Penjahat Siber Eksploitasi Film “Joker: Folie À Deux” untuk Menipu Penjahat Siber Eksploitasi Film “Joker: Folie À Deux” untuk Menipu ~ Teknogav.com

Penjahat Siber Eksploitasi Film “Joker: Folie À Deux” untuk Menipu

Teknogav.com - Jelang pemutaran perdana film "Joker: Folie à Deux", Kaspersky menemukan aksi penipuan phishing yang dilancarkan penjahat siber. Penjahat siber menipu mereka yang ingin menonton film tersebut secara online agar memberikan data sensitif dan uang. Salah satu phishing adalah situs web yang berisi penawaran berlangganan untuk bisa menonton film tersebut secara gratis. Korban akan diminta memasukkan informasi kartu kredit untuk mendaftar, tetapi film yang dijanjikan tidak bisa diakses. Informasi tersebut akan digunakan penjahat siber untuk melakukan transaksi atau menjualnya di dark web.

Baca juga: Waspada Penipuan Berkedok Barbie dan Oppenheimer

Penipuan yang menawarkan langganan film gratis yang bertujuan untuk mencuri detail kartu kredit

Contoh penipuan lain adalah dengan mengeksploitasi merek film Joker dengan skema investasi palsu, hadiah gratis atau jebakan serupa. Penjahat siber membuat situs web phishing yang mengklaim menawarkan akses gratis ke film tersebut. Ketika video dicoba diputar, maka akan mengarah ke halaman lain berisi promo skema memperoleh uang dengan cepat dan mudah. Penawaran juga bisa untuk mendapatkan hadiah gratis atau keuntungan lain. Calon korban akan dimintai informasi pribadi, lalu penjahat siber akan menghubungi dan mengiming-imingi dengan peluang investasi palsu. Informasi kartu kredit juga bisa dimintai dengan dalih membayar biaya pengiriman hadiah.

Baca juga: Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada!

Halaman phishing yang dirancang untuk memikat pengguna ke dalam skema penipuan “menjadi kaya dengan cepat”

"Jelang pemutaran perdana, makin banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkan akses awal ke film tersebut. Akibatnya, risiko menjadi korban semacam itu pun meningkat. Kami sangat menyarankan pengguna untuk memverifikasi dengan cermat tempat mereka memasukkan informasi sensitif dan memasang perangkat lunak antivirus yang andal yang dapat memperingatkan terhadap situs web yang mencurigakan atau berbahaya," ucap Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga: Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web

Tips Menghindari Phishing

Pakar Kaspersky menyarankan hal-hal berikut ini untuk melindungi diri dari risiko terkait phishing, terutama terkait antusiasme pemutaran film perdana:

  • Waspada terhadap email, pesan atau situs web mencurigakan yang menawarkan penawaran eksklusif atau gratis. Selalu verifikasi sumber sebelum membagikan informasi pribadi atau keuangan.
  • Lindungi data pribadi dengan berhati-hati saat memberikan informasi sensitif secara online yang mencakup alamat, nomor telepon atau detail keuangan. Hanya gunakan platform yang aman.
  • Verifikasi keamanan situs web. Pastikan situs web memiliki koneksi yang aman dengan mamastikan "https://" di tautan dan simbol gembok di bilah alamat.
  • Gunakan solusi keamanan untuk mengidentifikasi situs berbahaya dan phishing. Andalkan solusi keamanan tepercaya seperti Kaspersky Premium.
  • Percayai sumber yang andal: Tetap gunakan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber yang memiliki reputasi baik untuk  segala konten untuk menghindari penipuan.

Demikianlah beberapa tips dari Kaspersky agar senantiasa dapat terhindar dari ancaman  

 yang dilancarkan penjahat siber. Sebaiknya nonton di bioskop kesayangan saja ya, ketimbang mencari akses untuk nonton online tetapi tertipu.

Share:

Artikel Terkini