UiPath dan Indosat Berkolaborasi Kembangkan Kecakapan Automasi para Talenta Digital UiPath dan Indosat Berkolaborasi Kembangkan Kecakapan Automasi para Talenta Digital ~ Teknogav.com

UiPath dan Indosat Berkolaborasi Kembangkan Kecakapan Automasi para Talenta Digital

Teknogav.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) terus berupaya mendukung transformasi digital Indonesia. Kali ini, Indosat menjalin kemitraan dengan penyedia solusi automasi dan AI B2B asal Rumania, yaitu UiPath. Kolaborasi tersebut demi meningkatkan kecakapan automasi (Enterprise Automation) para talenta digital dalam mendukung Indonesia menjadi pusat talenta dan automasi global. Targetnya sejumlah 100 ribu talenta digital Indonesia dapat diberdayakan dengan kecakapan automasi di tahun 2027.

Automasi dapat meningkatkan produktivitas suatu bisnis dan membuat kerja lebih efisien. Pentingnya automasi dipaparkan oleh Jess O'Reilly, Area Vice President, Asia, UiPath, yang memberikan contoh penggunaan automasi pada layanan medis.

Jess O'Reilly, Area Vice President, Asia, UiPath

"Dokter melakukan 40% waktunya di back office untuk melakukan pekerjaan administratif, padahal seharusnya dokter memanfaatkan waktunya bersama pasien. Automasi dengan UiPath dapat melakukan pekerjaan administrasi, seperti membuat jadwal dengan spesialis berbeda, sehingga hanya perlu dua menit untuk me-review. Inilah produktivitas, pemberdayaan untuk melakukan hal besar. Ini merupakan contoh kecil the power of AI," ucap Jess O'Reilly.

Baca juga:  IDCamp x Kadin Tech Challenge Dukung UMKM, Pertanian dan Perikanan

UiPath akan melengkapi kurikulum IDCamp Indosat dengan mengintegrasikan pelatihan automasi sehingga membuka peluang untuk mendapatkan sertifikasi sebagai UiPath Certified Professional. IDCamp merupakan program pelatihan pemrograman yang digelar Indosat secara online. Sejak diluncurkan pertama kali, IDCamp yang menggabungkan use case konkret ini sudah diikuti lebih dari 273 ribu orang.  

Pelatihan yang disediakan UiPath dalam IDCamp ini mencakup teknologi automasi pintar atau intelligent automation. Materi pembelajaran yang menyeluruh dapat diakses peserta IDCamp secara gratis.  Para lulusan IDCamp didukung untuk mendapatkan sertifikasi dan mencari berbagai peluang kerja di seluruh dunia. Peserta juga berkesempatan untuk terhubung dan tergabung dalam jaringan komunitas profesional dan pengguna teknologi automasi dari seluruh dunia.

Baca juga: UiPath Tawarkan Automasi untuk Optimalkan Bisnis

"Indonesia Bersiap untuk menjadi kekuatan ekonomi global, sehingga penguatan kesiapan tenaga kerja dan membangun kemampuan digital merupakan aspek penting. UiPath bangga dapat bermitra dengan Indosat untuk mempercepat terciptanya inovasi dan mendemokratisasi kecakapan automasi. Bersama-sama, kami mengadopsi teknologi automasi yang berkelanjutan untuk mendukung kesiapan tenaga kerja Indonesia memasuki era ekonomi digital," ucap Daniel Dines, Chief Executive Officer UiPath.

Daniel Dines, Chief Executive Officer UiPath

Indosat telah meyakinkan Daniel Danes, pendiri dan CEO UiPath untuk melihat potensi Indonesia. Menurut Daniel Danes, Indonesia  memungkinkan investor untuk mengembangkan infrastuktur dan pembangunan. UiPath memiliki ribuan developer yang juga dibutuhkan untuk membangun komunitas. India sangat membantu seluruh generasi untuk membuat infrastruktur. Hal tersebut berusaha direplikasi oleh UiPath di Indonesia.

"Satu orang bisa membangun 10 orang, lalu mereka membangun lagi 10 orang. Misi kami keliling dunia untuk memberikan alat dan informasi untuk membuat gerakan yang membangun negara mereka," ucap Daniel Danes. 

Baca juga: Automasi Utang-Piutang, Kofax Integrasikan ReadSoft Online dan Microsoft Dynamics 365

UiPath memperluas kolaborasi dengan Indosat untuk menyediakan dua modul berbasis web, yaitu UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer. Spesialisasi kedua modul tersebut mencakup pengembangan automasi (automation development) dan pengembangan masyarakat (citizen development). Penyediaan dua modul tersebut merupakan kelanjutan dari sinergi yang sudah terjalin untuk mendorong pendidikan digital dan pemberdayaan teknologi. Dukungan ini ditujukan bagi para peserta IDCamp, khususnya untuk kemampuan automasi. Pelatihan mengenai UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer akan diinformasikan dalam dua webinar. UiPath akan menggelar webinar tersebut bersama Indosat pada 17 Oktober dan 7 November 2024..

"Tujuan utama Indosat adalah memberdayakan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terkini. Indosat memiliki kesamaan visi dengan UiPath dan memahami potensi teknologi UiPath dalam mendorong percepatan pertumbuhan dan transformasi lintas industri di Indonesia. Hal tersebut menjadi pertimbangan utama dalam kemitraan dengan UiPath. Sasaran kolaborasi dengan UiPath adalah peningkatan daya saing Indonesia dalam memberikan peluang bagi masyarakat untuk terus berkembang di era digital. Kami meyakini, langkah strategis ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap masa depan Indonesia sebagai pusat talenta digital di kancah global," ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Daniel Dines, Chief Executive Officer UiPath

Awalnya, Indosat mencoba menerapkan automasi menggunakan platform yang disediakan UiPath secara internal, yaitu di bagian Human Resource (Sumber Daya Manusia). Kemudian penerapan juga telah dilakukan di bagian keuangan. Harapannya kecakapan automasi yang dimiliki talenta digital dapat terus mengembangkan penerapan automasi sesuai use case di setiap bidang.

"Ini masalah di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Demografi Indonesia setara dengan Eropa, sehingga kami memiliki misi untuk berinvestasi pada talenta di Indonesia. Kami membutuhkan mitra seperti UiPath dan Daniel sebagai sponsor," ucap Vikram.

Kemitraan UiPath dengan Indosat akan memperluas UiPath Academic Alliance di Indonesia yang sudah melibatkan lebih dari 20 institusi pendidikan vokasional. Lebih dari 8.000 pelajar sudah merasakan dampak dari kehadiran UiPath Academic Alliance. Indosat akan medukung institusi tersebut melalui proyek-proyek kolaboratif seperti lokakarya dan kegiatan-kegiatan lain yang menerapkan teknologi AI dan automasi. Upaya ini dilakukan demi menghadapi tantangan-tantangan yang nyata.

Indonesia memiliki visi untuk menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat di dunia. Dalam mewujudkan misi tersebut dibutuhkan tindakan nyata demi mengatasi kesenjangan kecakapan digital. Program UiPath Talent Connection akan menghubungkan pemberi dan pencari kerja, serta menciptakan jenjang karir yang jelas bagi lulusan baru. Selain itu, program tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin melakukan transisi karir.

Share:

Artikel Terkini