merasa terhormat dapat melanjutkan kolaborasi yang sukses dengan XL Axiata. Sebagai pemimpin TIK global, kami yakin bahwa jaringan inti kami yang terkonvergensi sepenuhnya akan memberikan pengalaman kelas dunia bagi pelanggan XL Axiata," ucap Kevin Zhou.

Baca juga: Situs Komersial AirPON XL Axiata Dukung Layanan Broadband Nasional

XL Axiata dan Huawei berencana memperdalam kerja sama di masa depan, bekerja sama dengan para mitra. Kolaborasi tersebut dilakukan untuk memperluas skenario layanan 5G, mempercepat pertumbuhan industri, dan mempersiapkan pengembangan layanan digital yang lebih baik.

Share:

Artikel Terkini