Review Headphones Sennheiser HD 490 Pro Plus, Cocok untuk Studio Review Headphones Sennheiser HD 490 Pro Plus, Cocok untuk Studio ~ Teknogav.com

Review Headphones Sennheiser HD 490 Pro Plus, Cocok untuk Studio


Teknogav.com – Sennheiser merupakan jenama asal Jerman yang sudah dikenal kepiawaiannya dalam hal audio. Seiring dengan dilepasnya divisi konsumer pada Sonova, kini Sennheiser pun fokus pada produk-produk pro-audio. Salah satu perangkat pro-audio andalan yang diluncurkan awal tahun 2024 ini adalah Sennheiser HD 490 Pro Plus. Headphone tersebut sangat cocok untuk penggunaan di studio, baik untuk mixing maupun mastering. Tim Teknogav.com berkesempatan menjajal headphone pro-audio yang cocok untuk digunakan sound engineer, musisi dan produser ini.

Ketika kemasan dibuka, di dalam paket Sennheiser HD 490 Pro Plus ini berisi kotak penyimpanan berwarna hitam yang terlihat elegan. Di dalam kotak atau carrying case tersebut berisi satu unit headphone dan satu kabel 1,8 m yang sudah terpasang. Pada paket Sennheiser HD 490 Pro Plus ini juga terdapat kabel konektor tambahan sepanjang tiga meter dan sepasang bantalan tambahan. Selain itu, juga terdapat bantalan headband, buku panduan penggunaan, kartu garansi dan nomor seri untuk aktivasi perangkat lunak.

Kelengkapan paket Sennheiser HD 490 Pro Plus 
Baca juga: Fokus pada Pro Audio, Sennheiser Bidik Lima Segmen Ini

Desain Sennheiser HD 490 Pro Plus

Konstruksi rangka dari Sennheiser HD 490 Pro Plus ini terlihat kokoh. Bodi headphone terbuat dari plastik yang elegan dan konstruksi metal berwarna hitam. Headphone ini terlihat cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari. Panjang headband pada perangkat ini bisa disesuaikan dan terbuat dari bracket metal, demikian juga dengan penutup telinga.

Sennheiser HD 490 Pro Plus 

Bantalan telinga tersedia dalam dua opsi, yaitu versi pertama terbuat dari kain yang cocok untuk mixing. Versi kedua atau sepasang bantalan telinga tambahan terbuat dari bahan beludru yang cocok untuk mastering atau produksi. Pemasangan bantalan telinga ini ke penutup telinga menggunakan kait plastik untuk mengunci, bukan memakai magnet. Cukup susah untuk mengganti bantalan telinga ini dan memasangnya kembali, sehingga ada kekhawatiran pengait plastik ini bisa rusak. Sebaiknya bertahan dengan salah satu opsi bantalan telinga saja ketimbang susah menggantinya.

bantalan telinga beludru

Kedua pasang bantalan telinga nyaman dikenakan untuk mendengarkan musik berjam-jam. Namun, bantalan dengan bahan beludru lebih nyaman dipakai karena terasa lembut. Bantalan telinga ini cukup awet dan bisa dicuci menggunakan mesin, sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat.

Desain headphone ini sangat ringan, hanya 260 gram dan ergonomis. Headphone ini memiliki banyak ventilasi atau terbuka agar dapat mencegah penggunanya berkeringat. Pada bagian belakang penutup telinga yang terbuka terdapat driver 38 mm yang dinamis. Driver ini dipicu oleh magnet neodymium yang dilindungi kisi-kisi. Kerja driver ini bergerak bebas ke kedua arah, sehingga suara juga mencapai bagian luar.

bagian belakang penutup telinga

Kedua penutup telinga, baik kiri maupun kanan terdapat port untuk memasang jack mini XLR. Ketersediaan dua port ini memberikan pilihan agar kabel tidak mengganggu sesuai sisi pengaturan studio untuk memakai headphone ini. Pada headphone sudah terpasang kabel koneksi yang terhubung melalui jack mini XLR. Sementara di ujung satunya menggunakan jack 3,5 mm yang bisa dihubungkan dengan konverter jack 6,3 mm, keduanya berlapis emas. 

Baca juga: Headphone Studio Sennheiser HD 490 PRO Dukung Produksi dan Mixing

Headphone bisa dipasang langsung ke laptop menggunakan jack 3,5 mm. Begitu juga jika ingin memasang headphone ke antarmuka, maka bisa memanfaatkan konverter jack 3,5 mm ke 6,5 mm. Headphone ini tidak bisa dipakai secara nirkabel dan pada kabel tidak ada mikrofon. Kendati demikian, impedansi headphone ini hanya 130 ohm, sehingga kemungkinan volume suara yang masuk laptop kurang kuat. Sebaiknya menggunakan amplifier eksternal untuk menggunakan headphone ini.

port jack mini XLR

Uji Coba Sennheiser HD 490 Pro Plus

Ketika headphone dikenakan, terasa sangat nyaman di kepala dan telinga. Bantalan telinga yang tersedia dapat terpasang nyaman pada telinga dengan tekanan yang memadai tanpa menimbulkan rasa terganggu. Tak perlu takut kotor, karena bantalan telinga bisa dilepas dan dicuci agar tetap bersih dan awet.

Penutup telinga mudah diputar untuk disesuaikan dengan bentuk kepala. Pada bagian dalam penutup telinga juga terdapat label R dan L yang menandai sisi telinga kanan atau kiri. Bantalan telinga yang nyaman membuat lebih betah menjalani sesi mendengarkan. Kendati demikian bantalan telinga versi beludru terasa lebih nyaman dikenakan. Sennheiser menyediakan bantalan telinga beludru ini untuk kerja produksi. Sedangkan, bantalan kain yang lebih netral ditujukan untuk mendengarkan mixing.

Sennheiser HD 490 Pro Plus 

Kabel koneksi dirancang berbentuk spiral dengan beberapa lilitan ke atas yang dapat mengurangi transmisi kebisingan dan noise pada kabel. Driver dipasang dengan sudut agak miring untuk  menstimulasi posisi monitor yang sesuai. 

Perangkat Lunak dearVR MIX-SE

Paket Sennheiser HD 490 Pro Plus sudah termasuk lisensi dearVR MIX-SE plug-in dari Dear Reality. Perangkat lunak ini mensimulasikan akustik dari studio mixing yang ideal. Kemampuan ini membantu memastikan translasi yang konsisten dan seimbang dari mixing di sistem yang berbeda. dearVR MIX-SE kompatibel dengan berbagai DAW dan membuat ruang mixing virtual sesuai selera.  

Perangkat lunak ini memungkinkan untuk memperoleh suara tertentu dari studio monitor melalui headphone. Demi mencapai hasil yang kredibel, perangkat lunak ini menggabungkan ruang simulasi dengan informasi tanggapan frekuensi headphone. Simulasi yang dicapai dengan perangkat lunak ini cukup bisa diterima. Namun, sinyal tertentu terasa diperhalus dan digeser ke depan.

Kualitas Suara Sennheiser HD 490 Pro Plus

Sennheiser HD 490 Pro Plus dirancang untuk kegiatan produksi, mixing dan mastering. Saat ini, produksi audio lebih kompleks karena sistem produksi modern memungkinkan otomatisasi parameter dari waktu ke waktu. Proses ini menghasilkan gerakan dalam suara yang dapat diikuti pendengar. Selain itu, ada banyak kemungkinan untuk membuat lapisan-lapisan dan menggabungkan suara. Hasil mixing sebagian dibuat di komputer dan sebgian dengan interaksi hybrid antara komputer dan periferal analog. Hal ini menciptakan karakter dan kompeksitas yang dibutuhkan kreator audio untuk dapat mendengar dan menilai.

Headphone ini dapat menangani volume tinggi dengan bersih tanpa ada masalah. Suara yang dihasilkan didefinisikan dengan baik, dan dianimasikan secara menyeluruh yang juga menampilkan sejumlah efek spasial. Kemampuan bas yang dalam juga dapat dirasakan menggunakan headphone ini. Kesan suara terdengar kuat, lapang, tepat dan seimbang. Sura drum dengan intonasi dan dinamika yang berbeda dapat direproduksi dengan andal sesuai definisi yang dibutuhkan. Tidak terdengar penekanan yang berlebihan dan penyetelan juga tidak terlalu ramping. Sennheiser HD 490 Pro benar-benar memberikan penilaian frekuensi, dinamika, dan panorama stereo yang andal.

Sennheiser HD 490 tidak bisa menyekat suara kebisingan lingkungan secara pasif karena memang menggunakan desain headphone dengan bagian belakang terbuka. Desain terbuka pada penutup telinga menghasilkan suara yang lebih alami tetapi mengorbankan penggunaan di lingkungan yang bising untuk memonitor sambil merekam instrumen akustik. Hampir segala suara di sekitar dapat terdengar saat mengenakan headphone ini. Selain itu, orang yang berada di dekat pengguna headphone juga bisa mendengar apa yang sedang didengarkan di headphone.

Sennheiser HD 490 Pro Plus 

Bantalan telinga berbahan beludru bisa lebih mempertahankan frekuensi rendah dibandingkan bantalan telinga berbahan kain, sehingga suara yang terdengar terasa berbeda. Hal ini membuat bantalan berbahan kain lebih cocok untuk mixing karena lebih mengikuti tanggapan suara belakang-terbuka yang lebih tradisional. Bantalan telinga berbahan kain membuat frekuesnsi suara sedang dan lebih tinggi terdengar lebih menonjol. Hal ini memudahkan untuk mengenali masalah pada vokal dan instrumen saat mixing. Kemampuan ini memudahkan untuk membedakan masalah di frekuensi sedang dan lebih tinggi. Sedangkan, bantalan telinga berbahan beludru lebih cocok untuk produksi karena lebih mewakili headphone yang biasa digunakan orang untuk mendengarkan musik.

Saat mengenakan bantalan telinga berbahan beludru, timbre dan kedalaman suara lebih terasa dibandingkan saat menggunakan bantalan telinga berbahan kain. Sementara itu, distorsi suara terdengar lebih jelas saat menggunakan bantalan telinga berbahan kain ketimbang bantalan telinga berbahan beludru.

Baca juga: Review Headphones Adidas RPT-02 SOL, Minimalis Ramah Lingkungan

Kesimpulan

Headphone Sennheiser HD 490 Pro dirancang bagi profesional audio di sektor studio dan produksi. Desain over-ear terbuka headphone ini lebih transparan dalam mereproduksi suara, berbeda dengan model HD tertutup dan monitor in-ear. Hal ini memungkinkan HD 490 Pro menyajikan kendali suara yang lebih baik dan mudah.

Perangkat ini cocok untuk produser dan profesional studio, serta untuk penggunaan di ruang penyuntingan. Selain itu, headphone ini juga cocok untuk produksi musik rumahan, apalagi sudah didukung perangkat lunak untuk simulasi ruang kontrol. 

Harga 

Sennheiser HD 490 PRO Plus dibanderol dengan harga Rp10.720.000. Harga ini terpaut Rp2 jutaan lebih mahal dibandingkan HD 490 PRO. Namun, Sennheiser HD 490 PRO Plus merupakan pilihan tepat bagi para profesional audio yang tidak ingin repot membeli aksesori terpisah. Klik marketplace favorit berikut ini untuk melakukan pembelian.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Sennheiser HD 490 PRO Plusdi Blibli

Klik untuk membeli Sennheiser HD 490 PRO Plus di Tokopedia
Klik untuk membeli Sennheiser HD 490 PRO Plusdi Shopee

Kelebihan:

  • Suara netral
  • Tanggapan frekuensi yang konsisten
  • Opsi sepasang pad tambahan
  • Bobot ringan
  • Nyaman dikenakan
  • Gratis perangkat lunak dearVR MIX-SE plugin

Kekurangan:

  • Susah mengganti pad
  • kurangnya isolasi noise
  • tidak bisa digunakan secara nirkabel

Spesifikasi Teknis HD 490 PRO Plus

  • Acoustic principle: open
  • Ear coupling: circumaural
  • Transducer principle: dinamis
  • Diameter transduser: 38 mm
  • Tanggapan frekuensi: 5 – 36,000 Hz, 100 Hz (-10 dB)
  • Sensitivitas: 105 dB SPL (1 kHz/1 Vrms); 96 dB SPL (1 kHz/1 mW)
  • Level maksimal tekanan suara: 128 dB SPL (1 kHz, 5% THD)
  • THD: <0.2% (1 kHz, 100 dB SPL)
  • Impedansi: 130  Ω (1 kHz)
  • Power rating: 300 mW (100 h, noise IEC 60268)
  • Jangkauan suhu: operasi: 0° C hingga +50° C; penyimpanan: -25° C hingga +70° C
  • Kelembapan relatif: operasi: 10 – 80% (non-condensing); penyimpanan: 10 hingga 90%
  • Berat (tanpa kabel): 260 gram


Share:

Artikel Terkini