Pameran Internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 Resmi Dibuka Pameran Internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 Resmi Dibuka ~ Teknogav.com

Pameran Internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 Resmi Dibuka

Teknogav.com - Pameran internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 resmi dibuka pada Rabu, 9 Oktober 2024. Pembukaan pameran ini ditandai dengan seremoni pengguntingan pita yang digelar di Gedung Pusat Niaga, Arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran akan dibuka sampai Sabtu, 12 Oktober 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Hall A, B, C, D dan F. ALLPack Indonesia digelar di Hall A, B1, B2, D dan F, sedangkan ALLPrint Indonesia menggunakan Hall B3, C dan F.

Pada seremoni pembukaan pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 digelar juga klip lagu Kebyar-kebyar yang dibawakan para pemangku kepentingan. Klip lagu tersebut merupakan yang kedua, setelah sebelumnya ada klip lagi Laskar Pelangi yang mengusung semangat pantang menyerah.

Baca juga: ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 Siap Dukung Berbagai Industri

Ir. Putu Juli Ardika M.A., Direktur Jenderal Industri Agto Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Peresmian pembukaan pameran dilakukan oleh Ir. Putu Juli Ardika M.A., Direktur Jenderal Industri Agto Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

"Semua jenis kertas sudah bisa diproduksi di Indonesia, termasuk kertas uang dan surat berharga. Industri percetakan penting bagi perekonomian karena sangat berperan di wilayah-wilayah. Peran industri percetakan juga besar dalam pendidikan dan peningkatan intelektual masyarakat Indonesia. Perkembangan industri percetakan berperan dalam kemajuan bangsa," ucap Ir. Putu Juli Ardika M.A.

Penyelenggaraan ALLPack Indonesia 2024 bersamaan dengan beberapa pameran berikut ini:

  • ALLPlas Indonesia Expo
  • ALLFood Technology Indonesia Expo
  • ALLProcess Indonesia Expo
  • ALLIndustrial Expo
  • IPEX-Indonesia Pharmaceutical Expo
  • ALLBeverage Technology Indonesia Expo

Pameran ALLPrint Indonesia 2024 juga digelar bersamaan dengan pameran-pameran berikut ini:

  • World of Paper Tissue
  • Textile Printing
  • Print For Pack
  • Indo Sign & AD
  • Inter Corrugated
  • Pro Label Asia

Lebih dari 1.500 yang berasal dari 30 negara turut berpatisipasi dalam pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024. Sementara, target pengunjung yang hadir lebih dari 80.000 dalam empat hari penyelenggaraan pameran.

“Pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 diselenggarakan sebagai bagian dari upaya strategis untuk mendukung dan memajukan industri pengemasan serta percetakan di Indonesia. Pameran tahun ini mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah peserta dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan ini ditandai dengan penambahan Hall F, sehingga total luas ruang pameran mencapai 45.000 meter persegi. Tujuan penggunaan area pameran yang luas ini untuk memberikan ruang lebih luas demi menampung berbagai inovasi serta menciptakan lebih banyak peluang bisnis di ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia," ucap Daud D Salim, Chief Executive Officer Krista Exhibitions dalam kata sambutannya.

Daud D Salim, Chief Executive Officer Krista Exhibitions

Menurut Daud, pameran ini berperan sebagai ajang untuk menampilkan berbagai inovasi produk sambil berperan sebagai platform kolaborasi. Pameran tersebut juga merupakan platform kolaborasi yang mendukung pertukaran gagasan dan business matching yang efektif selama empat hari penyelenggaraan pameran.

Baca juga: Indo Security, Indo Firex dan IISMEX 2024 Expo & Forum Siap Digelar

"Semua industri membutuhkan packaging. Kini juga ada tuntutan untuk melakukan transisi ke packaging yang berkelanjutan. Pasar packaging tahun 2024 ini mencapai Rp130 triliun, tumbuh 3-4% per tahun. Adanya perkembangan teknologi yang  cepat sangat mendukung industri pengemasan untuk berkembang dengan teknologi up-to-date agar dapat memenuhi tuntutan dan bersaing," ucap Ariana Susanti, Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Packaging Federation (IPF).

Ariana Susanti, Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Packaging Federation (IPF)

Selain pameran, ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 juga menghadirkan kegiatan dan program menarik. Beberapa kegiatan menarik tersebut mencakup beberapa seminar berikut ini:

  • Seminar dengan tema “Complete Control: How End to End Traceability Creates Benefits” yang dibawakan Rieckermann
  • Seminar dengan tema “Static! How Does It Affect Your Production and Ways to Reduce Including Contamination Removal” yang dibawakan Rieckermann
  • Seminar dengan tema “A Revolution for R&D and Production In the Pharma and Food Industry" yang dibawakan Rieckermann
  • Seminar dari RAKERNAS PPGI
  • Seminar dengan tema “OEE= The Modern Manufacturing (Solids)” yang dibawakan Rieckermann
  • Seminar dari Print Pack Indonesia yang mengusung tema "Total Quality Control 5 Steps to Zero Defect free Print guard Packaging

Selain seminar, juga akan digelar dua talkshow dan presentasi, yaitu sebagai berikut:

  • Talkshow dari Indonesian Packaging Federation yang mengusung tema “Sustainable Packaging Innovations
  • Talkshow – Indonesia is Ready dengan tema “Understanding Powder Processing for Various Sustainable Packaging Industries and Insights into Realistic Business Models” dari Japan Powder Technology Forum
  • Presentasi dari Singhania Tableting dengan tema “Introducing Imperial Pharmachines Tablet Press Toolings Products Die Punches, Inspection, Maintenance & Innovations
  • Presentasi dari Syspex yang mengusung tema "Smart Delivery Robot"

Baca juga: Ribuan Pengusaha Berbagai Negara Kunjungi IBTE, IGHE dan IEAE 2024

Kegiatan business matching yang dirancang untuk menghubungkan pembeli dengan peserta pameran bidang industri pengemasan dan percetakan juga dihadirkan di pameran. Para pembeli dapat menemukan mitra yang tepat sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis melalui proses yang terstruktur dan sistematis. Kegiatan ini memfasilitasi koneksi, sekaligus membuka peluang untuk membangun kemitraan bisnis yang sukses dan berkelanjutan.

Dr. Joseph Ross S. Jockson MNSA, Presiden Asian Packaging Federation (APF)

"Pameran ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 merupakan platform untuk menghubungkan industri dan berkolaborasi. Ajang ini fokus pada teknologi modern dan berkelanjutan. Semoga ALLPack Indonesia berjalan sukses dan dapat mendukung industri pengemasan di Indonesia," ucap Dr. Joseph Ross S. Jockson MNSA yang menjabat sebagai presiden Asian Packaging Federation (APF).

Share:

Artikel Terkini